Inspirasi Pantai

Menyingkap Panorama Eksotis Pantai Pelang Trenggalek





Jawa Timur memiliki sederet lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Ada banyak daerah yang memiliki keindahan alam dan cocok bagi para penjelajah. Trenggalek adalah salah satu kota yang bisa masuk ke dalam daftar tujuan traveling yang layak dikunjungi. Mungkin belum banyak yang tahu, tapi kota tersebut memiliki pesona alam yang sayang jika terlewat. Pantai Pelang Trenggalek adalah buktinya. Berminat jalan-jalan ke sana, travelers?

Pantai Pelang Trenggalek berlokasi di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul. Jarak yang ditempuh dari pusat kota Trenggalek adalah sekitar 56 km. Sementara itu, jika mengambil perjalanan dari Blitar adalah 118 km. Aksesnya terbilang cukup mudah karena juga bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Pelancong bisa naik bus jurusan Trenggalek – Lorok/Pacitan dari terminal Trenggalek dan turun di kecamatan Panggul. Dari sini, ada ojek yang bisa mengantarkan ke destinasi tujuan.

Menyingkap Panorama Eksotis Pantai Pelang Trenggalek

Pemandangan Pantai Pelang Trenggalek Foto: http://aribloggermuda.blogspot.com

Pemandangan indah akan memanjakan mata pengunjung mulai dari perjalanan menuju pantai Pelang Trenggalek. Berbagai tumbuhan hijau menambah keasrian daerah tersebut. Tapi, hal ini juga diimbangi oleh medan perjalanan yang memerlukan fokus tersendiri, terutama jika naik kendaraan pribadi. Pasalnya, Anda juga akan disambut oleh tikungan tajam dan turunan dengan sisi kanan dan kiri berupa jurang.

Pantai Pelang Trenggalek belum dikembangkan oleh pemerintah menjadi tempat wisata. Justru inilah yang membuat lokasinya tampak asri dan layak menjadi tempat refreshing saat weekend. Ada sebuah pulau batu kecil yang terletak di dekat bibir pantai, mirip dengan yang bisa dijumpai di Tanah Lot, Bali. Lokasinya memiliki luas sekitar 10 hektar dengan garis pantai sepanjang 2 km. Tarif masuknya juga terbilang murah, tidak sampai Rp 10.000,- baik itu hari biasa maupun libur.

Menyingkap Panorama Eksotis Pantai Pelang Trenggalek

Pulau batu kecil di Pantai Pelang Trenggalek Foto: initempatwisata.com

Jika membawa kendaraan sendiri menuju pantai Pelang Trenggalek, tidak perlu khawatir dengan parkirnya karena pantai ini memiliki lokasi parkir yang cukup luas. Beberapa gazebo berdiri mulai dari tempat parkir hingga menuju pantai. Ada banyak penjual makanan dan minuman yang bisa ditemui di tempat ini. Jadi, pengunjung tak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan apapun. Belum ada homestay atau penginapan di sekitar pantai, tapi pengunjung bisa berkemah di lokasi yang tersedia jika ingin berkemah.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah menikmati panorama pantai lewat spot-spot yang tersedia sambil beristirahat. Meskipun pantai Pelang Trenggalek ini memiliki ombak yang bisa dibilang tenang, tapi pengunjung tetap tidak diperbolehkan mandi di sini. Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya penjaga pantai yang mengawasi atau membantu jika ada yang mengalami kesulitan.

Menyingkap Panorama Eksotis Pantai Pelang Trenggalek

Air terjun di kawasan pantai Pelang Trenggalek Foto: http://anomharya.com

Keindahan pantai Pelang Trenggalek tidak hanya terbatas sampai di situ saja. Pengunjung juga bisa melakukan penjelajahan sekitar 300 m untuk menemukan sebuah air terjun yang dikenal dengan sebutan Grobogan Sewu.

Air terjun di pantai Pelang Trenggalek ini memiliki ketinggian 25 m. Lokasi ini lebih menyedot perhatian pengunjung karena mereka bisa bermain air di sini. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, air terjun ini punya khasiat membuat awet muda dan menyembuhkan penyakit.

Menyingkap Panorama Eksotis Pantai Pelang Trenggalek

Panorama indah Pantai Pelang Trenggalek Foto: infojalanjalan.com

Selain air terjun, ada juga Gua Pelang yang berjarak 100 m dari pantai Pelang Trenggalek. Tapi, lokasi yang satu ini masih belum banyak dijeajahi wisatawan karena fasilitas penerangan yang masih belum memadai. Begitu pun dengan pemandu gua yang masih sangat jarang. Nah, berjarak sekitar 1 km dari pantai, ada sebuah taman konservasi penyu yang bernama Taman Kili-Kili. Anda bisa mengunjungi tempat ini jika ingin melihat penyu tanpa dipungut biaya.

Pantai Pelang Trenggalek menawarkan wisata alam yang masih sangat alami dengan obyek wisata menarik. Bagi pecinta pantai, pastikan untuk tidak melewati destinasi yang satu ini, ya!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com