Inspirasi Wisata Sejarah

Wisata Rambut Monte yang Bersejarah di Blitar, Ada Apa Saja?

Makam Bung Karno mungkin menjadi salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Blitar. Tapi, ternyata Blitar punya potensi wisata lain yang belum banyak diketahui wisatawan. Setelah kehadiran Kampung Cokelat dan Bukit Bunda yang tengah hits, kini Anda juga bisa mengunjungi Wisata Rambut Monte yang dikenal bersejarah. Ada apa saja sih di sana?

Wisata Bersejarah di Lereng Gunung Kawi

Wisata Rambut Monte yang Bersejarah di Blitar, Ada Apa Saja?

Wisata bersejarah di lereng Gunung Kawi. Foto: 4petualangcompasteam.blogspot.co.id

Wisata Rambut Monte dikenal menyimpan nilai bersejarah. Lokasinya sendiri berada di lereng Gunung Kawi, yaitu di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Kalau Anda menempuh perjalanan dari kota, memakan waktu sekitar 40 – 60 menit waktu perjalanan. Tempat wisata yang satu ini memang belum banyak dikenal wisatawan, tapi sangat layak dikunjungi saat berada di kota tersebut karena menyajikan wisata sejarah dan keindahan alam.

Wisata Candi Rambut Monte

Wisata Rambut Monte yang Bersejarah di Blitar, Ada Apa Saja?

Candi peninggalan Majapahit yang sudah tak terawat lagi. Foto: swetadwipa.blogspot.co.id

Di kawasan wisata Rambut Monte ini ternyata juga menyimpan cagar budaya yang dikenal dengan nama Candi Rambut Monte. Menurut sejarah, bangunan ini adalah salah satu peninggalan kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Saat masa kejayaan Majapahit, candi ini menjadi tempat pemujaan bagi masyarakat yang menganut agama Hindu. Sayangnya, Candi Rambut Monte tidak mendapatkan pemeliharaan yang maksimal. Kini hanya tertinggal sisa bangunan yang sudah tidak menyerupai candi lagi.

Telaga Rambut Monte

Wisata Rambut Monte yang Bersejarah di Blitar, Ada Apa Saja?

Telaga Rambut Monte yang jadi daya tarik. Foto: wisataterbaru.com

Salah satu spot paling menarik di wisata Rambut Monte adalah bagian telaganya. Sumber mata air yang letaknya nggak jauh dari candi ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat cuaca terasa sejuk. Airnya berwarna kehijauan karena mendapatkan pantulan hijau dari pohon yang ada di sekitarnya. Pengunjung bisa melihat ikan yang berenang di dalam telaga karena kejernihan airnya.

Jika diperhatikan, telaga di kawasan wisata Rambut Monte ini sebenarnya berwarna biru tosca yang membuatnya terlihat cantik. Warna biru toscanya sendiri disebabkan oleh kandungan mineral tertentu yang keluar dari mata air sumbernya. Pemandangan di kawasan telaga bisa diabadikan menjadi jepretan kamera cantik bagi pecinta fotografi.

Siap menjelajah warisan budaya di wisata Rambut Monte Blitar ini?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com