Inspirasi Kota Landmark Wisata Sejarah

Sudah Tahu Fakta Tentang Candi Prambanan Berikut Ini?

Candi Prambanan yang terletak di Yogyakarta pasti sudah menjadi salah satu obyek wisata yang sudah nggak asing lagi. Bahkan, banyak juga wisatawan yang sudah bosan karena tak terhitung sudah berapa kali ke sana. Tapi, apakah Anda benar-benar sudah mengetahui fakta tentang Candi Prambanan yang menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia ini? Saatnya update wawasan di sini, yuk!

Rancangan Mirip Gunung Semeru

Sudah Tahu Fakta Tentang Candi Prambanan Berikut Ini?

Bentuk menyerupai gunung Semeru. Foto: klikhotel.com

Menurut ilmu kosmologi Hindu, Candi Prambanan memiliki rancangan bangunan yang dibentuk menyerupai Gunung Semeru. Gunung yang juga dikenal sebagai puncak Mahameru ini dipercaya sebagai rumah para dewa. Jadi, fakta tentang Candi Prambanan yang pertama adalah, candi ini sebenarnya dibangun sebagai simbolisasi rumah para dewa.

Memiliki Nama Asli Siwaghra

Sudah Tahu Fakta Tentang Candi Prambanan Berikut Ini?

Siwagrha. Foto: wikipedia.org

Menurut sejarah, Candi Prambanan memiliki nama asli Siwaghra. Kalau dalam bahasa Sansekerta, artinya adalah Rumah Siwa. Nama ini diberikan pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, karena memang bangunan candi ini ditujukan untuk penghormatan pada dewa Siwa. Ada sebuah arca Siwa yang memiliki tinggi 3 meter di ruang utama candi tersebut.

Selain itu, di bagian kompleks candi terdapat Candi Siwa yang menjadi tempat pemujaan Siwa terbesar di Indonesia. Fakta tentang candi prambanan selanjutnya, bangunan yang memiliki tinggi menjulang sekitar 47 meter ini adalah bentuk penghormatan masyarakat Hindu untuk para dewanya.

Kisah Ramayana dalam Reliefnya

Sudah Tahu Fakta Tentang Candi Prambanan Berikut Ini?

Relief tentang Ramayana. Foto: infojalanjalan.com

Fakta tentang Candi Prambanan selanjutnya adalah dinding Candi Prambanan memiliki ukiran yang membuat decak kagum pengunjungnya. Nah, relief ini menceritakan tentang kisah Ramayana yang dimulai dari pradakshina (sisi timur) kompleks Candi Siwa. Kalau ingin menikmati kisahnya, pengunjung bisa berputar searah jarum jam. Lanjutkan dengan mengitari sisi selatan Candi Brahma.

Puncak Mastaka

Sudah Tahu Fakta Tentang Candi Prambanan Berikut Ini?

Puncak Mastaka. Foto: tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Pernahkah Anda mengamati puncak Candi Prambanan? Jika diperhatikan, bentuk puncak ini mirip dengan mahkota. Bagian ini sendiri disebut Puncak Mastaka yang melambangkan halilintar.

Mitos Tidak Bisa Menikah dengan Pasangan

Sudah Tahu Fakta Tentang Candi Prambanan Berikut Ini?

Arca Roro Jonggrang. Foto: m-edukasi.kemdikbud.go.id

Ingat tentang legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang menyertai kisah Candi Prambanan ini? Ada mitos yang beredar dalam masyarakat yang menyebutkan jika mengunjungi tempat ini bersama pasangan, maka gagal melanjutkan ke jenjang pernikahan. Tapi, hal ini hanya mitos belaka kok. Fakta tentang Candi Prambanan yang perlu diperhatikan adalah mau datang dengan siapapun, tidak berpengaruh pada kehidupan pribadi Anda.

Selain itu, Candi Prambanan tidak dibangun dalam waktu semalam seperti yang diceritakan kisah Bandung Bondowoso tersebut. Rakai Pikatan yang membangun tempat pemujaan dewa ini, seperti yang tertulis di Prasasti Siwaghra. Disebutkan jika Rakai Pikatan mendirikan sebuah bangunan suci yang cirinya mirip dengan Candi Prambanan. Inilah yang menjadi landasan sejarah jika Candi Prambanan dibangun oleh tokoh tersebut.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com