Gunung Inspirasi

Puncak Suroloyo, Pertapaan Tertinggi yang Menyuguhkan Keindahan Yogyakarta

Liburan di Yogyakarta memang nggak pernah terasa membosankan. Kawasan ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa membuat liburan semakin menyenangkan. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Puncak Suroloyo yang menjadi lokasi pertapaan tertinggi di Yogyakarta. Apa saja sih daya tarik tempat yang satu ini?

Legenda yang Sudah Terkenal dari Masa Ke Masa

Puncak Suroloyo, Pertapaan Tertinggi yang Menyuguhkan Keindahan Yogyakarta

Puncak Suroloyo yang melegenda. Foto; telusurindonesia.com

Puncak Suroloyo ini sudah dikenal dengan legendanya dari masa ke masa. Menurut cerita, Sultan Agung Hanyokrokusumo pernah mendapat wangsit untuk melaksanakan tapa brata di salah satu perbukitan kawasan Menoreh ini. Nah, Puncak Suroloyo adalah lokasi yang dipercaya masyarakat sekitar. Hal ini juga didukung dengan adanya sebuah pendopo di bagian puncaknya yang dipercaya sebagai tempat sang sultan bertapa.

Jalur Menuju Puncak yang Menantang

Puncak Suroloyo, Pertapaan Tertinggi yang Menyuguhkan Keindahan Yogyakarta

Perjalanan menuju puncak yang menantang. Foto: wongit.blogspot.id

Untuk mencapai Puncak Suroloyo, pengunjung akan dihadapkan pada jalanan yang penuh kelokan tajam sampai tanjakan yang diapit jurang dan bukit. Pastinya memacu adrenalin karena pengunjung ditantang untuk tetap berhati-hati selama perjalanan. Ada juga anak tangga berjumlah sekitar 286 buah yang memiliki tingkat kemiringan yang cukup terjal. Perjuangannya dobel, karena medan yang sulit dan kamu pun tetap harus waspada agar selamat sampai puncak. Jika lelah, Anda bisa beristirahat dulu sebelum meneruskan perjalanan.

Panorama di Ketinggian Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo, Pertapaan Tertinggi yang Menyuguhkan Keindahan Yogyakarta

Panorama ketinggian yang memikat. Foto: kesiniaja.com

Begitu sampai di Puncak Suroloyo yang memiliki ketinggian 1017 mdpl ini, siapkan diri untuk disambut dengan kawasan kupu-kupu, capung, dan burung gereja yang ada di sana. Nah, begitu tiba di atas, kamu juga bisa melihat pendopo yang katanya menjadi tempat bertapa Sultan Agung Hanyokrokusumo selama berada di kawasan ini.

Lanskap yang ditampilkan juga nggak kalah menarik, yaitu puncak Candi Borobudur sampai empat gunung megah di Jawa Tengah. Mulai dari Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, dan Sumbing. Nggak lupa pemandangan Bukit Menoreh yang juga ikut menghiasi kanvas alam di Puncak Suroloyo.

Tiga gardu pandang di Puncak Suroloyo siap menjadi fasilitas pengunjung untuk menikmati cuaca di ketinggian. Selain itu, ada tiga lokasi pertapaan yang bisa ditemui wisatawan, yaitu Suroloyo, Sariloyo dan Kaedran yang penuh legenda. Tertarik mengunjungi lokasi ini? Sebaiknya datang di waktu matahari terbit hingga jam 10 pagi, karena Anda bisa mendapatkan view terbaik di sana. Selamat menantang diri menuju Puncak Suroloyo, travelers!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com