Inspirasi Kota

Tuntaskan Liburan dengan Menikmati Kota Paling Dingin di Indonesia

Liburan akhir tahun mungkin sudah menjadi salah satu agenda yang dinantikan oleh beberapa orang. Kegiatan ini bisa menjadi cara untuk menyegarkan pikiran yang penat. Sudah tahu kira-kira destinasi mana yang akan dikunjungi? Jika belum, coba saja mengunjungi kota paling dingin di Indonesia ini. Sensasi udaranya bisa membuat liburan semakin berkesan, lho.

Berastagi

Tuntaskan Liburan dengan Menikmati Kota Paling Dingin di Indonesia

Berastagi. Foto: karokab.go.id

Sumatera Utara memang sering menjadi sorotan sejak erupsi Gunung Sinabung. Tapi, ada keindahan tersembunyi yang bisa dikunjungi para wisatawan di kota Berastagi, yaitu wilayah yang diapit oleh Gunung Sinabung dan Sibayak. Daerah ini berada di ketinggian 1.300 mdpl yang membuat udara di sana tergolong dingin menggigit. Jaraknya hanya 1,5 jam perjalanan dari Danau Toba. Salah satu kota paling dingin di Indonesia ini memiliki pemandangan pegunungan yang begitu eksotis dan memanjakan mata wisatawan.

Padang Panjang

Tuntaskan Liburan dengan Menikmati Kota Paling Dingin di Indonesia

Padang Panjang. Foto: skyscrappercity.com

Kota paling dingin di Indonesia yang berada di Sumatera Barat ini memiliki julukan Egypte van Andalas yang dikenal sebagai kota religius. Lokasinya berada di ketinggian 650 – 950 mdpl dengan kawasan pegunungan yang menjadi lukisan alam yang indah. Udara di sana sudah pasti dingin, terlebih karena curah hujan yang terbilang tinggi. Rata-rata mencapai 3.295 mm per tahunnya. Ada tiga gunung yang mengelilingi, yaitu Gunung Marapi, Singgalang, dan Tandika yang membuat kota ini memiliki panorama luar biasa.

Gayo Lues

Tuntaskan Liburan dengan Menikmati Kota Paling Dingin di Indonesia

Gayo Lues. Foto: seputaraceh.com

Daerah ini adalah salah satu kabupaten yang letaknya di Provinsi Aceh. Lokasinya berada di ketinggian 1.000 mdpl dan menjadi daerah pemekaran dari Kabupaten Aceh Tenggara pada tahun 2002. Sebagian besar wilayahnya masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Gunung ini sering menjadi spot yang menarik perhatian para pendaki. Jalur pendakiannya sendiri biasanya dilakukan lewat Gayo Lues. Jika berwisata ke kota paling dingin di Indonesia yang satu ini, jangan lupa cicipi Kopi Gayo yang dikenal dengan kenikmatannya.

Wonosobo

Tuntaskan Liburan dengan Menikmati Kota Paling Dingin di Indonesia

Wonosobo. Foto: penabiru.com

Nama kota dingin di Indonesia yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi para wisatawan. Wonosobo memiliki salah satu destinasi alam yang memikat, yaitu Dataran Tinggi Dieng yang sering menjadi magnet bagi para pelancong saat liburan ke Jawa Tengah. Wonosobo juga memiliki beragam destinasi wisata yang layak dikunjungi. Mulai dari Air Terjun Sikarim, Kebun The Kambi, hingga Waduk Wadaslintang. Soal udara yang dingin tak perlu diragukan lagi. Lokasinya yang terletak di daerah pegunungan membuat hawa di sana cukup menggigil bagi Anda yang tak terbiasa tinggal di lokasi dingin.

Batu

Tuntaskan Liburan dengan Menikmati Kota Paling Dingin di Indonesia

Kota Batu. Foto: initempatwisata.com

Salah satu kota yang berada di Jawa Timur ini memang berada di kawasan pegunungan. Wilayah yang masih menjadi bagian dari Malang ini memang memiliki udara dingin yang sejuk. Ada banyak daya tarik wisata Batu yang semakin berkembang dari tahun ke tahun. Misalnya saja wahana wisata seperti Jatim Park atau Museum Angkut sukses menarik perhatian para wisatawan. Liburan bersama keluarga ke kota ini dijamin akan menyenangkan.

Lima kota paling dingin di Indonesia di atas memiliki udara khas pegunungan yang pas dikunjungi saat berlibur. Mana lokasi pilihan Anda, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com