Inspirasi Kota

Wisata Gunung Api di Ketep Pass Magelang, Apa Aja Daya Tariknya?

Kalau mendengar nama Magelang, obyek wisata apa sih yang langsung terlintas di benakmu? Candi Borobudur mungkin jadi salah satunya. Tapi, masih ada banyak lagi spot wisata terbaik di kawasan tersebut yang layak dijelajahi oleh para wisatawan. Salah satunya adalah Ketep Pass Magelang yang menawarkan konsep wisata edukasi. Apa saja sih daya tariknya?

Obyek Wisata Edukasi Kegunungapian

Wisata Gunung Api di Ketep Pass Magelang, Apa Aja Daya Tariknya?

Obyek wisata kegunungapian. Foto: diengindonesia.com

Ketep Pass Magelang ini sebenarnya merupakan obyek wisata alam kegunungapian, terutama Gunung Merapi. Lokasinya berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan luas sekitar 8.000 meter persegi. Tempat ini sudah diresmikan sejak tahun 2002 oleh Presiden Indonesia saat itu, yaitu Megawati Soekarno Putri. Tujuan awalnya adalah untuk menjadi tempat wisata baru di jalur Solo – Selo – Borobudur.

Fasilitas yang Tersedia di Ketep Pass Magelang

Sebagai sebuah obyek wisata edukasi, Ketep Pass Magelang ini memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari Museum Vulkanologi yang memiliki komputer interaktif di dalamnya untuk memberikan informasi tentang gunung api di Indonesia. Ada juga batu yang diperoleh dari letusan Gunung Merapi yang sudah terjadi berkali-kali.

Buat yang ingin melihat pemutaran film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi, Andabisa datang ke Ketep Volcano Theatre. Di sini, pengunjung akan dihibur dnegan film ilmiah yang menceritakan terjadinya jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, hingga letusan dahsyat Gunung Merapi. Semua informasi ini akan membuat kunjungan ke Ketep Pass Magelang nggak hanya menyenangkan, tapi juga menambah wawasan.

Wisata Gunung Api di Ketep Pass Magelang, Apa Aja Daya Tariknya?

Pemandangan indah dari ketinggian. Foto: angkisland.com

Jika ingin menikmati pemandangan alam di Ketep Pass Magelang, kunjungi saja dua buah gardu pandang yang disediakan di sana. Gardu pandang ini berbentuk gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai dan menikmati panorama alam yang tersaji megah di sana. Jangan lewatkan juga Pelataran Panca Arga. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan lima gunung sekaligus, mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Gunung Sumbing, sampai Gunung Slamet! Nggak cuma itu aja, beberapa perbukitan juga ikut menghiasi mulai dari Bukit Menoreh dan Bukit Teluk Moyo.

Liburan di Magelang akan terasa makin seru dan bermanfaat jika mengunjungi wisata edukasi di Ketep Pass ini. Yuk, rencanakan liburan Anda!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com