Museum Wisata Sejarah

Menyusuri Sejarah di Museum Tengah Kebun Jakarta

Bingung menghabiskan akhir pekan saat di ibu kota? Coba saja mengunjungi Museum Tengah Kebun Jakarta yang memiliki konsep unik. Memang nggak banyak yang mengetahui keberadaannya. Tapi, menghabiskan akhir pekan di sini dijamin sama sekali nggak rugi, lho. Daya tariknya seakan menjadi daya pikat magis bagi pengunjung yang datang.

Suasana Kebun Nan Sejuk

Menyusuri Sejarah di Museum Tengah Kebun Jakarta

Suasana kebun yang memanjakan. Foto: jakarta.panduanwisata.id

Begitu masuk ke dalam gerbang utama, pengunjung akan disambut dengan halaman luas yang menyajikan pemandangan kehijauan. Sebelum memasuki bangunan utama, Anda akan melewati sebuah kebun cantik yang punya suasana sejuk luar biasa. Banyak pengunjung yang betah menikmati suasana di kebun ini. Hiasan berupa tanaman hijau yang terawat dan tertata indah menjadi daya tarik tersendiri sebelum memasuki ruangan Museum Tengah Kebun Jakarta.

Koleksi Antik yang Membuat Pengunjung Menelusuri Sejarah

Menyusuri Sejarah di Museum Tengah Kebun Jakarta

Koleksi benda bersejarah yang dipajang di mana-mana. Foto: backpackstory.me

Setelah perjalanan melintasi kebun cantik nan hijau, pengunjung akan memasuki kawasan gedung utama. Sebelum loebih jauh ke dalam, Anda bisa menemukan benda-benda antik di halaman museum. Benda tersebut antara lain topeng, fosil pohon dari Masa Triassic di Pulau Jawa, fosil kerang Maroko, hingga fosil lebah raksasa yang ditemukan di Sangiran, Jawa Tengah. Semua benda ini bisa dilihat di halaman Museum Tengah Kebun Jakarta.

Rumah Pribadi yang Menjadi Museum Barang Antik

Menyusuri Sejarah di Museum Tengah Kebun Jakarta

Rumah pribadi yang menjadi museum barang antik. Foto: travel.kompas.com

Museum Tengah Kebun Jakarta ini sebenarnya adalah rumah pribadi yang kemudian disulap menjadi museum barang antik. Pemiliknya bernama Sjahrial Djalil yang menyebar koleksinya di 17 ruangan, mulai dari pintu masuk, kamar tidur, sampai kamar mandi. Ada juga koleksi yang disimpan di kebun dan jumlahnya bisa dua kali lipat dari batang yang dipajang. Semua koleksi ini sudah dikumpulkan pemiliknya selama 42 tahun terakhir, lho!

Nggak hanya koleksi benda bersejarah dari dalam negeri, ada juga koleksi barang antik yang dikumpulkan dari berbagai penjuru dunia. Sekitar 90%  barang bersejarah diperoleh dari balai lelang di berbagai kota Eropa. Ada juga barang peninggalan Dinasti Tang di Tiongkok berupa patung kuda kecil.

Menelusuri Museum Tengah Kebun Jakarta ini bisa memberikan sensasi liburan akhir pekan yang lebih menarik. Anda bisa melihat berbagai koleksi benda bersejarah di seluruh dunia. Tertarik mengunjunginya?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com