Akomodasi

Mengintip Bandara Blimbingsari, Bandara Hijau Pertama di Indonesia

Bagi seorang traveler sejati, bandara mungkin punya makna yang lebih dari sekadar tempat persinggahan saja. Inilah yang membuat banyak kota di dunia yang membuat konsep bandara sedemikian rupa agar menarik perhatian para travelers yang sekadar singgah. Bicara soal keunikan konsep bandara, Indonesia juga nggak kalah kok. Bandara Blimbingsari yang terletak di Banyuwangi tercatat sebagai green airport pertama di Indonesia dengan konsep yang menarik. Intip seperti apa wujudnya, yuk!

Desain Arsitektur yang Layak Diacungi Jempol

Mengintip Bandara Blimbingsari, Bandara Hijau Pertama di Indonesia

Bandara hijau [ertama di Indonesia. Foto: kompas.com

Di lahan seluas 1,3 hektar, sebuah bangunan berlantai dua berdiri di atasnya yang dikenal dengan nama Bandara Blimbingsari. Keunikan langsung terlihat begitu memasuki area tersebut, yaitu bagian atap yang dihiasi rumput. Desain bangunannya sendiri terinspirasi dari rumah adat Suku Osing, yaitu suku asli Banguwangi.

Selain menampilkan keindahan arsitektur yang luar biasa, Bandara Blimbingsari juga mengusung konsep hemat energi dengan pendekatan rumah tropis. Pihak pengelola meminimalisir penggunaan AC dan lebih menekankan pada udara alami. Sirkulasi udaranya sendiri diatur sedemikian rupa dengan membuat ruang terbuka lebih banyak dan dihiasi berbagai jenis tanaman yang membuat mata tak jenuh saat memandangnya.

Interior Nyaman yang Bikin Pengunjung Betah

Mengintip Bandara Blimbingsari, Bandara Hijau Pertama di Indonesia

Desain mengadaptasi budaya lokal. Foto: detik.com

Ruang tunggu di dalam Bandara Blimbingsari dibuat dengan desain senyaman mungkin yang membuat pengunjung betah saat menunggu pesawat. Ruangan di dalam minim sekat, sehingga menjamin sirkulasi udara dan sinar matahari tetap lancar. Ada juga beberapa kolam ikan di dalam terminal yang bertujuan buat mengurangi tekanan udara untuk menjaga suhu ruang tetap sejuk.

Beberapa ruang tunggu di lantai dua Bandara Blimbingsari memiliki konsep yang terinspirasi dari budaya lokal. Jadi, penumpang yang datang bisa menunggu dengan nyaman seolah berada di rumahnya sendiri. Memang masih ada beberapa bagian bangunan yang berada dalam proses pembangunan tahap akhir, tapi sama sekali tidak mengganggu kenyamanan pengunjung yang datang.

Sesuai dengan konsep yang diusung yaitu green airport, Bandara Blimbingsari menekankan pada efisiensi energi di mana di bagian dalam bandara tidak terdapat escalator. Pencahayaan di siang hari pun menggunakan cahaya alami dari sinar matahari. Bandara ini diharapkan tak hanya menjadi tempat persinggahan penumpang saja, tapi juga bisa menjadi pembangkit roda ekonomi di Banyuwangi.

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com