Kota Landmark

Mengunjungi Menara Siger, Landmark yang Ikonik di Lampung Selatan





Lampung mungkin menjadi salah satu kawasan wisata di Indonesia yang populer dengan keindahan lautnya. Keindahan lautan Lampung memang sudah tersohor hingga seantero Indonesia yang menyajikan panorama bawah laut memikat. Belum lagi keunikan lain, seperti pemandangan lumba-lumba yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Teluk Kiluan. Tapi, Lampung nggak hanya punya laut saja. Sesekali, wisatawan juga wajib berkunjung ke landmark Lampung yang ikonik. Menara Siger adalah salah satunya.

Bangunan Kebanggan Masyarakat Lampung

Mengunjungi Menara Siger, Landmark yang Ikonik di Lampung Selatan

Ikon kebanggaan masyakarat Lampung. Foto: ksmtour.com

Menara Siger adalah sebuah bangunan megah yang menjadi kebanggaan masyarakat Lampung. Lokasinya sendiri berada di Bukit Gamping, Bakauheni, Lampung Selatan. Bangunannya tampak menjulang karena berada di ketinggian 110 mdpl yang letaknya berhadapan langsung dengan gerbang masuk Pelabuhan Bakauheni. Menara ini menjadi salah satu landmark paling terkenal di Provinsi Lampung, sekaligus titik nol selatan Sumatera.



Bangunan Unik yang Menyimpan Beragam Makna

Mengunjungi Menara Siger, Landmark yang Ikonik di Lampung Selatan

Bangunan penuh makna. Foto: indonesiakaya.com

Disebut Menara Siger karena bentuknya sendiri menyerupai siger atau mahkota pengantin wanita dalam adat Lampung. Ada makna yang tersimpan dalam tiap sudut bangunan ini. Misalnya, jumlah pucuknya sembilan melambangkan jumlah bahasa lokal masyarakat Lampung. Ide dibangunnya menara ini bermula dari Brigjend Pol. Drs. H. Sjahroedin Z.A. Pagar Alam, SH sekitar tahun 1995. Arsitektur uniknya adalah buah karya dari Ir. H. Anshori Djausal yang bekerja sama dengan tim Teknik Universitas Lampung.

Bangunannya sendiri memiliki konstruksi unik dengan teknik khusus yang dikenal dengan nama ferrocement. Sistemnya mirip dengan rangka jaring laba-laba yang kokoh. Tujuannya adalah untuk menghasilkan bangunan yang kuat dantahan terhadap guncangan serta terpaan angin. Kalau ornamennya sendiri terinspirasi dari kain tapis khas masyarakat Lampung.

Pemandangan Indah dari Lautan

Mengunjungi Menara Siger, Landmark yang Ikonik di Lampung Selatan

Pemandangan indah dari lautan. Foto: surgakita.com

Kalau Anda masuk Lampung lewat pelabuhan Merak ke Bakauheni, Menara Siger akan tampak kokoh dari lautan. Kemegahannya seakan menyambut kehadiran pengunjung yang datang dari tanah Jawa. Jika kebetulan datang di waktu Subuh, cobalah singgah sejenak di menara ini. Pasalnya, dari ketinggian bangunan tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang mengagumkan. Jangan lupa mampir ke Menara Siger saat berkunjung ke Lampung, ya!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com