Pantai Pulau

Taman Laut Rubiah, Surganya Para Penyelam di Aceh

Wilayah kepulauan di Indonesia memang menawarkan potensi wisata yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Di antara daerah yang sudah terkenal menjadi obyek wisata primadona seperti Bali dan Lombok, terselip juga Aceh yang tak boleh dilewatkan. Banyak potensi wisata yang bisa kamu ungkap di sana, salah satunya adalah Taman Laut Rubiah yang menjadi surga bagi para penyelam di bumi Aceh. Apa saja sih daya tarik tempat wisata tersebut?

Keindahan Dasar Laut Pulau Rubiah

Taman Laut Rubiah, Surganya Para Penyelam di Aceh

Keindahan dasar laut yang memesona. Foto: dolandolen.com

Taman Laut Rubiah adalah daya tarik utama bagi para travelers saat berkunjung ke Pulau Rubiah. Lokasinya sendiri terletak di ujung utara Pulau Sumatera yang masih masuk kawasan Pulau Weh. Pulau cantik ini memiliki luas sekitar 2.600 hektar yang dikenal masih menyimpan potensi wisata dengan keindahan alami. Pesisirnya juga menawarkan keelokan yang tak bisa ditampik karena diapit oleh dua pantai menawan, yaitu Pantai Teupin Layeu dan Pantai Iboih.

Aktivitas Menyelam yang Dijamin Tak Membosankan

Taman Laut Rubiah, Surganya Para Penyelam di Aceh

Aktivitas menyelam yang tak membosankan. Foto: dolandolen.com

Sebagai surga para penyelam, menikmati keindahan Taman Laut Rubiah menjadi salah satu kegiatan yang dijamin tidak akan terasa membosankan. Berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa hingga biota unik lainnya bisa dijumpai di sana. Terumbu karang menjadi salah satu spesies yang mendominasi dan terlihat cantik dengan beragam jenis warna. Dari sekitar 15 jenis spesies yang hidup di taman laut ini, ada 14 jenis yang masuk kategori dilindungi.

Berenang atau snorkeling bersama ikan di Taman Laut Rubiah menjadi hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke sana. Namun jika Anda tidak bisa berenang atau menyelam, jangan khawatir. Pasalnya, ada perahu khusus dengan kaca menembus bawah laut yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan taman laut tersebut. Jernihnya perairan di Pulau Rubiah membuat sinar matahari mampu menembus hingga kedalaman 15 meter. Jadi, kamu tetap bisa menikmati keindahannya tanpa perlu menyelam ke bawah laut.

Selain menikmati keindahan di Taman Laut Rubiah, Anda juga bisa menjelajah keliling pulau. Di sana terdapat sisa bangunan tua bekas asrama haji yang sudah ada sejak tahun 1920-an. Selain itu, ada juga beberapa makam leluhur di Pulau Weh dan Banda Aceh, seperti misalnya makam Nyak Rubiah yang namanya menjadi inspirasi untuk pulau tersebut.

Sudah bisa membayangkan asyiknya berkeliling di Pulau Rubiah, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com