Inspirasi Kota Museum

Yuk Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan!





Pekalongan adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal dengan batiknya. Batik Pekalongan memang punya motif khas yang selalu diburu para pecinta kain tradisional ini. Nah, waktu lagi jalan-jalan ke kota tersebut, nggak ada salahnya lho mampir ke Museum Batik Pekalongan. Nggak hanya melihat koleksi batik yang ada, pengunjung juga bisa belajar membatik di sana.

Diresmikan Pada Tahun 2006

Yuk Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan!

Museum Batik Pekalongan didirikan sejak 20016. Foto: cintapekalongan.com

Museum Batik Pekalongan terletak di Jalan Jetayu No 1, Pekalongan, Jawa Tengah. Ada ribuan koleksi batik yang udah berusia ratusan tahun, sampai alat tenun tradisional yang belum menggunakan mesin. Bangunan ini diresmikan pada 12 Juli 2016 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tujuannya adalah menjadikan tempat ini sebagai pusat data dan informasi tentang batik, meliputi juga pusat riset, pengembangan desain batik, perpustakaan, dan hal apapun yang mengacu pada dunia batik. Koleksinya nggak cuma batik tradisional aja, tapi ada juga yang temporer.



Fasilitas yang Tersedia di Museum Batik Pekalongan

Berkunjung ke Museum Batik Pekalongan, pengunjung akan disambut dengan beragam fasilitas yang terbilang lengkap di dalam lokasi. Ada tiga ruang pameran di mana pengunjung bisa melihat aneka jenis batik yang digelar di sana, ruang audio visual, aula, perpustakaan yang menyimpan koleksi literatur perbatikan Indonesia, hingga kafe.

Yuk Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan!

Ruang Pamer I. Foto: museumbatikpekalongan.info

Ruang Pamer I atau yang bernama Ruang Pesisiran adalah tempat display alat-alat membatik. Ada canting yang terdiri dari berbagai jenis ukuran dengan fungsi berbeda, yang digunakan untuk memulas batik. Tinta batiknya sendiri disebut malam dengan bahan bervariasi. Ada pewarna yang terbuat dari bahan alami seperti tumbuhan dan yang terbuat dari bahan kimia.

Ruang Nusantara atau Ruang Pamer II menyimpan kain batik yang ternyata berasal dari seluruh Indonesia. Batik bukan hanya tradisi masyarakat Jawa, tapi ada juga batik Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Banyak motif kain yang menawarkan keindahannya dipamerkan di ruangan ini. Pengelola memperbarui koleksi batik di ruangan ini secara berkala setiap tiga bulan sekali.

Yuk Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan!

Perpustakaan di Museum Batik Pekalongan. Foto: museumbatikpekalongan.info

Nah, di dalam Museum Batik Pekalongan ini juga ada ruang workshop yang menjadi tempat para pengunjung yang ingin belajar batik. Kalau mau belajar membatik, pengunjung dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 20 ribu – Rp 65 ribu per paket. Cukup terjangkau jika dihabiskan untuk mempelajari warisan budaya, bukan? Di ruangan ini, Anda bisa memilih mau belajar batik cap atau batik tulis untuk berkreasi dengan beragam corak sesuai selera.

Museum Batik Pekalongan bisa menjadi destinasi wisata pilihan bagi keluarga untuk berlibur sekaligus menambah wawasan tentang batik. Yuk, lestarikan peninggalan budaya nusantara, travelers!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com