Gunung Inspirasi

Trekking Menantang di Ketinggian Bukit Nanggi Lombok

Beberapa tahun belakangan ini, Lombok memang menunjukkan pesona wisata yang nggak kalah menawan. Pulau tersebut sudah memantapkan diri sebagai salah satu destinasi wisata favorit di tanah air. Nah, jika ingin menikmati wisata dari ketinggian, mendaki Bukit Nanggi Lombok bisa menjadi pilihan yang tepat, lho. Ada tantangan yang siap menanti bagi para petualang di sana.

Pesona Kecantikan yang Tak Kalah Memikat

Trekking Menantang di Ketinggian Bukit Nanggi Lombok

Pesona ketinggian yang tak kalah memikat. Foto: sembalunpetualang.wordpress.com

Nama Bukit Nanggi Lombok memang baru mulai populer beberapa waktu belakangan ini sejak banyak pendaki yang mengunggah foto mereka di media sosial. Letaknya berada di Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur dengan ketinggian sekitar 2.300 mdpl. Bukit ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan Bukit Pengasingan dan Anak Dara. Tapi, keindahannya nggak kalah memikat jika dibandingkan dengan bukit lain yang sudah terkenal lebih dulu.

Jalur Trekking yang Terbilang Menantang

Trekking Menantang di Ketinggian Bukit Nanggi Lombok

Jalur trekking yang menantang. Foto: hellolombokku.com

Perjalanan menuju Desa Sembalun Bumbung ini memakan waktu sekitar 3 jam dari Mataram. Nah, pendakian hingga puncak bukit ini lebih panjang dan memakan waktu sekitar 4-5 jam. Tapi, jalurnya terbilang sejuk karena banyak vegetasi pepohonan di sepanjang jalur. Banyak juga spot peristirahatan yang dapat dijumpai pendaki selama perjalanan menuju puncak Bukit Nanggi Lombok.

Biarpun disebut ‘bukit’, tapi trekking di Bukit Nanggi Lombok ini terbilang menantang. Sekitar 100-200 meter menuju puncak, Anda akan menjumpai jalur dengan jalanan sempit dan kemiringan hingga 85 derajat. Di sini Anda diharapkan untuk lebih berhati-hati dan berpegangan pada rerumputan yang ada selama melintasi jalur tersebut.

Tips Mendaki Bukit Nanggi Lombok

Trekking Menantang di Ketinggian Bukit Nanggi Lombok

Tips mendaki Bukit Nanggi. Foto: backpackerjakarta.com

Jika baru pertama kali mendaki Bukit Nanggi Lombok, ada baiknya Anda menyewa jasa guide yang bisa menunjukkan arah dan demi alasan keselamatan selama mendaki. Jasa guide di sini sekitar Rp 150.000 per hari. Ada juga jasa porter yang bisa membantu membawa barang pendaki sampai ke puncak dengan tarif sekitar Rp 125.000 per orang. Tak hanya membawakan barang, porter ini nantinya juga akan menyediakan makanan selama pendakian. Jangan lupa membawa persediaan air minum karena sumber air baru akan dijumpai di ketinggian 1.900 mdpl.

Begitu sampai di puncak Bukit Nanggi Lombok, siapkan diri untuk dimanjakan dengan pemandangan Lombok dari ketinggian yang memikat. Jadi, kapan nih menikmati jalur trekking di bukit ini, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com