Air Terjun Danau

Nggak Cuma Tahu, ini dia 5 Wisata Alam Indah di Sumedang

//

Sumedang yang biasa terkenal dengan tahunya ternyata menyimpan banyak wisata alam lho! Foto : aiwiwin.blogspot.com

Sumedang yang biasa terkenal dengan tahunya ternyata menyimpan banyak wisata alam lho! Foto : aiwiwin.blogspot.com

Jika mendengar kata Sumedang, yang langsung muncul di benak kita adalah tahu mungil dengan rasa yang khas dan paling enak disantap dengan cabe rawit. Eits, tapi tunggu dulu. Sumedang ternyata nggak sesederhana itu lho. Salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan beberapa wisata alam berupa situ dan waduk yang nggak kalah indahnya dengan wisata-wisata alam yang sedang hits saat ini. Mau tau? Yuk simak,

  1. Menikmati Jernihnya Situ Biru Cilembang
Ingin lihat air berwarna biru? Nggak perlu jauh-jauh ke laut, di Situ Biru Cilembang juga ada. Foto : coretansumedang.blogspot.com

Ingin lihat air berwarna biru? Nggak perlu jauh-jauh ke laut, di Situ Biru Cilembang juga ada. Foto : coretansumedang.blogspot.com

Meski pesonanya tak seindah Labuan Cermin di Kalimantan, namun situ tersembunyi ini cukup memanjakan mata dengan pemandangan dan air jernihnya yang menawan. Situ Biru Cilembang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua. Karena Situ Biru Cilembang merupakan sumber untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar, maka pengunjung dilarang berenang di situ ini. Kamu bisa menikmati kesegaran air dari tepian situ. Kalau mampir ke tempat ini jangan lupa basuh wajahmu dengan air situ ya, karena konon katanya  air Situ Biru Cilembang ini bisa bikin awet muda. Percaya nggak percaya, yuk cus deh dicoba aja.

  1. Rasakan Kesegaran Air dari Mata Air Pegunungan di Curug Narimbang
Air yang bersumber dari pegunungan membuat Curug Narimbang memiliki kesegaran tiada tara. Foto : ngadem.com

Air yang bersumber dari pegunungan membuat Curug Narimbang memiliki kesegaran tiada tara. Foto : ngadem.com

Ingin bermain air dan berenang sepuasnya di dalam air segar yang berasal dari mata air pegunungan? Maka kamu wajib datang ke Curug Narimbang. Curug ini terletak di Desa Narimbang tepat di bawah kaki Gunung Tampomas Sumedang. Sumber air Curug ini tentu saja dari mengalir dari Gunung Tampomas. Jadi bisa kebayang kan gimana segarnya berendam disini? Untuk dapat sampai kesini kamu cukup menempuh perjalanan sekitar 30 sampai 45 menit dari pusat kota Sumedang.

  1. Mendaki Menuju Curug Ciputrawangi.
Rasa lelahmu mendaki menuju Curug Ciputra Wangi akan segera terbayar setelah melihat indahnya pemandangan dan segarnya air yang mengalir. Foto : ncandra.wordpress.com

Rasa lelahmu mendaki menuju Curug Ciputra Wangi akan segera terbayar setelah melihat indahnya pemandangan dan segarnya air yang mengalir. Foto : ncandra.wordpress.com

Karena terletak di dalam area taman wisata alam gunung Tampomas, untuk sampai ke curug ini kamu harus menuju wilayah pos pendakian Gunung Tampomas dan melalui jalur pendakian. Meski harus melewati jalur yang naik turun selama kurang lebih 45 menit dengan berjalan kaki tapi pemandangan indah curug yang berlokasi di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang ini akan segera mengobati rasa lelahmu setelah kamu sampai disana. Kabar baiknya, nggak ada tarif untuk masuk ke curug ini jadi kamu cukup bayar biaya parkir saja. Tidak disarankan untuk datang ke curug ini di saat musim hujan karena jalan setapak akan sangat licin dan berbahaya. Kalo punya pasangan mah ada yang pegangin, nah kalo jomblo!

  1. Camping Asik di Curug Sabuk
Nikmati suasana malam dengan camping di Curug Sabuk. Foto : www.travelingnekad.com

Nikmati suasana malam dengan camping di Curug Sabuk. Foto : www.travelingnekad.com

Buat kamu yang suka camping asik bareng teman sejawat, berkunjung ke Curug Sabuk akan jadi pilihan yang tepat. Curug ini terletak di kawasan Gunung Kareumbi atau sekitar Taman Buru Gunung Masigit. Jalur menuju ke curug ini terbilang cukup terjal karena itu pengunjung diharap berhati-hati dan siapkan stamina yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Untuk dapat masuk ke curug ini kamu cukup membayar Rp 3.000,- saja. Dengan lokasi yang cukup luas, sangat memungkinkan pengunjung untuk melakukan camping. Hawa yang sejuk, damainya suasana malam hari, kehangatan berkumpul dengan teman sejawat dan diiringi suara gemericik air terjun di Curug Sabuk, nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan?

  1. Cuci Mata di Curug Gorobog
Lepaskan penatmu dengan bermain air di Curug Gorobog. Foto : gw08087kb.blogspot.com

Lepaskan penatmu dengan bermain air di Curug Gorobog. Foto : gw08087kb.blogspot.com

Untuk kamu yang ingin bermain ke curug tapi nggak mau melewati perjalanan panjang nan terjal, Curug Gorobog menjadi destinasi tepat buat kamu. Dengan jarak sekitar 15 km dari kota Sumedang kamu cukup menempuh perjalanan selama 30-45 menit untuk sampai di sana. Curug ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti shelter atau saung yang cocok dijadikan tempat nongkrong bareng sambil menikmati pemandangan, warung makan yang menjamin kamu tidak akan kelaparan selama bermain di Curug Gorobog, dan musholla. Cukup membayar Rp 2.500,- saja kamu sudah bisa menikmati kesegaran air di Curug Gorobog ini.



//

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com