Gunung Inspirasi Kota

Pesona Kawah Talaga Bodas Garut yang Memanjakan Mata




Mendengar nama Garut, pasti yang ada dalam pikiran adalah daerah yang terkenal dengan dodol khasnya. Penganan yang satu ini memang sudah melanglang buana ke berbagai penjuru nusantara. Garut adalah salah satu kabupaten di wilayah Jawa Barat. Diam-diam, kawasan ini punya tempat wisata alam indah yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Jangan lewatkan kunjungan ke Kawah Talaga Bodas Garut, karena tempat ini memiliki sejuta pesona yang memikat hati.

Obyek Wisata Favorit Di Garut

Pesona Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memanjakan Mata

Obyek wisata favorit saat liburan di Garut Foto: travel.kompas.com

Kawah Talaga Bodas Garut ini adalah salah satu obyek wisata favorit yang menjadi magnet para wisatawan saat berkunjung ke Garut. Lokasinya berada di Desa Sukamendak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut Jawa Barat. Kawah ini punya ketinggian 1.512 mdpl dan masih menjadi bagian dari Gunung Talaga Bodas. Gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 2.201 mdpl dengan kontur lahan berbukit dengan kemiringan yang cukup curam.

Bagaimana Caranya Ke Sana?

Pesona Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memanjakan Mata

Area sekitar Kawah Talaga Bodas Foto: www.tempatwisataid.com

Akses menuju Talaga Bodas Garut bisa dilalui dengan angkutan umum atau membawa kendaraan sendiri. Dari arah Wanaraja, jalannya sendiri masih cukup bagus dan mulus. Tapi, sekitar 2 km dari sana Anda akan mulai menemui jalanan yang rusak dengan batu besar dan lubang di mana-mana. Akan sangat melelahkan jika membawa kendaraan sendiri jika tidak terbiasa menempuh jalanan yang rusak seperti ini.

Naik ojek pangkalan menuju kawasan Kawah Talaga Bodas Garut bisa menjadi alternatif. Jalan yang sempit juga membuat kesulitan tersendiri bagi yang membawa mobil pribadi. Jika memutuskan untuk naik ojek, sebaiknya melakukan tawar-menawar harga terlebih dahulu. Nah, setelah itu Anda akan diantar menuju lokasi kawah tersebut. Tapi, ojek hanya sampai pintu masuk saja karena ada palang yang melarang kendaraan masuk. Kalau pun bawa kendaraan sendiri, Anda harus memarkirnya di sekitar lokasi pos.

Pesona Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memanjakan Mata

Ojek pangkalan siap mengantar ke Kawah Talaga Bodas Foto: www.nativeindonesia.com

Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan trekking sejauh 500 m. Buat yang malas jalan kaki, bisa menggunakan jasa ojek setempat yang dikelola warga. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi Kawah Talaga Bodas Garut, Anda akan melalui jalan setapak dengan padang ilalang di sisinya. Bagi yang jalan kaki, tentu bisa memiliki kesempatan buat mengabadikannya dalam foto.

Ada Apa Di Kawah Talaga Bodas Garut?

Begitu sampai di lokasi, Anda akan mulai dimanjakan oleh panorama kawah yang memiliki air berwarna putih kehijauan. Sekilas, kawah ini tampak seperti Kawah Putih Ciwidey di Bandung. Kawah ini mengandung belerang, tapi aromanya tidak menyengat seperti kawah di Ciwidey. Anda bisa menikmati panorama alam indah dengan latar belakang pegunungan. Udaranya yang segar terasa pas untuk menikmati weekend.

Pesona Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memanjakan Mata

Lokasi pemandian di Kawah Talaga Bodas Foto: wisatadigarut.com

Tidak jauh dari lokasi Kawah Talaga Bodas Garut, ada pemandian yang bisa digunakan untuk berendam pengunjung. Airnya berwarna hijau susu, sama seperti yang ditemui di area kawah. Penduduk setempat percaya kalau berendam di air belerang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tertarik mencoba?

Menghabiskan akhir pekan di Garut bisa digunakan untuk mengeksplorasi keindahan alamnya. Selamat jalan-jalan!




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com