Inspirasi Pulau

Pura Uluwatu, Destinasi Wisata yang Kental dengan Eksotisme Bali

Bali menyimpan beragam daya tarik wisata yang membuat para wisatawan selalu sukses jatuh cinta. Jika ingin mengenal budaya tradisional yang lebih dekat di Pulau Dewata ini, jangan lewatkan mengunjungi Pura Uluwatu. Berada di ketinggian membuat pura ini menjadi obyek wisata dengan pemandangan yang begitu memikat. Berminat melihat daya tariknya lebih dekat?

Pura Uluwatu yang Menyimpan Eksotisme Tersendiri

Pura Uluwatu, Destinasi Wisata yang Kental dengan Eksotisme Bali

Keindahan yang eksotis dari atas tebing. Foto: indonesiaexplorer.net

Pura Uluwatu berada di kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Meskipun punya nama kecamatan Kuta, tapi letaknya nggak berdekatan dengan pantai Kuta, lho. Pura ini berada di ketinggian 97 m dari permukaan laut. Lokasinya yang berada di atas tebing menyuguhkan pemandangan Samudera Hindia di hadapan wisatawan.

Untuk menuju lokasi Pura Uluwatu, Anda akan melewati sebuah hutan di mana kera hidup dengan bebas di sana. Hutan ini juga menjadi daya tarik tersendiri sepanjang perjalanan menuju pura. Menurut kepercayaan masyarakat Hindu, hutan ini bertugas untuk menjaga kesucian tempat peribadatan tersebut.

Keberadaannya Menurut Kepercayaan Masyarakat Hindu

Pura Uluwatu, Destinasi Wisata yang Kental dengan Eksotisme Bali

Tebing yang eksotis. Foto: hipwee.com

Pura Uluwatu ini memiliki fungsi tersendiri jika merunut kepercayaan masyarakat Hindu. Lokasi ini menjadi sebuah pura Sad Kayangan yang dipercaya masyarakat sebagai penyangga 9 arah mata angin. Tempat ini pernah menjadi pemujaan pendeta suci bernama Empu Kuturan. Setelah itu, pura ini juga berkembang menjadi tempat pemujaan kepada Sang Hyang Nirartha.

Daya Tarik Lain di Pura Uluwatu

Pura Uluwatu, Destinasi Wisata yang Kental dengan Eksotisme Bali

Pertunjukan tari kecak yang jadi pemandangan menarik. Foto: trivindo.com

Tidak hanya menyuguhkan tempat peribadatan yang menarik, Pura Uluwatu juga menjadi salah satu spot terbaik menikmati sunset saat berlibur di Pulau Dewata. Nggak hanya itu saja, lokasi ini juga sering menjadi tempat pementasan tari kecak. Area di luar pura dimanfaatkan untuk membuat panggung yang lumayan besar. Inilah yang membuat pura tersebut sering diserbu oleh wisatawan yang memang ingin menyaksikan budaya tradisional Bali dari dekat. Jika ingin melihat pertunjukan tari di sini, Anda bisa datang membeli tiket mulai pukul 17.00. Sementara pementasannya sendiri dimulai pukul 18.15.

Pura Uluwatu yang menyimpan eksotisme tersendiri membuat lokasi ini layak menjadi tempat berlibur selama di Bali. Jangan lewatkan pesonanya, travelers!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com