Inspirasi Kota

Papermoon Puppet Theatre, Alternatif Wisata Edukatif Di Yogyakarta





Banyak tempat wisata baru di Yogyakarta yang populer belakangan ini. Kekuatan media massa dan kehadiran media sosial memang banyak membantu promosi tempat wisata baru sehingga cepat terkenal secara viral. Apalagi sejak film ADA APA DENGAN CINTA 2 yang sebagian syutingnya mengambil lokasi di Yogyakarta membuat perkembangan wisata di daerah ini jadi makin meningkat. Salah satu lokasi yang bisa menjadi alternatif tujuan Anda adalah Papermoon Puppet Theatre yang terletak di Bantul. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi selama di Yogyakarta, lho.

Berawal Dari Sanggar Anak-Anak

Papermoon Puppet Theatre, Alternatif Wisata Edukatif Di Yogyakarta

Teater yang berawal dari sanggar anak-anak. Foto: papermoonpuppet.com

Papermoon Puppet Theatre awalnya adalah sebuah sanggar anak-anak yang dibangun pada tahun 2016. Selain menjadi tempat pertunjukan, sanggar ini juga memiliki perpustakaan kecil yang bisa digunakan anak-anak untuk membaca buku. Pendirinya adalah Maria Tri Sulistyani, atau yang biasa dipanggil Ria. Tujuan dibangun sanggar ini adalah agar anak-anak Indonesia tak hanya pandai meniru saja, tapi juga bisa bereksperimen dengan hal baru.

Karya Yang Keliling Dunia

Papermoon Puppet Theatre, Alternatif Wisata Edukatif Di Yogyakarta

Pappermoon Puppet sudah melakukan pementasan di berbagai negara. Foto: papermoonpuppet.com

Pertunjukan boneka tanpa suara yang diusung oleh Papermoon Puppet Theatre Yogyakarta ini ternyata sudah melanglang hingga ke berbagai penjuru dunia. Jerman, Singapura, dan Thailand adalah beberapa negara yang pernah disinggahi pementasan teater ini. Meskipun produk lokal, tapi teater ini jarang mengadakan pertunjukan di Indonesia. Bagi yang ingin menonton pertunjukan Papermoon Puppet Theatre ini, Anda bisa menyaksikannya di studionya langsung. Ada beberapa karyanya yang mendapat sambutan baik di masyarakat, antara lain LAKI-LAKI LAUT dan SECANGKIR KOPI PLAYA yang populer lewat film ADA APA DENGAN CINTA 2.

Melihat Studio Papermoon Puppet Theatre

Memasuki studio Papermoon Puppet Theatre, pengunjung akan langsung disambut oleh berbagai properti yang digunakan untuk keperluan pertunjukan. Ada beberapa boneka yang dipajang di dinding, termasuk karakter yang digunakan dalam SECANGKIR KOPI PLAYA yang jadi favorit pengunjung untuk jadi obyek foto maupun selfie. Properti lain yang bernilai artistik juga dipajang dalam ruangan ini. Bangunan Rumah Papermoon ini memiliki jendela yang besar sehingga kesan sejuk tetap terasa saat di luar ruangan.

Papermoon Puppet Theatre, Alternatif Wisata Edukatif Di Yogyakarta

Studio Pappermoon Puppet Theatre di Yogyakarta. Foto: ardiankusuma.com

Memasuki lantai dua Papermoon Puppet Theatre, ruangannya tidak seluas di lantai satu. Tempat ini kadang dijadikan lokasi workshop untuk anak-anak dalam membuat karya seni, misalnya saja membuat kesenian dari media kertas karton. Semua boneka yang digunakan untuk pertunjukan memang hasil karya sendiri. Jadi, penting sekali mengajari anak-anak membuat karya seni di sana.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda sebaiknya mengirimkan email ke papermoonpuppet@gmail.com terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena tidak setiap hari anggota teater ada di tempat, sehingga sering juga rumah tersebut kosong. Jika mengirimkan email kunjungan, kesempatan untuk bertemu anggota lengkapnya akan lebih besar.

Papermoon Puppet Theatre dapat menjadi alternatif wisata edukasi yang layak dikunjungi di Yogakarta. Tertarik mengunjungi lokasi ini dari dekat?



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com