Gunung Inspirasi

Plawangan, Tepian Bibir Surga Tepat di Bawah Puncak Rinjani

Bagi yang pernah mencapai puncak Rinjani pasti akan singgah di Plawangan. Ya, dataran tinggi yang terletak dibawah puncak Rinjani ini menjadi camp area bagi teman-teman pendaki untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Rinjani. Kurang lebih 8 jam dari desa Sembalun untuk mencapai dataran tinggi ini.

Entah kenapa namanya disebut Plawangan, beberapa kali googling hanya menemukan artikel tentang Candi Plawangan. Yang jelas, di Plawangan kalian seperti berada di tepian surga sebelum mendaki ke puncak surga yang sesungguhnya yakni puncak Rinjani. Plawangan biasanya dicapai menjelang malam apabila mulai mendaki sejak matahari terbit.

Screenshot (53)

Danau segara anak dapat dilihat dari Plawangan, via hikingrinjani.com

Mencapai Plawangan artinya harus melewati bukit penyesalan. Ya tujuh buah bukit yang kalau didaki seolah tak pernah ada habisnya. Bagi pendaki pemula bukit penyesalan ini menjadi salah satu ujian paling berat, karena medan pendakian yang terus nge-track ke atas. Pastinya menguras tenaga. Mencapai Plawangan artinya separuh perjalanan menuju puncak telah dilewati.

Di Plawangan dengan ketinggian 2600 MDPL ini, kalian seperti mencapai tepian bibir surga. Di Plawangan kalian akan disuguhkan dengan sunset yang indah, dipadukan dengan dengan deretan tenda para pendaki yang mengular. Kemudian ditambah dengan awan-awan putih yang berjalan beriringan. Sungguh menakjubkan Maha karya Tuhan.

Screenshot (52)

Mungkin inilah salah satu sunset paling indah di negeri ini, via hikingrinjani.com

Menjelang malam Plawangan seperti dijadikan bukti untuk para pendaki untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa. Keindahan senja menjelang malam, menjadi kado penutup mata bagi para pendaki sebelum terbangun di dini hari menuju puncak Rinjani.

Sampai jumpa Plawangan, semoga bisa kembali lagi

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com