Kota Landmark Tips Traveling

Menyusuri Prawirotaman, Sudut Yogyakarta Yang Mendunia





Yogyakarta seakan tak pernah kehabisan pesona untuk dijelajahi para wisatawan. Banyak spot menarik dari Kota Gudeg tersebut yang bisa dikulik demi liburan yang lebih menyenangkan. Kalau ingin berkeliling kota, bukan hanya kawasan Malioboro saja yang bisa dikulik. Yogyakarta punya ikon lain yang juga menarik untuk dijelajahi, yaitu kawasan Prawirotaman. Sudut kota yang satu ini disukai oleh para wisatawan asing, bahkan namanya sudah mendunia. Saatnya menyusuri kawasan Prawirotaman Yogyakarta untuk liburan kali ini, yuk!

Sejarah Prawirotaman

 

Prawirotaman Yogyakarta ini adalah sebuah kampung yang sudah ada sejak abad ke-19. Menurut cerita, seorang

Menyusuri Prawirotaman, Sudut Yogyakarta Yang Mendunia

Sebuah kampung hadiah dari Keraton Foto: www.yogya-backpacker.com

bangsawan keraton bernama Prawirotomo menerima hadiah berupa sepetak tanah yang akhirnya berkembang menjadi kawasan tersebut. Waktu zaman sebelum Indonesia merdeka, Prawirotaman adalah pusat dari laskar pejuang. Sekitar tahun 60-an, masyarakat di daerah ini dikenal dengan industri batik cap yang sudah merajalela. Kemudian saat batik mulai turun peminatnya, keturunan Prawirotomo akhirnya mengelola penginapan untuk para turis. Alhasil, lokasi ini dikenal dengan sebutan kampung Turis.

Daya Tarik Prawirotaman

Kawasan yang terletak sekitar 5 km dari pusat kota Yogyakarta ini memiliki daya tarik tersendiri di kalangan turis mancanegara. Bahkan kepopuleran Prawirotaman Yogyakarta ini sudah mendunia. Nggak heran kalau banyak masyarakatnya yang bisa berbahasa Inggris, bahkan sapaan sehari-hari sudah menggunakan bahasa internasional tersebut.

Menyusuri Prawirotaman, Sudut Yogyakarta Yang Mendunia

Dikenal sebagai kampung bule Foto: travelingyuk.com

Kawasan ini sendiri dibagi menjadi 3 bagian. Prawirotaman I adalah area yang paling populer dan sering dikunjungi wisatawan. Di sini, Anda akan menjumpai banyak penginapan unik dengan harga terjangkau. Ada juga agen tour and travel, kafe, resto, sampai toko buku yang menjajakan koleksi lokal hingga mancanegara. Ada juga toko barang kesenian yang menjual beragam pernak-pernik yang bisa menjadi cinderamata cantik yang bisa ditemui di kawasan Prawirotaman Yogyakarta ini.

Menyusuri Prawirotaman, Sudut Yogyakarta Yang Mendunia

Penunjuk jalan di Prawirotaman Foto: yogyes.com

Di area Prawirotaman II ada sebuah pasar tradisional setiap pagi. Lokasi ini dapat menjadi alternatif wisata belanja yang menjual berbagai makanan tradisional dan barang-barang lainnya. Sementara itu, di kawasan Prawirotaman III atau yang dikenal dengan Jalan Gerilya, Anda bisa menemukan sebuah monumen perjuangan rakyat. Selebihnya, ada rumah-rumah penduduk yang lebih mendominasi kawasan ini.

Nuansa Berbeda Dari Malioboro

Menyusuri Prawirotaman, Sudut Yogyakarta Yang Mendunia

Kampung yang lebih tenang dibanding Malioboro Foto: flickriver.com

Prawirotaman Yogyakarta menawarkan sensasi wisata yang berbeda bagi Anda yang sudah bosan dengan Malioboro. Sebagai pusat kota dan ikon yang paling terkenal, Malioboro sudah menjadi area kota Yogyakarta yang sangat padat. Lalu lalang kendaraan bermotor hingga lautan manusia yang berbelanja di sana sudah menjadi pemandangan yang khas. Berbeda dengan Prawirotaman yang menawarkan sudut kota yang lebih tenang.

Perjalanan wisata ke Kota Gudeg tentu saja akan terasa kurang lengkap jika tak mampir ke Prawirotaman Yogyakarta ini. Jangan lupa untuk mengabadikan traveling Anda di tiap sudut kawasannya yang unik, ya!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com