Museum

Serunya Wisata Edukatif di Museum Diorama Purwakarta

Berkunjung ke museum mungkin menjadi salah satu hal yang dianggap membosankan. Tapi, seiring dengan semakin berkembangnya zaman, museum pun semakin berbenah. Salah satu contohnya adalah Purwakarta yang telah mengembangkan museum digital menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang menyenangkan. Saatnya berkunjung ke Museum Diorama Purwakarta, yuk!

Memanfaatkan Gedung Tua Peninggalan Penjajahan

Serunya Wisata Edukatif di Museum Diorama Purwakarta

Gedung tua yang disulap jadi museum canggih. Foto: pubindo.id

Museum Diorama Purwakarta atau yang juga dikenal dengan nama Bale Panyawangan Diorama menjadi salah satu museum interaktif yang menarik di Purwakarta. Lokasinya sendiri memanfaatkan Gedung Kembar di Jalan KK Singawinata, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Menurut sejarah, gedung ini adalah peninggalan zaman penjajahan yang dulunya adalah toko sepatu dan kamera. Gedung ini kemudian sempat beralih fungsi menjadi kantor polisi hingga ormas. Kondisinya yang tak terurus akhirnya dipercantik menjadi sebuah museum digital yang menarik perhatian.

Koleksi Digital yang Menarik Perhatian Pengunjung

Serunya Wisata Edukatif di Museum Diorama Purwakarta

Koleksi digital yang canggih. Foto: purwakartakab.go.id

Museum Diorama Purwakarta diresmikan 21 Februari 2014 yang sejak saat itu menjadi salah satu tempat rekreasi favorit di Purwakarta. Selain karena akses masuknya tanpa dipungut biaya, sebagian besar koleksinya dalam bentuk digital sehingga lebih menarik perhatian pengunjung yang datang. Hal ini lebih memudahkan dan menyenangkan bagi anak-anak yang ingin belajar sejarah.

Memasuki bagian dalam Museum Diorama Purwakarta, pengunjung akan dibuat takjub dengan koleksi diorama digital yang menggunakan teknologi terkini. Meskipun sekilas terlihat sederhana, tapi begitu terasa kecanggihannya. Beberapa action figure juga terlihat menjadi salah satu koleksi pajangan di lemari kaca museum.

Serunya Wisata Edukatif di Museum Diorama Purwakarta

Foto: brilio.net

Salah satu koleksinya berupa buku raksasa yang ternyata nggak sembarangan. Ternyata itu adalah buku digital yang menampilkan gambar dan tulisan yang bisa diubah-ubah. Pengunjung yang datang juga akan dihibur dengan bioskop mini yang menceritakan sejarah Purwakarta hingga bersepeda onthel keliling gedung Museum Diorama Purwakarta.

Ruangan di dalam Museum Diorama Purwakarta sendiri dibagi menjadi sembilan area. Masing-masing memiliki tema koleksi cerita yang dapat menambah pengetahuan pengunjung tentang sejarah Sunda, terutama Purwakarta.

Museum Diorama Purwakarta bisa menjadi alternatif tempat wisata edukatif yang menyenangkan bagi keluarga. Yuk, segera jadwalkan perjalananmu ke sana!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com