Pantai

Pura Tirta Empul Bali, Pemandian Suci dengan Nuansa Budaya yang Magis





Sudah bukan rahasia lagi kalau Bali adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang menjadi tujuan utama para pelancong dari berbagai penjuru dunia. Ada banyak obyek wisata yang bisa dikulik untuk membuat liburan semakin lebih berkesan. Pulau ini seakan memiliki segalanya, mulai dari pantai cantik, bukit, kuliner yang menggugah selera, hingga kebudayaan yang bisa membuat siapapun jatuh cinta. Jika ingin merasakan sensasi wisata budaya yang kental, Pura Tirta Empul Bali bisa jadi rekomendasi yang layak dikunjungi.

Pura Tirta Empul Bali yang berada di kawasan Tampaksiring masuk dalam kategori situs bersejarah yang dapat dikunjungi di Pulau Dewata. Nuansa budaya yang kuat siap membuat para turis terlena menikmati pesonanya. Apa saja sih yang bisa dinikmati dari destinasi yang satu ini?

Perjalanan Menuju Tirta Empul Bali

Pura Tirta Empul Bali, Pemandian Suci Dengan Nuansa Budaya Yang Magis

Pura Tirta Empul Bali Foto: http://www.rentalmobilbali.net

Tempat ini terletak di desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, kabupaten Gianyar Bali. Pura Tirta Empul Bali ini berjarak sekitar 36 km dari Denpasar, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Kawasan ini sendiri tidak memiliki sarana transportasi umum yang memadai. Jadi, kalau ingin mengakses tempat ini, pengunjung bisa menggunakan taksi atau menyewa mobil.

Pemandian Suci di Pura Tirta Empul Bali

Pura Tirta Empul Bali, Pemandian Suci Dengan Nuansa Budaya Yang Magis

Pemandian Tirta Empul Bali Foto: http://travelling-bali.com

Bangunan Pura Tirta Empul Bali ini memiliki 3 bagian utama. Nista Mandala merupakan bagian terluar yang disebut juga Jabe Sisi. Sementara itu, Madya Mandala adalah bagian tengah yang diakses setelah Nista Mandala yang sering disebut Jabe Tengah. Yang terakhir adalah Utama Mandala, bagian tengah pura yang juga mendapat sebutan Jeroan.

Di bagian Madya Mandala inilah terdapat sebuah kolam persegi yang dikenal sebagai pemandian suci. Nama Tirta Empul sendiri memiliki makna air suci yang menyembur dari tanah. Dalam kolam tersebut, ada sekitar 30 pancuran yang berderet dari timur ke barat menghadap selatan. Pancuran di Tirta Empul ini memiliki keunikan karena berbentuk seperti cangkang keong.

Pengunjung diperbolehkan ikut menyucikan diri di pancuran ini, tapi ada syarat yang harus dilakukan. Pengunjung wajib menggunakan Kamen, yaitu sarana persembahan yang digunakan umat Hindu untuk memasuki pelataran pura. Kain ini diikatkan di pinggang sehingga bentuknya menyerupai rok panjang.

Kesegaran air yang keluar dari pancuran ini dijamin tak ada duanya, karena airnya keluar langsung dari sumber mata air dari tanah. Ada ritual khusus yang dilakukan para umat Hindu saat melakukan penyucian diri di tempat ini, termasuk berdoa untuk mengutarakan keinginannya. Wisatawan yang datang ke Pura Tirta Empul Bali juga sering meniru hal serupa.

Pesona Istana Tampaksiring

Pura Tirta Empul Bali, Pemandian Suci Dengan Nuansa Budaya Yang Magis

Istana Tampaksiring Foto: http://www.telusurindonesia.com

Masih dari lokasi wisata Pura Tirta Empul Bali, ada juga istana Tampaksiring yang bisa dikunjungi untuk membuat liburan makin menyenangkan. Istana ini dibangun oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno yang tujuannya sebagai tempat beristirahat beliau. Proses pembangunannya sendiri memakan waktu 3 tahun. Istana Tampaksiring sudah mengalami penambahan bangunan sejak 2003 untuk kepentingan KTT ASEAN Summit XIV.

Mengulik wisata sejarah dan budaya di Bali adalah salah satu kegiatan asyik yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pura Tirta Empul Bali. Saatnya bereskan barangmu dan ikutan penjelajahan budaya magis di sana!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com