Air Terjun

Menghabiskan Weekend dengan Berpetualang ke Coban Tundo Malang





Salah satu air terjun yang ada di Coban Tundo

Salah satu air terjun yang ada di Coban Tundo

Trevelsia.com- Berwisata ke daerah Malang Selatan nggak melulu harus pergi ke pantai karena di sana juga ada wisata air terjun bernama Coban Tundo. Coban yang terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini dibuka sejak Desember 2015 lalu. Jaraknya sekitar 134 km dari Kota Malang atau membutuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan.

Dari Kota Malang pengunjung bisa menggunakan beberapa jalur yaitu :

Kota Malang, Turen, Dampit, Desa Sukodono

Dari Kota Malang, pengunjung bisa langsung menuju Kecamatan Turen terus ke arah Kecamatan Dampit. Sesampainya di Dampit, masuk ke Desa Sukodono yang jalur masuknya berada di kanan jalan. Ikuti terus papan petunjuk ke arah Sukodono, sesampainya di kawasan Sukodono akan terdapat beberapa papan petunjuk menuju Coban Tundo. Jalur ini merupakan jalur terdekat dan umum digunakan pengunjung yang ingin menuju air terjun. Jalan terbilang sudah cukup memadai dan bisa dilalui mobil, hanya saja ada beberapaa titik jalan yang rusak.

Kota Malang , Klepu, Sidoasri

Jalur Klepu di Sumbermanjing Wetan ini memiliki jarak paling jauh dan medan cukup berat karena pengunjung akan menemukan jalan berbatu di sejumlah titik. Namun di jalur ini pengunjung bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang cukup indah.

Gapura selamat datang

Gapura selamat datang

Jika sudah sampai di lokasi, pengunjung akan menemukan tulisan ‘Selamat Datang’ di ujung jalan setapak. Tapi bukan di sini air terjunnya. Pengunjung masih harus menempuh jalan setapak di tengah perkebunan kopi dan buah-buahan menuju Coban Tundo yang berjarak sekitar 5 km dari pintu selamat datang. Jalan setapak ini hanya dapat dilalui dengan sepeda motor yang menghabiskan waktu sekitar 30 menit perjalanan atau 90 menit dengan berjalan kaki.

Jalan menuju air terjun di tengah perkebunan

Jalan menuju air terjun di tengah perkebunan

Jika berkunjung kemari tidak disarankan menggunakan motor matic dan harus mahir dalam mengendarai motor karena jalan dari pintu selamat datang sampai ke air terjun terbilang cukup terjal. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil atau tidak bisa mengendarai sepeda motor bisa menggunakan jasa ojek yang disediakan oleh warga sekitar dengan tarif Rp 50.000,- sampai Rp 60.000,- untuk pergi dan pulang. Nilai lebih dari menggunakan ojek warga adalah, pengunjung akan didampingi selama berkeliling di Coban Tundo dan diberi beberapa informasi mengenai air terjun tersebut. Jika ingin jalan kaki sebaiknya siapkan stamina dan pastikan kamu datang di pagi hari.

Jalan menuju air terjun dengan pemandangan yang indah

Jalan menuju air terjun dengan pemandangan yang indah

Di tengah perjalanan menuju air terjun pengunjung bisa melihat pemandangan pantai Selatan yang ada di kejauhan. Meski jalan yang dilalui cukup terjal dan terdapat jurang, pemandangan yang disugukan sepanjang perjalanan cukup memanjakan mata. Selain itu rasa lelahmu akan terbayar habis karena kamu bisa menikmati 3 air terjun sekaligus dalam sekali berangkat. Karena itulah warga sekitar menyebut coban ini dengan Coban Tundo 3.

Coban Tundo 1

Coban Tundo 1

Coban Tundo 1

Terletak di bagian paling atas, memiliki kedalaman kolam sekitar 2 meter dan tinggi air terjun sekitar 8 meter. Paling aman untuk berenang karena kolam cukup luas, tidak terlalu dalam, dan arus air tidak terlalu kuat.

Coban Tundo 2

Coban Tundo 2

Coban Tundo 2

Terletak di bagian tengah dengan kedalaman kolam sekitar 7 meter dan ketinggian air terjun kurang lebih 13 meter. Coban favorit pengunjung karena dianggap memiliki pemandangan paling indah serta  terdapat batu besar dan akar pohon yang bisa digunakan untuk terjun dan berayun. Selain itu kolam di Tundo 2 ini berukuran paling besar dari dua coban lainnya.

Coban Tundo 3

Coban Tundo 3

Coban Tundo 3

Terletak di bagian paling bawah dengan kedalaman coban sekitar 13 meter dan ketinggian air terjun kurang lebih 15 meter. Disini pengunjung dilarang berenang karena arus sangat deras dengan kolam berukuran kecil. Sebenarnya jarak dari satu coban ke coban lainnya tidak terlalu jauh dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit dengan jalan kaki. Namun jalur yang dilalui cukup terjal dengan kemiringan 60 sampai 70 derajat. So, pengunjung harus tetap hati-hati saat berjalan.

Loket masuk air terjun

Loket masuk air terjun

Harga tiket masuk ke tiga coban ini hanya Rp 5.000,- saja. Tarif parkir sepeda motor Rp 10.000,-. Sedangkan tarif sewa ban sebesar Rp 5.000,-. Jika kamu lupa membawa bekal makanan dari rumah, jangan khawatir karena ada warga sekitar yang menjajakan snack dan makanan di sini.

Papan peringatan bagi pengunjung

Papan peringatan bagi pengunjung

Di beberapa sudut Coban Tundo terdapat papan peringatan yang dipasang warga. Peringatan tersebut antara lain agar pengunjung tidak berenang di kolam air terjun, pulang sebelum pukul 5 sore, dan segera pulang jika hujan datang. Sampai saat ini sudah ada 4 korban yang tenggelam di Coban Tundo sehingga pengunjung dihimbau berhati-hati saat bermain di sini. Dengarkan saran dan nasehat warga sekitar karena di coban ini juga masih minim penjagaan. Tetap utamakan keselamatan saat liburan ya, guys!




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com