Air Terjun

Mitos di Balik Indahnya Air Terjun Nglirip

Air Terjun Ngelirip

Matap kan Air Terjuannya via nahlbee.blogspot.co.id

Siapa yang bilang Kabupaten Tuban tidak memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi? Tempat wisata yang satu ini mungkin belum banyak didengar oleh orang-orang dari luar Tuban, tapi ini bisa jadi alasan mengapa kalian perlu jalan-jalan ke Tuban. Perkenalkanlah salah satu tempat wisata yang terkenal dan sarat akan mitos yaitu Air Terjun Nglirip. Air Terjun Nglirip merupakan tempat wisata air terjun yang terletak di Dusun Jojogan, Desa MulyoAgung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 37 km dari pusat kota Tuban kearah barat daya.

Selain indah air terjun ini juga menyimpan mitos-mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Mitos pertama yang terkenal adalah bagi Anda yang sedang jomblo, single, atau apa saja istilahnya yang intinya tidak memiliki pasangan apabila mandi di air terjun ini maka akan dimudahkan untuk mendapat jodoh (yang jomblo langsung merapat!). Mitos selanjutnya adalah penunggu air terjun yakni Putri Nglirip. Ada banyak versi yang menceritakan tentang mitos Puteri Nglirip ini. Salah satu kisahnya adalah pada zaman dahulu kala terdapat sepasang kekasih yang memiliki perbedaan perbedaan strata, yang laki-laki merupakan keturunan orang terpandang dan yang perempuan merupakan gadis desa biasa. hubungan mereka tidak disetujui oleh orang tua laki-laki  tersebut karena perbedaan sosialnya.

Jembatan Air terjun ngelirip

Akses menuju lokasi via affajri.wordpress.com

Akhirnya orang tua laki-laki tersebut menyuruh pengawalnya untuk membunuh anaknya karena tidak patuh kepadanya. sang perempuan pun kecewa dan tidak percaya akan kepergian kekasihnya. Ia pun bersemedi di balik air terjun Nglirip yang konon terdapat goa yang biasa digunakan oleh leluhur untuk bersemedi. Sang perempuan bersemedi sembari menunggu kekasihnya karena ia masih tidak percaya kekasihnya telah pergi meninggalkan dunia. Karena lamanya bersemedi sampai raganya hilang dan terbaur dengan alam roh disana. Sampai saat ini masyarakat mempercayai tentang adanya sosok puteri Nglirip ini. Bahkan ada yang mempercayai bahwa puteri ini masih sering bermain-main di air terjun.

Adanya mitos yang kedua ini muncullah mitos baru bahwa yaitu janganlah kalian datang berlibur ke air terjun ini berpasangan, karena sang puteri tidak menyukai orang yang berpasangan (bisa jadi si puteri iri melihat orang yang memiliki pasangan). Kebanyakan pasangan yang datang kesini akan putus dalam sekitar 40 hari. Jadi dari mitos-mitos yang beredar, bisa dikatakan bahwa Air Terjun ini cocok sekali bagi para jomblo yang ingin berekreasi tapi sambil berharap semoga cepat mendapat jodoh.

Pada awalnya wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun ini tidak dikenakan biaya karena Air Terjun ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah Kabupaten Tuban. Menurut kabar terbaru wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 3000,- per motor oleh warga sekitar. Keamanan kendaraan wisatawan akan dijamin oleh warga sekitar. Selain itu, masyarakat sekitar juga memanfaatkan adanya Air Terjun ini untuk mencari nafkah yakni dengan berjualan makanan dan minuman di sekitar Air Terjun.

Wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Nglirip dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Terdapat dua rute yang dapat ditempuh dari terminal Tuban menuju tempat ini. Rute yang pertama adalah rute Singgahan dimana anda harus naik bus jurusan Jatigoro, bus ini akan transit di terminal Bojonegoro sebelum ke Jatigoro. Anda dapat berhenti di perempatan Warung Anjlok Dusun Jojogan,  kemudian anda dapat berjalan kaki atau naik angkutan umum jurusan Montong menuju air terjun Nglirip. Jarak yang harus ditempuh yakni sekitar 1 km. sesampainya di tempat ini Anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan dan menawan.

Dari pinggiran jalan ini Anda sudah dapat melihat jatuhnya air dari atas tebing. Berhati-hatilah bagi Anda yang ingin menyusuri aliran bawah Air Terjun Nglirip karena licin. Rute yang kedua adalah Anda naik angkutan umum jurusan Montong yang kemudian dilanjutkan naik angkutan umum lagi jurusan Jojogan, Anda langsung bisa melihat air terjun Nglirip jika memilih rute ini. Untuk dapat lebih dekat ke Air terjun anda harus berjalan melewati jalan setapak. Demikian yang bisa kita bagi!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com