Inspirasi Kota Wisata Sejarah

Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon, Antara Sejarah dan Mitos yang Menyelimuti

Jika berkunjung ke Cirebon, ada banyak obyek wisata sejarah yang layak dikunjungi untuk mengisi liburan Anda. Salah satunya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi yang dulunya menjadi tempat peristirahatan Kasepuhan Cirebon. Tempat ini juga sudah dinobatkan menjadi cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang. Lokasi bersejarah yang satu ini tidak hanya menawarkan cerita sejarah saja. Ada juga mitos yang melingkupi bangunan tersebut. Penasaran?

Mengenal Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon, Antara Sejarah dan Mitos yang Menyelimuti

Tempat meditasi para sesepuh Keraton. Foto: travel.detik.com

Gua Sunyaragi terletak di keluarahan Sunyaragi – Kesambi, kota Cirebon. Bangunan peninggalan bersejarah dari Kasepuhan Cirebon ini adalah sebuah gua dengan arsitektur batu karang yang terlihat unik jika dilihat dari luar. Nama Taman Sari Gua Sunyaragi sendiri punya makna, yaitu Sunya yang memiliki arti ‘sepi’ dan Ragi yaitu ‘Raga’ yang diambil dari bahasa Sansekerta.

Tempat ini didirikan sebagai lokasi meditasi anggota keluarga para Sultan Cirebon. Konstruksinya yang berupa taman air menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Dulu, kompleks gua ini dikelilingi oleh Danau Jati. Tapi, seiring berjalannya waktu danau ini sudah mengering.

Jelajah Kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon, Antara Sejarah dan Mitos yang Menyelimuti

Kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi. Foto: pubinfo.id

Kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Pesanggrahan dan bangunan gua. Area yang pertama memiliki beberapa ruangan, antara lain serambi, ruang ibadah, kamar mandi, kamar rias, dan kamar tidur yang dikelilingi taman serta kolam. Dari luar, bangunan gua ini memiliki gerbang berbentuk candi dengan pintu bagian dalam yang memiliki bentuk Paduraksa.

Taman Sari Gua Sunyaragi ini adalah tempat bagi para Sultan, pejabat keraton dan prajuritnya untuk bertapa. Tujuan meditasi ini biasanya adalah untuk meningkatkan ilmu kanuragan. Gua ini punya 12 bagian yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Sejarah dan Mitos Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon, Antara Sejarah dan Mitos yang Menyelimuti

Berbagai mitos yang ada di Taman Sari Gua Sunyaragi. Foto: komunikasi.um.ac.id

Sejarah gua ini sebenarnya ada beberapa versi. Tapi, pemandu di sana menggunakan versi buku Purwaka Caruban Nagari yang ditulis tangan oleh Pangeran Kararangen tahun 1720. Dalam buku tersebut tertulis bahwa sang pangeran yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati membangun gua ini pada tahun 1703.

Nah, ada beberapa mitos yang dipercaya masyarakat Cirebon tentang Taman Sari Gua Sunyaragi ini. Di lokasi tersebut, ada sebuah patung yang bernama Perawan Sunti. Konon, kalau memegang patung batu ini bisa sulit jodoh. Kebenarannya sendiri memang sulit dibuktikan, tapi hal ini sudah jadi kepercayaan masyarakat secara turun-temurun.

Jika sudah telanjur terpegang, jalan keluarnya adalah dengan langsung mengunjungi Gua Kelanggenan yang masih berada di kawasan tersebut. Masuk gua ini dipercaya bisa enteng jodoh dan langgeng dengan pasangan yang sekarang mendampingi. Tapi, saat musim hujan gua ini tergenang air sehingga tidak bisa dimasuki wisatawan.

Berbagai mitos dan sejarah tersebut tentunya membuat Taman Sari Gua Sunyaragi semakin menarik untuk dikunjungi kan, travelers!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com