Inspirasi Kota Landmark

Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Destinasi Cocok untuk Mengisi Akhir Pekan




Trevelsia.com – Setelah sibuk dengan rutinitas sehari-hari, baik bekerja atau belajar akhir pekan selalu menjadi obat bagi setiap orang. Banyak orang memanfaatkan akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga ataupun untuk berlibur. Mengisi akhir pekan dengan cara menyenangkan dapat mengurangi stres dan menyegarkan otak. Jika Kalian di sekitar Bogor atau ingin menikmati liburan akhir pekan di daerah Bogor, cobalah untuk datang ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar (TWA) Gunung Pancar.

Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar atau biasa disebut Gunung Pancar saja terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lebih mudahnya, lokasinya berada dekat dengan objek wisata lain di kawasan Sentul, yaitu The Jungleland. Total area Gunung Pancar memiliki luas areal 447,5 ha. Gunung Pancar terletak pada ketinggian 300-800 mdpl dengan topografi landai sampai bergelombang terjal dengan kemiringan sekitar 15-40%. Bagian tertinggi yaitu pada puncak gunung pancar 800 mdpl dan pasir astana 700 mdp.

Sambutan Gerbang Selamat Datang Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Foto: www.hutansentul.com

Sambutan Gerbang Selamat Datang Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Foto: www.hutansentul.com

Kawasan Gunung Pancar sebenarnya berada dalam sebuah hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani. Oleh karena itu, tidak mengherankan suasana di kawasan Gunung Pancar terlihat masih seperti layaknya hutan alami. Sejak 1996, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi maka PT.Wana Wisata Indah diberi Hak Pengusahaan Pariwisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini.

Aktifitas yang Dapat Dilakukan

Terdapat berbagai jenis vegetasi tanaman di Gunung Pancar. Tanaman yang dapat ditemui antara lain: Pinus (Pinus merkusii), Sengon (Paraserianthes falcataria), Rasamala (Altingia excelsa Noronha), Pasang (Castanopsis javanica), Puspa (Schima wallichii), Jamuju (Dacrycarpus imbricatus), Saninten (Castanopsis javanica), Teureup (Artocarpus elastica Reinw), Kiara (Ficus sp.), Bembem (Mangifera sp.), Dadap (Erythrina variegate), Kemiri (Aleurites moluccana L. Willd), Putat (Barringtonia spicata), Gadok (Bischofia javanica), Kihujan (Samanea saman), Secang (Caesalpinia sappan L.), Picung (Pangium edule Reinw. ex Blume), Nangka (Artocarpus heterophyllus), Afrika (Maesopsis eminii Engl.), dan Randu (Ceiba pentandra L. Gaertn).

Kalian Dapat Menikmati Hutan Pinus ala Film Twilight. Foto: malesmandi.com

Kalian Dapat Menikmati Hutan Pinus ala Film Twilight. Foto: malesmandi.com

Tidak hanya aneka jenis vegetasi tanaman yang tumbuh subur dan asri di Gunung Pancar ini. Pengunjung juga dapat melihat sejumlah satwa alam bebas yang hidup di sana sebagai habitat aslinya seperti Kera, Owa, Surili, Babi hutan, Jelarang serta berbagai jenis burung yang hampir punah seperti Kutilang, Ayam hutan, Jalak, Elang dan yang lainnya. Sebagai salah satu destinasi wisata alam di Bogor, Gunung Pancar menghadirkan pemandangan alami khas hutan lindung. Tentu saja, udara sejuk dan pemandangan yang asri begitu kental terasa. Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius pada malam hari. Pada siang hari suhu maksimal berkisar di sekitar 33 derajat Celcius. Berbagai macam kegiatan wisata dapat dilakukan di Gunung Pancar ini, antara lain sebagai berikut:

  • Camping: merupakan kegiatan wisata paling populer dilakukan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Pancar. Terdapat beberapa camp yang bisa dipergunakan untuk kegiatan tersebut. Bermalam di alam bebas dengan menggunakan tenda dilengkapi dengan membakar api unggun, berkumpul dan merasakan berada di alam bebas seperti ini akan terasa sangat menyenangkan. Oleh karena itu beberapa camp yang ada di Gunung Pancar hampir tidak pernah sepi dari pengunjung.
Salah Satu Penampakan Camping Area di Gunung Pancar. Foto: jurnalbogor.co.id

Salah Satu Penampakan Camping Area di Gunung Pancar. Foto: jurnalbogor.co.id

  • Hiking: Hutan yang tidak terlalu tebal dan perbukitan di sekitar, akan cukup memberikan ruang bila Wisatawan ingin sekedar hiking. Medannya tidak terlalu berat maupun terlalu ringan. Cukup membutuhkan tenaga untuk berkelana mengelilingi gunung ini ditemani dengan eksotisme alam yang menyenangkan.
  • Jogging: Bagi yang ingin berolahraga santai pengunjung dapat berjalan menyusuri trek jalan yang telah disediakan. Dengan berjalan santai pengunjung dapat menghirup udara yang menyehatkan sambil menikmati keindahan serta pesona alam. Kegiatan ini bermanfaat untuk menyegarkan tubuh sekaligus pikiran.
Menyusuri Taman Wisata Gunung Pancar. Foto: www.indexwisata.com

Menyusuri Taman Wisata Gunung Pancar. Foto: www.indexwisata.com

  • Bersepeda: Bila tidak ingin berjalan kaki salah satu alternatif untuk berkeliling Gunung Pancar adalah dengan bersepeda. Jalanan yang cukup menanjak dapat membuat nafas pengunjung ngos-ngosan.
  • Berkuda: Selain jogging dan bersepeda alternatif lainnya adalah berkuda. Kegiatan berkuda tidak hanya dapat dinikmati di De’Ranch Lembang yang terkenal akan wisata ala Cowboy-nya (Baca juga: Menikmati Tempat Wisata Ala Cowboy di De’Ranch Lembang Bandung). Di Gunung Pancar pengunjung juga dapat berkuda berkeliling lokasi wisata Gunung Pancar.
  • Berendam di Pemandian Air panas Gunung Pancar: Selain camping, inilah kegiatan wisata yang paling populer dan menarik yang mayoritas pengunjung. Airnya bersumber dari mata air alami yang banyak mengandung belerang dan mineral. Kandungan belerang dan mineral ini dapat menyehatkan dan dijamin akan segera mengembalikan kesegaran tubuh dan merelaksasi pikiran.
Kolam Pemandian Air Panas Taman wisata Alam Gunung Pancar. Foto: www.anekawisataindonesia.com

Kolam Pemandian Air Panas Taman wisata Alam Gunung Pancar. Foto: www.anekawisataindonesia.com

  • Wisata Religi dan Budaya, Selain wisata alam di sini pengunjung juga dapat melakukan wisata religi. Terdapat sejumlah makam yang usianya diperkirakan telah ratusan tahun. Beberapa nama tokoh yang dimakamkan di tempat tersebut, di antaranya Raden Lawulung, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih, Raden Surya Kencana, Kalijaga, dan beberapa tokoh lokal. Pada hari-hari tertentu, di lokasi ini juga digelar pertunjukan seni dan budaya.

Terlepas dari semua kegiatan yang ditawarkan oleh Gunung Pancar sebenarnya yang ditawarkan adalah alamnya. Alami! Suasana yang dapat dinikmati pengunjung adalah suasana yang langka didapatkan di kota besar.

Biaya Tiket Masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Hari Kerja

Rp 5000,- / Orang

Rp 10.000,- / Mobil

Rp 5000,- / Motor

Rp 100.000,- / Warga Negara Asing

Hari Libur Akhir Pekan / Libur Nasional

Rp 7500,- / Orang

Rp 15.000,- / Mobil

Rp 7.500,- / Motor

Rp 150.000,- / Warga Negara Asing

Biaya masuk ini adalah biaya yang dipungut oleh Perhutani. Untuk dapat menikmati kegiatan wisata yang ada di dalam lokasi Gunung Pancar pengunjung harus membayar lagi. Hal ini dikarenakan pengelolaan wisata Gunung Pancar dikelola oleh pihak yang berbeda. Untuk biaya camping atau mengadakan acara, maka pengunjung silahkan menghubungi  PT.Wana Wisata Indah yang kantornya ada di dekat gerbang masuk. Bila ingin tahu informasi lebih lanjut tentang paket yang ditawarkan bisa langsung kunjungi gunungpancar.co.id. Sedangkan, untuk biaya masuk Pemandian Air Panas, pengunjung harus membayar Rp 10.000.-/orang dan motor Rp 2.000.-/motor.

Rute Menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Jika Kalian ingin mengunjungi Gunung Pancar sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Karena menuju lokasi wisata alam ini, belum tersedia angkutan umum. Dikutip dari lovelybogor.com berikut cara menuju lokasi Gunung Pancar:

Rute Menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Foto: www.youtube.com

Rute Menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Foto: www.youtube.com

Bila Kalian menggunakan jalan tol Jagorawi, baik dari Bogor ataupun Jakarta, keluarlah di Pintu Tol Sentul Selatan. Keluar dari gerbang tol, maka akan terlihat Bellanova Mall. Jangan berbelok ke kanan, arah itu untuk menuju ke Kota Bogor. Berbeloklah ke kiri memasuki Jalan MH Thamrin, Sentul City. Setelah ini ada dua:

Pertama: ikuti saja jalan MH Thamrin dan petunjuk yang mengarah ke The Jungleland. Terus saja hingga Kalian menemukan Pintu Masuk lokasi wisata tersebut berupa penghalang jalan. Setelah itu di depan penghalang jalan itu ada belokan ke arah kanan, sebuah jalan kecil. Itu jalan yang harus Kalian masuki. Jalannya akan menanjak dan lanjutkan saja hingga menemukan gerbang utamanya.

Kedua, masih tetap ikuti jalan MH Thamrin Sentul, hanya setelah Plaza Amsterdam akan ada percabangan ke arah kiri. Kalau lurus Kalian akan melalui rute yang pertama. Bila Kalian belok ke kiri, Kalian akan menemukan percabangan yang ke kanan berarti menuju ke Rainbow Hills dan Telaga Cikeas. Sedangkan ke kiri Anda memasuki Jalan Babakan Madang. Pilih jalur kiri. Ikuti saja jalan ini hingga Kalian melewati Kantor Polsek dan Kecamatan Babakan Madang. Ujungnya adalah sebuah pertigaan. Ambillah jalur kanan memasuki Jalan Gunung Pancar. Ikuti saja jalan ini terus, kurang lebih 11 kilometer. Nanti akan terjadi pertemuan dengan rute pertama. 

Akomodasi di Sekitar Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Jika Kalian adalah wisatawan dari luar kota, Kemungkinan besar Kalian akan mencari penginapan di sekitar lokasi Sentul Bogor. Ada banyak hotel , Cottage, Resort dan villa di sekitar gunung pancar Sentul Bogor yang dapat Kalian jadikan sebagai tempat bermalam.  Beberapa hotel dekat Gunung Pancar yang populer di kalangan wisatawan, misalnya Hotel Neo Green Savana Sentul City, Rukun Senior Living Residence, dan Harris Hotel Sentul City Bogor. Hotel ini berlokasi di Sentul City, berjarak dalam radius sekitar 4-6 km dari kawasan wisata Gunung Pancar. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi pihak pengelola hotel.




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com