Pantai

Wisata Pantai di Jogja yang Cocok jadi Destinasi Liburan





header

Yogyakarta memang pantas menyandang predikat sebagai daerah istimewa karena tak hanya namanya yang istimewa tapi kota , warga, budaya hingga wisata alamnya juga terbilang istimewa. Selama ini Yogyakarta atau yang biasa disebut Jogja menjadi salah satu kota favorit jujukan para wisatawan yang ingin berlibur bersama teman maupun keluarga. Selain memiliki budaya yang kental sebagai ciri khas, alam berupa wisata pantai di Jogja kini menjadi daya tarik lainnya. Kira-kira pantai mana aja ya yang jadi destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Jogja?  Ini dia 5 pantai indah yang akan membuatmu selalu rindu Jogja.

5 Wisata Pantai di Jogja

Pantai Indrayanti

 

indrayati

Mungkin banyak orang bertanya-tanya kenapa pantai ini dinamakan Pantai Indrayanti. Pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini sebenarnya diberi nama Pantai Pulang Syawal oleh pemerintah setempat namun rupanya nama Indrayanti yang terpampang di papan cafe dan restoran di tepi pantai membuat pengunjung mengira nama pantai tersebut adalah Pantai Indrayanti. Karena Indrayanti lebih populer di kalangan masyarakat, maka kini Pulang Syawal tak lagi dijadikan nama pantai ini.

Jika berkunjung ke pantai ini kamu akan disambut birunya laut dengan deburan ombak dan pasir putih di tepinya. Cafe, gazebo, dan payung-payung untuk berteduh tertata rapi di tepi pantai. Pantai Indrayanti tergolong bersih dan bebas dari sampah. Hal ini tak luput dari keterlibatan pihak swasta yang turut mengelola pantai dan tak segan-segan memberikan denda bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Untuk dapat sampai di pantai Indrayanti, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi karena hingga kini belum ada akses kendaraan umum yang mencapai daerah pantai.

Pantai Sundak

sundak

Berbeda dengan Pantai Indrayanti yang mendapatkan nama populernya karena nama sebuah cafe di pinggir pantai, Pantai Sundak mendapatkan namanya berdasarkan kejadian di masa lampau. Konon katanya di dalam gua yang terdapat di pinggir pantai ditemukan seekor anjing atau dalam bahasa Jawa disebut asu yang berkelahi dengan landak. Kejadian itu kemudian membawa berkah bagi warga sekitar yang berhasil menemukan air tawar di dalam gua setelah sekian lama kekurangan air. Jadilah kemudian pantai ini dinamakan Sundak (asu dan landak).

Pantai Sundak berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepusini. Pantai ini cocok dijadikan tempat refreshing, menghilangkan penat setelah beraktifitas karena keadaannya yang masih alami dan cukup sunyi. Selain itu gua dengan sumur air tawar dan tebing-tebing batu kapur menambah daya tarik tersendiri.

Pantai Krakal

krakal

Pantai Krakal berlokasi tepat di sebelah Pantai Sundak. Pantai ini memiliki ciri khas pantai yang landai serta ombak besar seperti Pantai Selatan pada umumnya.

krakal surf

Pantai Krakal menjadi salah satu lokasi favorit para peselancar untuk berlatih menaklukkan ombak. Namun karena belum tersedia tempat persewaan papan selancar maka para pengunjung yang ingin berselancar di pantai ini harus membawa papan selancar sendiri. Tak hanya ombak besar, karang-karang kecil di bibir pantai serta biota-biota laut yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

Pantai Kukup

kukup

Sekilas objek wisata pantai di Jogja yang berada di kawasan Gunung Kidul ini tampak seperti Pantai Balekambang yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau Jumino, sebuah pulau karang kecil yang terdapat di sebelah Timur pantai menjadi ciri khas Pantai Kukup. Untuk dapat mencapai pulau tersebut, pengunjung bisa langsung menyeberang dengan menggunakan jembatan yang tersedia.

Di Pulau Jumino terdapat sebuah teras dan dari teras tersebut pengunjung bisa menyaksikan keindahan Samudera Hindia yang terhampar luas. Daerah laut dangkal yang berjarak hingga 100 m dari bibir pantai membuat pengunjung dapat menikmati keindahan biota laut termasuk ikan hias di sini.

Pantai Timang

timang

Pantai yang juga berada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta ini terbilang masih sepi pengunjung. Untuk mencapai pantai ini wisatawan harus melalui jalur yang terjal berbatu. Tapi bagi kalian yang suka memacu adrenaline dengan melakukan kegiatan ekstrim, berkunjung ke pantai ini mungkin merupakan destinasi yang tepat. Disini kamu dapat menaiki gantole tradisional yang terbuat dari kayu dan bambu serta dirangkai dengan tali tambang plastik untuk menyeberang ke Pulau Timang. Jarak dari bibir pantai ke pulau tersebut sekitar 50 hingga 100 m.

Agar dapat menaiki gantole tradisional ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 100.000,- atau sesuai persetujuan dengan nelayan disana. Tawar menawar dikit boleh ya! Kalau kamu sudah nekat untuk naik gondola ini maka bersiaplah untuk merasakan sensasi ekstrim berada di atas laut dalam dengan ombaknya yang besar. Gondola tradisional ini sejatinya dipakai para nelayan menuju Pulau Timang agar dapat memancing lobster. So, bagi pengunjung yang mampir kesini jangan sampai melewatkan sensasi memancing lobster hingga menikmati hidangan lobster khas Pantai Timang.

Inilah 5 Wisata Pantai di Jogja yang cocok kamu jadikan destinasi untuk mengisi liburan. Kira-kira pantai mana nih yang bakal kamu kunjungi terlebih dahulu?



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com