Pulau

Menikmati Kesunyian di Mercusuar Pulau Sebira

Kepulauan Seribu sering menjadi alternatif wisata masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Di antara sederet nama pulau yang populer di kalangan wisatawan, Pulau Sebira menjadi salah satu yang layak dituju. Selain terkenal dengan ikan selarnya, kawasan yang satu ini memiliki sebuah mercusuar yang menjadi daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan. Apa yang menarik dari Mercusuar Pulau Sebira ini?

Pulau Paling Utara di Wilayah Kepulauan Seribu

Menikmati Kesunyian di Mercusuar Pulau Sebira

Mercusuar satu-satunya di Kepulauan Seribu. Foto: travel.kompas.com

Mercusuar Pulau Sebira terletak di wilayah paling utara Kepulauan Seribu. Tempat ini sendiri berlokasi sekitar 160 km dari daratan Jakarta. Mercusuar Pulau Sebira mendapat julukan sebagai Penjaga Utara yang keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda. Bangunan ini menjadi satu-satunya mercusuar yang ada di Kepulauan Seribu. Dengan luas sekitar 8,82 Hektar, Pulau Sebira ini dulunya digunakan untuk menandai adanya daratan sejak masa pemerintahan Belanda. Secara administratif, lokasinya masih masuk Kelurahan Pulau Harapan dengan jumlah penduduk sekitar 500 orang.

Kesunyian dari Atas Mercusuar

Menikmati Kesunyian di Mercusuar Pulau Sebira

Ketenangan menikmati pemandangan di atas mercusuar. Foto: seribuharapan.com

Suasana saat mengunjungi Mercusuar Pulau Sebira terbilang sunyi dan tenang. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin lepas sejenak dari kehidupan kota besar yang bising dan padat. Mercusuar ini sendiri memiliki 11 tingkat ke atas. Sayangnya, pengelolaan saat ini kurang maksimal yang menyebabkan ada beberapa bagian yang sudah terlihat tak terawat dan rapuh.

Jika ingin naik hingga ke atas Mercusuar Pulau Sebira, Anda harus melalui perjalanan yang lumayan berat. Sebab, tangganya sempit dan juga gelap yang sering menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung yang ingin naik. Terlebih jika memiliki fobia tempat sempit dan gelap, sangat tak disarankan naik hingga ke atas.

Jika sukses menuju puncaknya, Dari atas Mercusuar Pulau Sebira, pengunjung bisa menikmati langit biru nan indah dan pemandangan sekitar pulau yang masih asri. Air laut di sekitar Pulau Sebira sendiri dikenal jernih dan menjadi salah satu spot snorkeling favorit yang lokasinya di Pantai Timur Pulau Sebira. Jalan-jalan di pantainya sendiri tidak akan terasa membosankan.

Ingin menikmati pemandangan Mercusuar Pantai Sebira saat liburan nanti?

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com