Inspirasi Tips Traveling

Pelajari Teknik Membuat Api Unggun yang Aman Saat Mendaki

Membuat api unggun saat mendaki memang sudah jadi hal yang wajar dilakukan. Bukan tanpa alasan sebenarnya, api unggun bisa membantu menghangatkan pendaki sekaligus membuat mengusir binatang buas dari sekitar tenda. Tapi, penting juga mempelajari teknik membuat api unggun yang aman terlebih dulu supaya nggak menimbulkan kebakaran hutan. Saatnya tingkatkan wawasan kamu di sini, yuk!

Teknik Panci Api

Pelajari Teknik Membuat Api Unggun yang Aman Saat Mendaki

Teknik panci api. Foto: deyusuf06.blogspot.co.id

Salah satu teknik membuat api unggun yang aman saat mendaki adalah fire pan alias panci api. Cara membuatnya mudah, tapi pastikan Anda membawa panci saat mendaki. Tak perlu yang terlalu besar, cukup yang berdiameter 40 sampai 50 cm sudah bisa membuat api unggun yang menghangatkan rombongan.

Teknik membuat api unggun yang aman dengan fire pan ini diawali dengan menyiapkan kayu dan tata menjadi piramida di dalam panci. Setelah itu, nyalakan api dan pastikan supaya kayu yang terbakar tidak keluar dari panci. Hal ini buat mencegah kebakaran yang bisa terjadi.

Teknik Gundukan Api

Pelajari Teknik Membuat Api Unggun yang Aman Saat Mendaki

Teknik gundukan api. Foto: hendriagustin.com

Teknik membuat api unggun yang aman ini cukup sering digunakan pendaki karena cara membuatnya cukup mudah. Untuk membuat teknik gundukan api, ikuti beberapa langkah praktis ini. Siapkan karung bekas, plastik besar atau lembaran aluminium foil yang akan berfungsi sebagai alas.

Setelah itu, kumpulkan tanah, kerikil atau pasir di atas alas. Tanah yang dipakai sebaiknya jangan berasal dari proses menggali, tapi dari gundukan tanah yang sudah ada. Susun tanah di atas alas hingga merata. Semakin tebal, maka semakin baik untuk membuat api unggun yang aman. Jika sudah selesai, tata kayu bakar di atas seperti biasa dan nyalakan api.

Kalau menggunakan teknik membuat api unggun yang aman ini, pastikan bara api nggak tersebar ke mana-mana buat mencegah kebakaran. Jika sudah selesai, jangan lupa bereskan kembali peralatan yang digunakan. Jangan meninggalkan sampah di gunung, ya.

Teknik Lingkaran Api

Pelajari Teknik Membuat Api Unggun yang Aman Saat Mendaki

Teknik lingkaran api. Foto: phinemo.com

Teknik membuat api unggun yang aman selanjutnya adalah dengan membuat lingkaran api atau fire ring. Caranya yang simpel membuat teknik ini jadi salah satu yang sering dipakai pendaki. Buat lubang terlebih dulu yang diameternya bisa disesuaikan dengan seberapa besar api yang akan dibuat. Setelah itu tumpuk kayu bakar yang sudah disediakan di dalam lubang api dan nyalakan. Tapi, pastikan lokasi api unggun ini jauh dari pohon supaya nggak menimbulkan kebakaran.

Itu tadi beberapa teknik membuat api unggun yang aman selama mendaki gunung. Saatnya jadi pendaki bijak yang peduli dengan kelestarian alam, ya!

Feature image: pengutik.wordpress.com

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com