Inspirasi Kota Landmark

Merasakan Atmosfer Batavia Tempo Dulu dengan Keliling Kota Tua Jakarta




Jakarta dikenal dengan kota metropolitan yang padat penduduk maupun kendaraan. Kemacetan lalu lintas sudah jadi hal yang rutin dialami sehari-hari. Meskipun demikian, kota ini tetap punya sudut-sudut yang menarik untuk digali. Selain wisata modern seperti taman bermain seperti Ancol dan Dufan, ibu kota juga menawarkan wisata historis jika berkeliling ke Kota Tua Jakarta.

Lokasi yang menyisakan konsep tempo dulu ini bisa menjadi alternatif wisata saat weekend nanti. Apa saja sih kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berkeliling di Kota Tua Jakarta?

Melihat Sejarah di Museum Fatahillah

Merasakan Atmosfer Batavia Tempo Dulu Dengan Keliling Kota Tua Jakarta

Museum Fatahillah Foto: yukpiknik.com

Tempat ini adalah salah satu spot legendaris di Kota Tua Jakarta. Museum Fatahillah memiliki fungsi yang berbeda saat era pendudukan Belanda, yaitu sebagai balai kota, pengadilan, sekaligus penjara bawah tanah. Sekarang, tempat ini menjadi museum yang memiliki koleksi barang antik zaman Belanda, prasasti dan arca, hingga alat musik Gambang Kromong. Tapi, tempat ini juga menyimpan kisah horor urban legend yang sudah terkenal. Misalnya saja kisah tentang tentara berbaris atau teriakan yang datang dari arah lapangan di depan museum ini.

Mengunjungi Toko Merah yang Legendaris

Merasakan Atmosfer Batavia Tempo Dulu Dengan Keliling Kota Tua Jakarta

Toko Merah Foto: www.wijanarko.net

Sedikit bergerak ke daerah Kali Besar, pengunjung akan menemukan sebuah bangunan berwarna merah menyala yang dikenal dengan nama Toko Merah. Tempat ini memiliki daya tarik tersendiri yang begitu otentik sehingga selalu menarik wisatawan untuk berkunjung. Sayangnya, Toko Merah adalah salah satu spot di Kota Tua Jakarta yang tidak dibuka untuk umum. Kalau ingin mengunjungi tempat ini harus mengurus perizinan terlebih dahulu. Bangunan ini menjadi tempat penyimpanan beberapa barang antik.

Mampir Ke Seniman Jalanan

Merasakan Atmosfer Batavia Tempo Dulu Dengan Keliling Kota Tua Jakarta

Aneka seniman jalanan di Kota Tua Foto: http://kabarinews.com

Saat berjalan-jalan di area Kota Tua Jakarta, pengunjung bisa menemui banyaknya seniman jalanan. Mulai dari peramal, seniman tato, pengamen, hingga pelukis semuanya bisa kamu temui di sini. Tempat yang cukup ramai oleh seniman jalanan adalah Taman Fatahillah. Kamu bisa mampir ke sana sambil mengusir lelah untuk mendapat hiburan mereka.

Selfie Di Spot Menarik

Merasakan Atmosfer Batavia Tempo Dulu Dengan Keliling Kota Tua Jakarta

Sudut menarik untuk selfie di Kota Tua Foto: warungkopi.okezone.com

Kota Tua Jakarta memiliki beragam sudut menarik yang pas untuk diabadikan dalam foto. Di sepanjang jalannya juga berjejer mobil-mobil tua hingga orang dengan kostum tempo dulu yang bisa diajak foto bersama. Anda tinggal membayar sekitar Rp 20.000 saja untuk mendapatkan hasil foto yang terkesan vintage ini.

Wisata Kuliner Khas Jakarta

Merasakan Atmosfer Batavia Tempo Dulu Dengan Keliling Kota Tua Jakarta

Penjual makanan khas Betawi di Kota Tua Foto: www.travelerien.com

Sudah mulai lelah berjalan-jalan? Sekarang saatnya beristirahat sambil mengisi perut yang lapar. Ada banyak tempat makan yang bisa dituju, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran. Pedagang kaki lima alias PKL dulunya banyak yang menjajakan dagangannya di Taman Fatahillah, tapi kemudian mereka direlokasi di lorong yang bisa diakses dari Jalan Kali Besar Timur. Adapun makanan yang disajikan cukup variatif, mulai dari bakso, kerak telor, mi ayam, ketoprak, dan jenis makanan lainnya. Kalau ingin menikmati hangout ala resto, Kafe Batavia jadi tujuan paling recommended. Tempat ini juga biasa jadi jujukan para ekspatriat di area Kota Tua Jakarta.

Lima kegiatan di atas bisa jadi rekomendasi yang menarik saat berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Jangan lewatkan obyek wisata yang satu ini!




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com