Kota Landmark

Titik KM.0 Bali yang Dilengkapi Berbagai Fasilitas Bermain




Trevelsia. com – Berbicara tentang Bali memang tidak ada habisnya. Pulau yang satu ini memang selalu menggoda untuk dikunjungi. Tidak hanya terkenal dalam negeri saja tetapi pulau ini juga terkenal di seluruh dunia. Bahkan Pulau Bali dinobatkan sebagai salah satu pulau terindah di dunia. Bagi Kalian yang sudah pernah mengunjungi Bali ataupun yang sering berkunjung pernahkah bertanya atau penasaran dimana Titik KM.0 Bali?

Tugu Titik KM.0 yang Baru Direvitalisasi. Foto: www.trevelsia.com

Tugu Titik KM.0 yang Baru Direvitalisasi. Foto: www.trevelsia.com

Titik KM.0 Bali terletak di  Kota Denpasar, tepatnya di depan patung Puputan Badung, Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, Kota Denpasar. Nama ini diambil dari raja yang memimpin perang besar melawan Belanda kala itu. Namun, Lapangan ini oleh sebagian besar warga disebut Lapangan Puputan Badung. Sebagai penanda tersebut, di sisi utara lapangan terdapat patung tiga orang membawa tombak dan keris, melambangkan rakyat Badung yang saat itu melawan Belanda.

Titik nol Km yang sudah ditetapkan pada zaman Belanda, kini kembali direvitalisasi oleh Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dengan melakukan penataan dan mempercantik serta mempertegas tulisan titik KM.0 tersebut dengan lingkaran berbahan tembaga yang bertuliskan Km. 0.

Foto: www.trevelsia.com

Patung 3 Orang yang Melambangkan Rakyat Badung Saat Melawan Belanda. Foto: www.trevelsia.com

Di sekitar titik KM.0 ini terdapat pula beberapa tempat penting bagi kota Denpasar, Bali, dan sekitarnya. Misalnya pura terbesar di Denpasar Pura Jagatnatha, markas Kodam IX/Udayana, kantor Wali Kota Denpasar, hingga rumah jabatan Gubernur Bali. di sisi timur terdapat Museum Bali.  

Meskipun pada dasarnya lapangan ini bukanlah destinasi wisata namun setiap hari lapangan ini ramai dikunjungi warga sekitar Bali. Biasanya digunakan sebagai tempat untuk berkumpul, terutama pada akhir pekan atau hari libur. Ratusan warga memenuhi lapangan seluas sekitar dua kali luas lapangan sepak bola ini. Tiap pagi dan sore banyak warga yang jogging mengelilingi lapangan. Bahkan lapangan ini juga dilengkapi dengan jogging track dan berbagai papan petunjuk seperti smoking area dan area bebas rokok.

Foto: www.trevelsia.com

Foto: www.trevelsia.com

Kelebihan lapangan ini adalah karena banyaknya fasilitas bermain. Sejak direvitalisasi lapangan ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas bermain. Fasilitas bermain yang tersedia mulai dari permainan anak-anak seperti jungkat jungkit, ayunan, prosotan, dll hingga fasilitas bagi orang dewasa. Bila Kalian memasuki lapangan ini dari sisi utara maka pjok sebelah kanan Kalian akan menemukan fasilitas bermain untuk anak-anak. Sedangkan pojok sebelah kiri berisi fasilitas bersantai seperti jejeran kursi. Di sisi ini juga terdapat papan catur berukuran besar.

Salah Seorang Pengunjung Sedang Menkmati Fasilitas Bermain. Foto: www.trevelsia.com

Salah Seorang Pengunjung Sedang Menkmati Fasilitas Bermain. Foto: www.trevelsia.com

Jika Kalian berjalan menuju arah selatan di sisi pojok kanan maka Kalian akan menemukan fasilitas untuk berolahraga. Sedangkan pojok sebelah kiri berupa area terbuka yang di tengahnya terdapat pohon buatan lengkap dengan monyetnya. Di lapangan juga terdapat panggung di bagian selatan pas di tengah menghadap 3 patung orang membawa tombak. Fasilitas yang lain yang tersedia adalah kamar mandi dan gazebo-gazebo untuk bersantai di berbagai sudutnya.

Lapangan Puputan Badung ini juga sering dijadikan lokasi berkumpulnya beberapa komunitas, salah satunya adalah komunitas pecinta permainan Petanque. Petanque adalah permainan melempar bola yang mirip bentuknya dengan kelereng besar. Berat bola ini sekitar 0,5 kg. Komunitas ini dapat Kalian temui pada hari minggu pagi. Rata-rata anggota komunitas ini adalah anak SMA.

Ini Komunitas Petanque yang Sering Berkumpul Disini. Foto: www.trevelsia.com

Komunitas Petanque yang Sering Berkumpul Disini. Foto: www.trevelsia.com

Kalian juga tidak perlu khawatir apabila setelah berkeliling di lapangan ini merasa haus ataupun lapar. Biasanya pada pagi hari ada beberapa pedagang Ibu-ibu yang menjajakan barang dagangannya berupa nasi kuning dan berbagai jenis minuman.

Titik KM.0 Bali di lapangan Puputan Badung ini cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan. Menikmati berbagai fasilitas hingga puas tanpa dipungut biaya. Parkirnya tersedia di sekeliling lapangan. Kalian dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti wisata, olahraga, bermain dengan keluarga, atau sekadar cuci mata. Tertarik untuk mampir?




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com