Inspirasi Opini Tips Traveling

Tips Bagi Kalian yang Ingin Mulai Melakukan Solo Traveling




Trevelsia.com – Sebagian besar orang menganggap traveling sebagai gaya hidup. Traveling dapat dilakukan bersama siapa saja. Bersama pasangan, teman kuliah, teman sekantor ataupun bersama keluarga. Bahkan traveling juga dapat dilakukan seorang diri. Melakukan traveling seorang diri memang tidak mudah bagi sebagian orang. Hal ini karena Kita harus mengatur semua perjalanan seorang diri. Mulailah berani dan tidak ada salahnya untuk mencoba. Supaya lebih mantap dan yakin cobalah membaca dan mencari informasi seputar dunia traveling. Berikut beberapa tips yang trevelsia.com rangkum untuk Kalian yang ingin memulai solo traveling. Selamat menyimak…

1. Yakin dan Percaya Diri

Foto: www.idntimes.com

Yakin dan Percayalah Pada Diri Sendiri. Foto: www.life.idntimes.com

Sebelum Kalian melakukan solo traveling bertanyalah pada diri Kalian. Apakah Kalian yakin akan melakukan perjalanan ini? Apabila jawabannya Kalian yakin dan percaya bahwa Kalian mampu melakukan perjalanan ini, maka bersiaplah untuk segera berangkat. Keyakinan itu perlu karena Kalian harus yakin akan siap menghadapi segala hal yang terjadi selama perjalanan. Karena selama perjalanan biasanya banyak hal-hal yang tak terduga terjadi. Tidak selamanya hal baik tapi hal buruk bisa juga terjadi. Sehingga Kalian harus yakin dan percaya pada diri sendiri akan siap menghadapi segala hal selama perjalanan. 

2. Pilihlah Kota yang Ramah Bagi Wisatawan

Foto: www.hipwee.com

Foto: www.hipwee.com

Bagi yang pertama kali melakukan perjalanan seorang diri, mencari kota tujuan menjadi sangat penting. Setidaknya Kalian harus tahu terlebih dahulu dengan kota ataupun tempat yang akan dikunjungi. Sebaiknya pilihlah kota yang ramah terhadap wisatawan. Salah satu contohnya adalah Bali dan Yogyakarta. Dua kota tersebut dapat dikatakan ramah bagi solo traveller  pemula karena dua kota tersebut memang destinasi tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kota yang ramai dikunjungi biasanya menyediakan segala kebutuhan wisatawan dari kelas bawah hingga kelas atas. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan kantong. Begitu pula dengan masyarakatnya. Mereka sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan bahkan sudah siap sedia untuk membantu wisatawan apabila Kalian menemui kesulitan dalam perjalanan. Memilih kota yang ramah terhadap wisatawan akan lebih memberikan rasa aman bagi diri Kalian. Disana Kalian juga akan mendapatkan banyak teman-teman sesama wisatawan.

3. Buatlah Catatan Rencana Perjalanan

Sebaiknya Buatlah Terlebih Dahulu Rencana Perjalanan. Foto: www.coretanpetualang.wordpress.com

Sebaiknya Buatlah Terlebih Dahulu Rencana Perjalanan. Foto: www.coretanpetualang.wordpress.com

Setelah menentukan kota tujuan sebaiknya buatlah perencanaan perjalanan. Hal ini berguna untuk menyusun berbagai macam tempat yang akan Kalian kunjungi, berapa lama akan melakukan perjalanan dan juga berapa banyak uang yang Kalian butuhkan. Selain itu, Kalian juga dapat mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum keberangkatan.Meskipun tidak semuanya berjalan sesuai dengan rencana setidaknya Kalian dapat merencanakannya terlebih dahulu supaya perjalanan Kalian lebih matang.

4. Minta Do’a Restu Orang Tua

Izin Orang Tua Itu Penting Lho! Foto: www.papasemar.com

Izin Orang Tua Itu Penting Lho! Foto: www.papasemar.com

Bagi Kalian yang masih single, meminta do’a restu orang tua menjadi hal yang sangat penting supaya perjalanan Kalian diberkahi dan diberi kelancaran. Mungkin awalnya orang tua akan ragu apabila ini perjalanan pertama. Jadi yakinkan orang tua bahwa Kalian mampu melakukan perjalanan ini. Selain itu, berjanjilah bahwa Kalian akan selalu memberi kabar selama perjalanan supaya mereka tidak khawatir. Apabila memang perjalanan Kalian belum mendapat izin sebaiknya tunda dulu rencana tersebut hingga orang tua mengizinkan nantinya. Bagi yang sudah pacar silahkan meminta izin pacar supaya mereka juga tidak khawatir dan galau. Bagi yang sudah memiliki suami silahkan dibicarakan terlebih dahulu.

5. Lebih Disarankan menggunakan Transportasi Umum

Dalam melakukan perjalanan sebaiknya gunakan transportasi umum.  Kenapa? pertama, karena bisa menghemat biaya. Jika Kalian menyewa kendaraan pribadi akan membutuhkan pengeluaran berlebih karena biaya sepenuhnya ditanggung sendiri. Kedua, lebih merasa aman karena tidak khawatir akan nyasar meskipun sebenarnya nyasar itu seru dan menantang. Tapi tidak untuk Kalian solo traveler pemula. 

Foto: www.legianrestaurant.weebly.com

Trans Jogja siap menemani Kalian berkeliling Yogyakarta. Foto: www.legianrestaurant.weebly.com

Misalnya di Yogyakarta Kalian dapat menggunakan Trans Jogja untuk dapat berkeliling Yogyakarta. Kalau di Bali namanya Sarbagita. Kalian dapat bertanya kepada petugas rute mana yang akan Kalian ambil untuk sampai di tempat tertentu. Ketiga, menghemat tenaga karena dengan menggunakan transportasi umum Kalian tidak perlu capek untuk mengendarai kendaraan sendiri. Keempat, Kalian akan lebih mengenal kota yang Kalian datangi. Melalui jendela transportasi yang Kalian tumpangi Kalian akan banyak melihat dan merekam potret lalu lintas kota, bangunan-bangunan, hingga kehidupan masyarakat. Kelemahan menggunakan transportasi umum adalah terbatasnya destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Biasanya transportasi umum hanya banyak ditemui di daerah Kota. Sedangkan di daerah pelosok dan pedalaman sulit sekali, kalaupun ada sehari hanya satu kali. Oh iya, salah satu serunya menggunakan transportasi umum adalah kemungkinan besar bertemu dengan sesama wisatawan dalam kendaraan yang Kalian tumpangi. Kalian dapat berkenalan dan menambah teman.

6. Selalulah Berpikir Positif

Think Positive Wherever You are. Foto: www.refe99.com

Think Positive Wherever You are. Foto: www.refe99.com

Menanamkan pikiran positif juga akan mendatangkan energi positif. Selalulah berpikir bahwa lebih banyak orang baik daripada orang jahat di dunia ini. Berpikirlah bahwa Kalian akan menemukan hal-hal berharga selama perjalanan. Berpikirlah bahwa akan selalu ada orang baik yang akan membantu dalam setiap kesulitan yang akan Kalian temui nantinya.

Beberapa tips di atas semoga bermanfaat Bagi Kalian. Beberapa tips sebenarnya pengalaman pribadi dari penulis. Cobalah temukan hal-hal menarik di luar jendela rumah Kalian. Selamat berwisata dan semoga perjalanan Kalian berhasil…




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com