Kota Museum

Napak Tilas Kebudayaan Jawa di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta





Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki nuansa budaya tradisional yang kental. Tak heran jika kota ini menjadi salah satu jujugan wisata favorit para turis dari mancanegara. Ada banyak obyek wisata budaya yang dapat ditemui di Kota Gudeg tersebut. Salah satunya adalah museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang terletak di kawasan Kaliurang. Intip apa saja yang ada di dalamnya, yuk!

Dinobatkan Sebagai Museum Terbaik di Indonesia

Napak Tilas Kebudayaan Jawa di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Salah satu museum terbaik di Indonesia. Foto: panduanwisatajogja.com

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta ini sukses mendapatkan predikat sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia versi situs Trip Advisor. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia sendiri mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan tempat yang sudah dibangun sejak 1997 lalu. Bangunan ini dikelola oleh Yayasan Ulating Blencong yang menempati bangunan di kawasan Kaliurang. Jarak daerah itu sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta, atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit.



Menjelajahi Budaya Jawa Bersama Tour Guide

Napak Tilas Kebudayaan Jawa di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Koleksi seni dan budaya Jawa. Foto: liburanjogja.co.id

Koleksi yang bisa ditemui di tempat ini adalah keragaman budaya Jawa yang bisa membuat pengunjung terpana. Saat menjelajah di dalam Museum Ullen Sentalu Yogyakarta, pengunjung akan didampingi oleh tour guide. Mereka akan membawa Anda masuk lebih jauh sambil menceritakan koleksi yang ada di sana. Hal ini justru membuak kunjungan di museum semakin interaktif dan nggak membosankan. Anda juga bisa bertanya tentang hal apa saja terkait koleksi di museum untuk memuaskan rasa penasaran.

Misalnya, selain bisa mengetahui koleksi aneka macam batik khas Jawa, pengunjung juga akan mendapatkan edukasi tentang filosofi di balik coraknya. Atau contoh lain, Anda akan diperkenalkan dengan berbagai macam pakaian pengantin khas Jawa yang elegan. Bagaimana, terdengar seru, kan?

Arsitektur Unik di Museum Ullen Sentalu

Napak Tilas Kebudayaan Jawa di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Konsep arsitektural yang unik. Foto: nationalgeographic,co.id

Selain menawarkan pengetahuan tentang budaya Jawa yang kental, Museum Ullen Sentalu Yogyakarta ini juga memiliki daya tarik pada arsitektur bangunannya. Gedung ini didominasi oleh material batu dengan mengombinasikan budaya Jawa serta arsitektur era kolonial. Anda akan menemui penataan ruang berliku-liku yang ternyata ada filosofinya tersendiri, lho. Jadi, konsep ini memang sengaja dibuat untuk menggambarkan kehidupan manusia yang memang nggak selamanya mulus.

Mengunjungi Museum Ullen Sentalu Yogyakarta bisa menjadi referensi wisata budaya baru saat mengunjungi Kota Gudeg ini. Berminat mengunjungi ke sana, Picmixers?



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com