Inspirasi Pantai Pulau

Wisata ke Pulau Derawan, Panduan Traveling dan Tips yang Wajib Diketahui




Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal memiliki deretan obyek wisata alam yang indah. Bali dan Lombok biasanya jadi tujuan para pelancong yang ingin menikmati eksotisme wisata kepulauan di Indonesia. Jika mulai bosan dengan dua pulau tersebut, belakangan ini mulai bermunculan spot wisata baru yang populer di Indonesia. Wisata ke pulau Derawan adalah salah satu alternatif yang bisa dicoba.

Kepulauan Derawan sendiri terletak di Kalimantan Timur. Mungkin belum banyak yang tahu kalau Kalimantan Timur yang selama ini dikenal sebagai area pertambangan dan perkebunan kelapa sawit justru memiliki hidden germ yang indah. Berminat untuk wisata ke pulau Derawan? Simak dulu panduan selengkapnya berikut ini!

Menuju Derawan

Pulau Derawan berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jika ingin wisata ke pulau Derawan, ada dua jalur yang bisa ditempuh traveler yaitu via darat dan udara. Jalur darat bisa dilalui dengan rute perjalanan yang dimulai dari Balikpapan. Dari sini, Anda bisa naik bus menuju Samarinda, yang kemudian dilanjutkan dengan travel ke Tanjung Redeb. Sesampainya di sana, Anda harus berganti lagi dengan travel ke Tanjung Batu, lalu baru menuju Derawan dengan speedboat.

Wisata Ke Pulau Derawan, Panduan Traveling dan Tips Yang Wajib Diketahui

Speed boat menuju Derawan Foto: derawan-tour.net

Jika ingin melakukan perjalanan udara, Anda bisa naik pesawat dari Balikpapan menuju Berau atau Tarakan. Kalau memilih lewat Tarakan, pilihan maskapai penerbangannya lebih murah dan banyak pillihan. Tapi, Tarakan lebih cocok ditempuh untuk perjalanan dengan rombongan karena harus menyewa speedboat dengan harga cukup mahal. Jadi, rencanakan rute wisata ke pulau Derawan dengan cermat sebelum berangkat.

Kegiatan Seru di Pulau Derawan

Salah satu atraksi utama saat wisata ke pulau Derawan pastinya adalah keindahan pantaidan lautnya. Bagi yang suka berpetualang, island hopping di pulau sekitar juga bisa menjadi alternatif yang asyik. Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, Nabucco, atau Bakungan adalah beberapa daftar yang bisa dipilih. Berkeliling di pulau Derawan bisa dilakukan dengan jalan kaki karena lokasinya tidak terlalu luas. Tapi, jika ingin mengunjungi pulau lain, Anda bisa menyewa kapal atau speedboat yang ada.

Wisata Ke Pulau Derawan, Panduan Traveling dan Tips Yang Wajib Diketahui

Island hopping di Pulau Derawan Foto: http://fotowinara.com

Pulau Derawan dikenal dengan laut yang memiliki kekayaan biota yang melimpah. Ada lebih dari 1.000 spesies ikan yang ada di perairannya, seperti Gobes. Wrasses, Danselfishes, jenis terumbu karang, penyu sisik, penyu hijau, dan masih banyak spesies lainnya. Tidak jarang juga pengunjung bisa melihat jenis ikan langka secara langsung saat wisata ke pulau Derawan.

Pulau Derawan memiliki pantai pasir putih yang tidak kalah indah seperti yang bisa dijumpai di Lombok atau Bali. Hamparan air lautnya yang menyajikan warna gradasi hijau dan biru memanjakan mata saat wisata ke pulau Derawan. Tidak heran jika tempat ini dijuluki sebagai hidden heaven yang dimiliki Indonesia.

Wisata Ke Pulau Derawan, Panduan Traveling dan Tips Yang Wajib Diketahui

Pantai pasir putih di Derawan Foto: www.femalesia.com

Derawan juga memiliki taman laut yang biasa digunakan untuk diving para wisatawan. Kedalamannya kurang lebih mencapai 5 meter. Pengunjung yang diving di sini akan dimanjakan oleh panorama laut yang memikat. Lokasi diving di sini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Wisata ke pulau Derawan dijamin dapat menyegarkan pikiran, bukan?

Fasilitas Yang Tersedia

Wisata Ke Pulau Derawan, Panduan Traveling dan Tips Yang Wajib Diketahui

Resort dan penginapan di Derawan Foto: tripadvisor.co.id

Pulau Derawan terbilang memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap. Tidak perlu bingung mencari penginapan karena di lokasi tersebut menyediakan banyak resort dan homestay dengan harga cukup bervariasi. Penduduk lokal pun menyewakan tempat menginap untuk para turis.

Tips Cerdas Traveling di Pulau Derawan

Wisata Ke Pulau Derawan, Panduan Traveling dan Tips Yang Wajib Diketahui

Tips cerdas traveling ke Derawan Foto: http://funtrips-tour.com

Wisata ke pulau Derawan bisa lebih terasa maksimal jika memperhatikan tips cerdasnya. Liburan ke pulau ini bisa menghabiskan budget dana yang cukup besar terlebih untuk menyewa speedboat. Jika ingin berhemat, ajaklah 3-4 orang teman. Selain itu, jangan lewatkan proses tawar-menawar saat hendak menyewa speedboat, karena memberikan kemungkinan harga yang lebih rendah. Kalau ingin melakukan snorkeling, membawa peralatan sendiri bisa jauh lebih hemat karena menyewa peralatan di sana memakan biaya yang lumayan mahal.

Sudah siap untuk merencanakan wisata ke pulau Derawan yang lebih seru?




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com