Gunung Landmark

Puncak B 29, Salah Satu Puncak di TNBTS

//

IMG_9625

Foto: Dok. trevelsia.com

Pernahkah kalian mendengar B 29? B 29 merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian 2900 mdpl. Bukit ini masih terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Dengan ketinggian 2900 mdpl inilah B 29 lebih tinggi dari Gunung Bromo.

Biasanya wisatawan yang memasuki kawasan TNBTS tujuan utamanya adalah Gunung Bromo dengan berbagai macam keindahannya. Bagi yang memiliki hobi mendaki gunung maka akan memilih Gunung Semeru. Akan tetapi, sekarang tidak hanya dua tempat tersebut yang bisa kalian datangi. Cobalah berkunjung ke B29. Letaknya pas di sebelah tenggara Gunung Bromo.

Berada di puncak B 29 maka kalian akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa. Dari puncak B 29 ini kalian dapat menikmati pemandangan alam berupa perkebunan sayur-sayuran milik warga sekitar. Bentuk perkebunan yang miring sesuai dengan kontur sawah memberikan pemandangan perkebunan yang luar biasa indah, apalagi jika mengunjungi B 29 tepat pada saat hijaunya tanaman sayur-sayuran ini. Dari atas bukit B 29 ini ini kalian akan leluasa melihat barisan kawasan TNBTS yakni gunung Bromo dengan lautan pasirnya yang terhampar luas dan juga Bukit Teletubbies. Pemandangan yang indah inilah bisa disebut sebagai lukisan alam yang indah.

IMG_9624

Foto: Dok. trevelsia.com

Biasanya kita melihat pemandangan luar biasa melalui gambar atau lukisan tapi dari puncak B 29 ini kalian akan langsung dapat menikmati lukisan alam ciptaan Tuhan. Pada saat sore menjelang puncak B 29 akan diselimuti kabut tebal sehingga pemandangan tidak terlalu jelas terlihat. Akan tetapi, kabut tebal yang menyelimuti ini akan memberikan sensasi seperti negeri di atas awan sesuai dengan julukannya.

 

Oh iya, Di puncak B 29 ini wisatawan juga boleh berkemah alias mendirikan tenda tapi tidak tersedia toilet umum. Toiletnya langsung menyatu dengan alam. Suhu di puncak B 29 tercatat 5-10 derajat celcius. Dari puncak B 29 ini kalian dapat menikmati sunrise yang tidak kalah indah dari penanjakan Bromo. Disini juga tersedia warung makanan dari pagi hingga sore hari tapi yang dijual berupa mie instan rebus dan goreng dan teh atau kopi panas.

Lalu bagaimana rute menuju puncak B 29? sudah tahu letak Kabupaten Lumajang, kan?  Kalau belum, lihat peta, google map atau apapun yang dapat membantu. Dari Kabupaten Lumajang silahkan arahkan kendaraan menuju Kecamatan Senduro. Perjalanan akan menempuh sekitar 40 km dari pusat kota Lumajang. Sebaiknya membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum menuju kawasan ini.

IMG_9623

Foto: Dok. trevelsia.com

Pastikan kendaraan yang dikendarai dalam kondisi prima karena perjalanan yang kalian tempuh cukup jauh dan cukup menantang berupa jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Dalam perjalanan menuju puncak B29 kalian akan melewati Pura Mandara Giri Semeru Agung. Konon katanya pura ini merupakan pura terbesar di Asia Tenggara. Silahkan mampir karena masuk pura ini gratis. Tetapi bagi kalian yang bukan beragama Hindu dilarang masuk ke tempat suci peribadatan ini.

Setelah melewati Pura ini perjalanan menuju puncak B 29 mulai terasa menanjak dan berkelok-kelok. Dari sini petunjuk arah menuju puncak B 29 juga terpampang jelas. Sesampainya di Desa Argosari, akan disambut meriah oleh para tukang ojek yang menawarkan jasanya. Tukang ojek ini rata-rata merupakan warga Desa Argosari. Mereka ramah dan siap mengantar kalian menuju puncak B 29 pulang pergi. Apabila kalian menggunakan jasa ojek ini silahkan tawar dulu harganya biasanya dari Rp 50.000,- sampai dengan Rp 100.000,-.

Kalian bisa menitipkan kendaraan pribadi di rumah warga dengan membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,-. Apabila kalian berniat untuk berjalan kaki dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan kondisi jalan menanjak. Menurut Saya lebih baik naik ojek karena sensasinya yang didapat luuuaarrr biasaaaaa…… Masuk Kawasan ini cukup membayar tiket masuk Rp 3.000,- per orang. Selamat berlibur…. dan tetap jaga lingkungan ya!



//

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com