Pantai

Pantai Bama, Pantai Tersembunyi di Taman Nasional Baluran

IMG_4547

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional dengan tipologi yang beragam. Taman nasional ini terdiri atas lautan dan daratan yang saling berkolaborasi untuk menghadirkan pesona alam yang luar biasa cantik. Taman Nasional Baluran terletak di kawasan Banyuwangi dan Situbondo. Taman Nasional Baluran terkenal sebagai Afrika-nya Indonesia. Ini dikarenakan disana terdapat Savana Bekol yang suasananya mirip alam liar ala Afrika. Akan tetapi, bukan hanya itu, disana juga terdapat pantai yang cantik, yakni Pantai Bama.

IMG_4466

Monyet Pantai Bama

Untuk sampai di lokasi pantai ini, pengunjung harus melewati gerbang masuk Taman Nasional baluran yang berada di jalan Situbondo-Banyuwangi km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.  Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama berjarak 15 km. Tarif ,masuk kawasan Taman Nasional Baluran dikenakan biaya Rp 5000,- per orang untuk hari biasa dan Rp 7.500,- per orang pada hari libur. Sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 150.000,- per orang pada hari biasa dan Rp 225.000,- per orang pada hari libur.

Selama perjalanan dari gerbang menuju pantai pengunjung akan menikmati keunikan taman nasional berupa pemandangan rimba khas taman nasional. Atraksi menarik yang dapat disaksikan adalah asi bebrapa hewan seperti banteng, kasuari, rusa, kijang, bebrapa jenis burung, dan tentu saja tak ketinggalan penghuni setia yakni monyet. Seetelah menempuh perjalanan 9km, pengunjung akan disambut oleh Savana Bekol yang merupakan Afrika ala Indonesia. Pemandangan yang terhampar sungguh indah sekali pemandangannya.

images (8)

Snorkeling Pantai Bama

Tiba di lokasi pantai, pengunjung akan disambut dengan kawanan kera abu-abu ekor panjang. Pantai Bama, selain
dikenal sebagai pantai dengan air jernih dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar.. Jika beruntung maka pengunjung akan dapat melihat hewan-hewan liar secara langsung seperti biawak, lutung serta berbagai macama jenis burung (tapi tidak untuk berburu lho ya). Bagi pengunjung yang membawa logistik harap berhati-hati karena kera-kera liar yang ada disini siap untuk menyerobot berbagai makanan saat kita lengah (Ini mungkin terjadi karena si kera kelaparan atau pingin nyobain makanan manusia itu apa sich. :D).

Bagi pecinta snorkeling jangan khawatir Pantai Bama memiliki spot bagus untuk dinikmati (siap-siap ketemu si Nemo). Biaya sewa alat snorkeling seperti kacamata, sepatu katak, dan live vest jacket sebesar Rp 45.000,- untuk 2 jam.  Tapi tenang saja bagi yang bukan pecinta snorkeling masih bisa menikamti pantai Bama dengan cara lain. Pengunjung bisa menikmati Mangrove Trail  yaitu area (dermaga) yang dibangun khusus di antara ekosistem mangrove untuk menikmati keindahan laut dan padang mangrove di sana. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat
melihat aksi kawanan  monyet yang bergelantungan di dahan pohon mangrove, kawanan lutung yang bersantai, atau beberapa spesies burung yang cantik. Ujung jembatan pandang yang teduh juga kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.
Pantai Bama  ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga cottage yang bisa digunakan untuk menginap dengan pemandangan pantai di depannya. Bagi yang ingin berkeliling lingkungan pantai, tersedia fasilitas kano yang bisa digunakan dengan membayar sejumlah tertentu.

Sampai disini dulu ceritanya. Buat teman-teman yang suka travelling pastikan Pantai Bama masuk dalam list ya. Jangan lupa nantikan cerita selanjutnya.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com