Danau Kota

Hobi Berburu Foto Underwater, Jangan Lewatkan 2 Tempat di Klaten Ini


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sepanjang tahun 2015 ini sepertinya trend foto underwater menjadi primadona setiap orang. Hampir setiap orang memposting foto underwater-nya di sosial media. Sepertinya tahun 2016 trend masih belum berubah terbukti dengan masih banyaknya foto Underwater beredar di sosial media. Di Indonesia sendiri banyak sekali spot-spot wisata alam yang bisa Kita datangi untuk berburu foto underwater. Begitu juga di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Klaten terdapat 2 tempat yang tidak boleh Anda lewatkan.

  1. Umbul Ponggok

Tempat wisata yang satu ini sedang naik daun di kalangan para traveler. Terletak di Desa Ponggok Polanharjo Klaten Jawa Tengah. Meskipun tergolong tempat wisata baru akan tetapi tempat wisata yang diberi nama Umbul Ponggok ini sudah menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila Kita ke Klaten. Umbul Ponggok merupakan kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta. Tempat wisata yang bentuknya mirip kolam renang dengan ukuran 25×50 m ini sekilas nampak biasa saja. Sehingga pengunjung harus ‘nyemplung’ ke dalam kolam untuk menikmati indahnya kolam ini.

Tempat Wisata yang Sedang Hits di Klaten. Foto: www.catatanhariankeong.com

Tempat Wisata yang Sedang Hits di Klaten. Foto: catatanhariankeong.com

Kalau Kalian beranggapan kegiatan snorkeling hanya bisa dilakukan di laut maka Kalian salah besar. Karena Umbul Ponggok akan mematahkan anggapan Kalian. Kolam alami yang satu ini dapat dijadikan sebagai tempat snorkeling dan juga latihan diving bagi pemula. Suasana dalam kolam memang berbeda dari kolam pada umumnya yang biasanya berlantai keramik akan tetapi kolam yang satu ini berlantai pasir dan bebatuan seperti di laut. Ditambah lagi dengan berbagai macam jenis ikan air tawar yang menghiasi kolam. Pengunjung tidak usah khawatir dengan kehadiran ikan-ikan air tawar ini, karena ikan yang ada disini sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Selain itu, kualitas air kolam sangat jernih dan tidak amis dikarenakan air mengalir terus dari sumber alami. Suasana kolam yang mirip laut inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Berbagai Jenis Ikan yang Ada di Umbul Ponggok. Foto: www.isigood.com

Berbagai Jenis Ikan yang Ada di Umbul Ponggok. Foto: isigood.com

Untuk menuju lokasi umbul ini, Kalian dapat ikuti arah dari Yogyakarta menuju ke Klaten, Setelah melewati kota Klaten, di kanan jalan ada terminal Penggung. Terminal Penggung terdapat pada simpangan Traffic light menuju desa Ponggok, Kalian ambil jalan arah ke kiri lalu lurus terus ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil di sebelah kiri jalan. Dari pertigaan tersebut belok kanan, dan kembali mengikuti jalan dan sekitar 2 kilometer, kita akan menemukan Umbul Ponggok yang terdapat di pinggir jalan.

Umbul Ponggok  buka setiap hari mulai dari jam 07.00-17.00 WIB. Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000,-. Umbul Ponggok sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling lengkap. Harga sewa Masker/Snorkel : Rp 10000, Pelampung : Rp. 5000, Kaki Katak : Rp. 5000, kamera underwater setengah jam/satu jam= Rp 60.000/ Rp 100.000. Satu hal yang harus dilakukan di kolam yang memiliki kedalaman 1,5 – 2,6 m adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Selain itu, Kalian yang menginginkan pemotretan dengan konsep tertentu terutama foto prewedding Kalian bisa langsung menghubungi salah satu penyedia jasa disana yakni Rio Andika : 082-138-969-300 (SMS/TLF/WA) 5AD0ABA9 (BBM) atau Reza Baek : 085-647-394-012 (SMS/WA) 5D0BA2CE (BBM)

Foto Underwater dengan Berbagai Proterti yang Tidak Biasa. Foto: www.youtube.com

Foto Underwater dengan Berbagai Proterti yang Tidak Biasa. Foto: youtube.com

Tips melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, pengunjung disarankan datang pada hari Senin-Jumat jam 07.00-09.00 WIB atau jam 14.00-16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan Sabtu-Minggu untuk hasil yang memuaskan disarankan datang pukul 07.00-09.00 WIB. Pemotretan di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih bagus karena air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala. Selain itu pada siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.

 2. Umbul Manten

Tidak jauh dari lokasi Umbul Ponggok terdapat satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Berbeda karakteristik dengan Umbul Ponggok, Umbul Manten menawarkan tempat wisata yang lebih alami dan menyatu dengan alam. Umbul Manten berlokasi di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya memang tidak jauh dari Umbul Ponggok Klaten. Umbul Manten ini memiliki potensi wisata yang sama dengan Umbul Ponggok, namun Umbul Manten masih belum digarap dengan baik.

Jernihnya Air Kola Umbul Manten. Foto: www.forum.detik.com

Jernihnya Air Kola Umbul Manten. Foto: forum.detik.com

Keberadaan Umbul Manten sendiri menyimpan legenda rakyat yang beredar di masyarakat. Konon sebelum dinamakan Umbul Manten ada sepasang pengantin baru yang dilarang keluar rumah oleh orang tuanya menjelang Maghrib atau senja sebelum 40 hari menikah. Tidak diketahui dengan jelas apa alasannya, yang jelas sang pengantin diberikan wejangan demikian oleh kedua orang tuanya.

Namun pengantin baru tersebut tidak menuruti wejangan orang tuanya. Mereka berdua keluar rumah menjelang Maghrib. Sang suami berjalan lebih dahulu dibandingkan istrinya. Dan ketika mereka tiba di dekat pohon rindang tiba-tiba saat sang suami menoleh kebelakang, namun  istrinya lenyap. Begitu juga dalam pandangan si istri ketika melihat kedepan tiba-tiba suaminya lenyap dari pandangan matanya. Sampai kini tidak diketahui kemana sepasang pengantin itu menghilang. Kebetulan mereka hilang di dekat lokasi Umbul Manten, jadilah warga sekitar menamai sumber mata air itu sebagai Umbul Manten yang berarti mata air pengantin. Itulah asal usul mengapa sumber mata air tersebut dinamakan dengan nama Umbul Manten.

Pohon Ipik yang Berada di sekitar Kolam. Foto: mboelane.blogspot.co.id

Pohon Ipik yang Berada di sekitar Kolam. Foto: mboelane.blogspot.co.id

Umbul Manten ini memiliki ukuran kolam yang sangat kecil dan kedalaman air yang lebih sekitar 1,5 m kejernihan air Umbul Manten ini tidak dapat terbantahkan lagi. Pengunjung yang berenang bisa melihat dengan jelas dasar air. Di Umbul Manten ini jarang ditemui ikan berenang.Umbul Manten ini dikelilingi oleh pohon rindang yang sangat tinggi nan rimbun. Bentuknya mirip pohon Beringin namun masyarakat sekitar menyebutnya pohon Ipik.

Akses menuju Umbul Manten ini cukup mudah jika kalian dari arah Solo. Dari jalan Solo-Jogja, sebelum masuk pertigaan Pakis, Delanggu akan ada petunjuk menuju obyek wisata pemancingan ikan Janti. Telusuri hingga bertemu dengan papan obyek wisata Janti kembali di pertigaan. Ambil arah yang berlawanan dengan Obyek Janti (jangan ke kiri tapi ambil lurus terus). Perlahan saja karena Umbul Manten ada di sisi kiri. Bila masih bingung bisa bertanya pada penduduk sekitar.

Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000,- dan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,-. Di sekitar lokasi sudah tersedia pedagang yang menjajakan makanan. Akan tetapi, disini masih belum tersedia kamar mandi hanya tersedia tempat ganti ala kadarnya.

Sekedar mengingatkan, sebagai wisatawan yang baik sebaiknya Kita selalu memperhatikan masalah lingkungan dimanapun Kita berada terutama bila mengunjungi wisata alam. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya dan jadilah wisatawan yang bijak.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com