Danau

Telaga Menjer, Pesona Danau Cantik di Kaki Gunung Dieng

Sudah bukan rahasia lagi kalau Dieng Wonosobo merupakan salah satu kawasan yang memiliki panorama alam memikat di Pulau Jawa. Ada banyak pesona alam yang bisa dijumpai di kawasan dataran tinggi tersebut. Telaga Menjer misalnya, menjadi salah satu danau cantik yang menampilkan keindahan tersendiri di kaki Gunung Dieng. Sudah pernah ke sana, travelers?

Danau Terluas di Kaki Gunung Dieng

Telaga Menjer, Pesona Danau Cantik di Kaki Gunung Dieng

Danau terluas di kaki gunung Dieng. Foto: panduanwisatadieng.com

Telaga Menjer berlokasi di Desa Menjer, Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah. Danau yang terletak di kaki Gunung Dieng ini terbentuk secara alami dan menjadi yang terluas di kawasan tersebut. Tempat ini sendiri dimanfaatkan sebagai tempat wisata sekaligus Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk kawasan tersebut. Meskipun menawarkan keindahan yang menakjubkan, tapi danau ini sendiri belum digarap secara maksimal dan belum diketahui banyak orang kecuali masyarakat setempat dan pengunjung yang memang familiar dengan lokasi.

Pemandangan Kehijauan di Sekitar Telaga Menjer

Telaga Menjer, Pesona Danau Cantik di Kaki Gunung Dieng

Pemandangan indah di sekitar telaga. Foto: panduanwisatadieng.com

Telaga Menjer terletak di ketinggian sekitar 1.300 mdpl dengan luas area 70 Ha. Danau ini sendiri memiliki kedalaman sekitar 45 m. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat telaga ini memiliki suhu sejuk sekitar 22-27 derajat celsius. Selain bisa menyaksikan pemandangan telaga yang menarik, pengunjung juga bisa melihat panorama kehijauan yang mengelilingi Telaga Menjer. Bukit dan batuan yang berdiri kokoh di sekitarnya ibarat benteng alam yang menambah pesona pemandangan di sini.

Fasilitas di sini cukup lengkap. Anda bisa menemukan toilet, mushala, dan tempat parkir yang luas. Warung makanan dan kedai minuman juga bisa ditemui di sekitar lokasi. Lokasinya yang sejuk membuat para wisatawan betah berkunjung di sini.

Untuk mencapai Telaga Menjer, lokasinya cukup mudah diakses. Dari kota Wonosobo, jaraknya sekitar 12 km ke utara atau memerlukan waktu sekitar 30 menit. Lokasinya juga mudah ditemukan dan kalau bingung banyak warga sekitar yang akan memberikan petunjuk arah. Ingin mengunjungi Telaga Menjer akhir pekan selanjutnya, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com