Pantai

Pantai Tikus, Pesona Pantai Perawan yang Menakjubkan di Bangka

Masyarakat Indonesia boleh berbangga karena banyak kawasan di negara ini yang memiliki potensi wisata beraneka ragam. Misalnya saja wilayah pulau-pulau yang menyajikan bentang alam menarik, seperti bukit atau pun kawasan pantai. Misalnya saja sebuah pantai di Pulau Bangka yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dijelajahi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Saatnya merasakan sensasi menaklukan Pantai Tikus yang masih perawan di Bangka, yuk!

Asal Muasal Nama Pantai Tikus

Pantai Tikus, Pesona Pantai Perawan yang Menakjubkan di Bangka

Asal muasal disebut pulau Tikus. Foto: initempatwisata.com

Pantai Tikus berada di sebelah timur kota Sungailiat, Bangka. Kalau ditempuh dari pusat kota, waktu perjalanan sekitar 15 menit. Sementara itu jika pengunjung berangkat dari Pangkal Pinang, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Pantai ini sendiri disebut sebagai pantai panjang karena bentuknya yang panjang jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Sungailiat Bangka. Nah, disebut Pantai Tikus sendiri karena ada sebuah jalan setapak atau yang disebut juga jalan tikus saat menuju pantai. Menurut cerita, jalan setapak ini dulunya digunakan penambang timah ke sisi pantai, sehingga jumlahnya cukup banyak di sekitar lokasi tersebut.

Pantai Tikus sendiri menyajikan pemandangan air laut jernih kebiruan yang begitu memikat mata. Di sekelilingnya terdapat pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai yang bisa digunakan untuk bersantai saat sudah lelah bermain air laut. Pantai ini masih tergolong pantai perawan yang belum banyak dikunjungi. Tapi, sejak berkembangnya era media sosial, namanya sendiri sudah mulai di kenal banyak orang sehingga pengunjung yang datang mulai bertambah.

Sebuah Pagoda Menjadi Daya Tarik di Sekitar Lokasi

Pantai Tikus, Pesona Pantai Perawan yang Menakjubkan di Bangka

Pagoda di sekitar pantai. Foto: nesia.id

Selain bisa menikmati keindahan pantai, wisatawan juga bisa mengunjungi kuil atau pagoda yang tak jauh dari lokasi pantai. Bangunan yang terbuat dari granit ini berdiri kokoh di atas bukit Pantai Tikus yang menambah pesona keindahannya. Setelah puas bermain di pantai, pengunjung bisa datang menyaksikan pagoda tersebut. Tak hanya itu, ada juga patung tikus emas yang baru saja didirikan di sekitar lokasi, lho. Patung ini sering menjadi obyek favorit pengunjung untuk berfoto karena menjadi ikon khas lokasi tersebut.

Sudah mulai terpesona dengan keindahan Pantai Tikus ini, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com