Tips Traveling

8 Tips Packing Sebelum Traveling yang Praktis dan Efisien





Source : www.yukpegi.com

Source : www.yukpegi.com

Traveling tentu tidak terlepas dari tas ransel atau koper besar yang dipenuhi dengan barang bawaan seperti pakaian, perlengkapan mandi, sepatu, dan lain-lain. Membawa tas dengan bobot yang tidak sedikit terkadang memuculkan masalah bagi beberapa traveler seperti tidak leluasa bergerak, cepat lelah, hingga yang paling parah yaitu terkena cidera tulang belakang. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, kamu bisa mencoba 8 tips packing sebelum traveling yang praktis dan efisien berikut.

  1. Buat daftar barang bawaan
Source : wisatajogjamurah.com

Source : wisatajogjamurah.com

Sesering apapun kamu traveling, jangan pernah lupa untuk membuat daftar barang yang akan kamu bawa sebelum pergi. Well, rupanya catatan kecil ini tidak hanya berguna untuk saat sebelum kamu pergi tapi juga saat sebelum kamu kembali pulang. Sebelum pergi kamu bisa memastikan barang apa saja yang nantinya kamu butuhkan saat traveling dan meminimalisasi terbawanya benda-benda yang kurang penting, sedangkan sebelum pulang daftar ini berfungsi untuk meminimalisasi kemungkinan tertinggalnya barang kamu di penginapan. Sepele tapi penting , ya?

  1. Jangan bawa barang yang tidak penting
Source : baliseru.com

Source : baliseru.com

Terkadang kita tidak menyadari bahwa ada beberapa barang tidak penting yang kita bawa saat traveling. Buku novel misalnya, kita sering merasa bahwa novel akan berguna membunuh rasa bosan melewati perjalanan panjang. Tapi yakinkah kamu akan membuka buku tersebut dan membacanya di perjalanan seperti saat naik bis atau kereta? Daripada hanya memakan tempat dan mebuat berat tas, barang semacam ini lebih baik ditinggal saja di rumah.

  1. Sesuaikan barang bawaan dengan tempat tujuan
Source : travelingyuk.com

Source : travelingyuk.com

Sebelum berangkat, lakukan survey secara mendalam mengenai tempat tujuanmu. Perhatikan kebudayaan atau kebiasaan masyarakat disana serta musimnya. Jangan sampai kamu hanya membawa kaos dan celana pendek saat traveling ke Jepang di Bulan Desember, beku beneran deh! Atau misalnya kamu akan traveling ke Aceh, tentu tidak akan pantas jika kamu berkeliling disana dengan memakai tank top dan celana pendek.

  1. Gulung pakaian, jangan dilipat
Source : satryanugroho.wordpress.com

Source : satryanugroho.wordpress.com

Selain untuk menghemat tempat, rupanya menyimpan pakaian dengan teknik menggulung akan meminimalisasi terjadinya kerutan pada baju kita saat melakukan traveling. Saat ini sudah banyak orang yang membuat tutorial cara menggulung pakaian untuk traveling di Youtube. Gunakan baju dengan bahan kain yang tipis agar lebih ringan saat dibawa.

  1. Perhatikan cara menyusun baju
Source : travel.detik.com

Source : travel.detik.com

Jika kamu akan bepergian menggunakan ransel, letakkan barang yang ringan di bagian bawah dan yang lebih berat di sebelah atas. Hal ini bertujuan untuk membuat tas terasa lebih ringan dan mencegah terjadinya cedera pada tulang belakang. Selain itu, letakkan barang-barang penting yang sekiranya akan sering kamu pakai di sebelah atas agar kamu tidak perlu repot-repot membongkar isi ransel. Susun baju dengan pola “+” untuk menghemat tempat.

  1. Simpan pakaian dalam beberapa kantong plastik
Source : papasemar.com

Source : papasemar.com

Agar lebih efisien dan praktis, simpan pakaian kamu dalam beberapa kantong plastik bening. Misal di hari Sabtu kamu berencana memakai kaos merah dan celana jeans, maka masukkan kaos merah dan celana jeans tersebut dalam satu kantong plastik yang sama. Tujuannya agar kamu tidak perlu lagi membongkar semua isi tas saat di tempat tujuan maupun saat diperiksa oleh petugas bea cukai. Disarankan membawa satu stel pakaian ke dalam tas kecil yang kamu bawa ke kabin pesawat sehingga jika tas yang kamu letakkan di bagasi hilang atau terlambat, kamu masih memiliki cadangan pakaian.

  1. Letakkan barang-barang penting di tempat berbeda
Source : falophoshop.blogspot.com

Source : falophoshop.blogspot.com

Agar tidak kerepotan membongkar tas saat di perjalanan, pisahkan barang-barang kecil namun penting yang akan kamu butuhkan setiap saat seperti dompet, charger hp, paspor, dan lain-lain ke dalam sebuah tas kecil yang akan kamu bawa kemana saja.

  1. Jangan penuhi tas
Source : jalan2.com

Source : jalan2.com

Jika semua barang-barang penting sudah masuk ke dalam tas tapi masih menyisakan ruang kosong, jangan tambahkan lagi isi tas dengan barang tidak penting. Jangan isi tasmu hingga benar-benar penuh, biarkan ruang kosong itu menjadi tempatmu meletakkan oleh-oleh yang nantinya akan kamu bawa pulang. Meski tidak banyak, beli oleh-oleh juga nggak salah tho?



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com