Tips Traveling

Naik Pesawat Terbang Pertama Kali dan Itu Sendirian, Kalian Harus Baca Ini

  1. Beli Tiket Dulu
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Tiket maskapai penerbangan. Foto: tikethero.com

    Ini adalah langkah paling awal ketika kalian hendak menggunakan jasa penerbangan udara. Perlu diperhatikan sewaktu kalian beli tiket pesawat, kalian akan dituntun untuk mengisi form identitas sesuai dengan identitas kita yang masih berlaku. Umumnya ini diisi sesuai dengan yang ada di KTP atau SIM. Pastikan bahwa yang kalian masukan itu sama dengan yang ada di kartu identitas kalian yang masih berlaku. Bila tidak, maka akibatnya bisa fatal, identitas kalian tidak bisa match dengan data base calon penumpang nantinya ketika check-in. Akibatnya kalian akan gagal terbang hanya karena alasan identitas.

  2. Datang ke Bandara Minimal Satu Jam Sebelum Jadwal Keberangkatan
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Antrian di bandara yang kadang menyebalkan. Foto: jurnalsia.com

    Setelah tiket sudah di tangan. Datanglah ke bandara minimal satu jam sebelum jadwal keberangkatan. Datang lebih dari satu jam sebelum keberangkatan, itu jauh lebih baik. Ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak perlu terjadi, seperti antrian di security check, antrian check-in  dan lain sebagainya. Dan juga agar lebih santai dalam mempersiapkan proses penerbangan.

  3. Jangan Sampai Kartu Identitas Tidak Dibawa saat Check-in
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Proses check-in. Foto: dennyrezakamarullah.wordpress.com

    Ini sangat penting, bila identitas yang kalian pakai untuk pembelian tiket ketinggalan atau mungkin hilang, maka bisa dipastikan kalian tidak bisa terbang. Maka dari itu berangkat ke bandara lebih awal akan sangat membantu jika sampai kejadian seperti ini terjadi.

  4. Jangan Bawa Barang Berbahaya agar Penerbangan Kalian Tidak Repot
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Barang bawaan. Foto: ghamdan.wordpress.com

    Bagi first-timer, penting untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang dibawa dalam penerbangan. Seperti benda tajam, benda yang punya sifat explosif, dan lain sebagainya. Karena petugas bandara tidak akan membiarkan hal seperti itu masuk dengan mudah ke pesawat. Bisa dibayangkan kan bukan, kalian akan berurusan dengan petugas bandara. Pastinya ini akan menyita waktu.

  5. Nunggu Pesawat di Ruang Tunggu
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Duduk santai saja di ruang tunggu. Foto: ceritasondha.wordpress.com

    Nah, setelah selesai melakukan proses check-in kemudian akan melewati pintu pemeriksaan x-ray sebelum memasuki ruang tunggu. Nah, di ruang tunggu ini kalian bisa duduk santai sambil nunggu pengumuman kalau pesawat kalian segera melakukan boarding.

  6. Boarding ke Pesawat 
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Boarding melewati garbarata ini. Foto: augustaracin. wordpress.com

    Nunggu di ruang tunggu kemudian setelah itu ada pengumuman dari petugas bandara kalau pesawat segera melakukan boarding. Ya, boarding adalah proses naik ke pesawat. Disini biasanya kalian akan dipandu oleh ground staff maskapai penerbangan. Jadi tidak perlu khawatir kebingungan.

  7. Bingung Nomor Kursi Penerbangan, Tanya Saja Pada Pramugari
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Jika ada yang ditanyakan, jangan ragu tanya ke pramugari-pramugari cantik ini. Foto: fansshare.com

    Bagi kalian yang mungkin bingung dengan nomor kursi penerbangan kalian. Jangan sungkan untuk tanya ke crew penerbangan. Toh, mereka hadir juga untuk melayani kalian.

  8. Duduk Santai, Ikuti Instruksi Crew Penerbangan, dan Berdoa
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Para pramugari cantik ini akan melayani kalian dengan sepenuh hati. Foto: beritadaerah.co.id

    Setelah kalian mendapatkan kursi penerbangan kalian. Maka, tinggal duduk santai dan ikuti setiap instruksi penerbangan. Tidak perlu ada yang di khawatirkan. Karena semuanya akan baik-baik saja. Jangan lupa berdoa agar penerbangan berjalan lancar.

  9. Landing, Ikuti Saja Penumpang Lain, Kalau Bingung Tanya Saja ke Crew Penerbangan
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Saat landing, duduk dengan tenang. Foto: youtube.com

    Nah, setelah landing. Tidak perlu khawatir selanjutnya kemana. Tinggal ikuti saja instruksi crew penerbangan dan ikuti penumpang lain yang menuju pintu keluar. Bagi kalian yang hendak mengambil tas di tempat pengambilan bagasi, kalian bisa tanya ke ground staff di bandara. Saat kalian keluar dari garbarata kalian akan banyak menemui ground staff yang siap membantu kalian. Tidak perlu sungkan untuk bertanya, bilang saja kalau ini penerbangan pertama maka mereka dengan senang hati akan memandu kalian.

  10. Naik Taxi, Bus Damri, atau Mungkin bisa Minta Jemput Keluarga atau Teman di Bandara
    Naik pesawat terbang pertama kali

    Pool taxi bandara. Foto: surabayaterkini.wordpress.com

    Sesampainya ke pintu luar bandara. Kalian bisa memilih kendaraan mana yang mau kalian gunakan. Ada bus Damri, Taxi, atau mungkin minta jemput keluarga atau teman. Biasanya banyak para sopir angkutan umum disini merayu calon penumpang untuk menggunakan jasa mereka, untuk meminimalisir kekhawatiran kalian. Kalian bisa bertanya ke para pertugas bandara saja yah.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com