Kota

Mengenal Masa Lalu Surabaya di Museum Surabaya




Trevelsia.com – Museum yang memiliki fungsi sebagai tempat mengumpulkan, merawat, menyajika, serta melestarikn budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan. Salah satu museum baru hadir di Ibu Kota Jawa Timur, Museum Surabaya. Museum yang baru diresmikan pada bulan Mei 2015 ini hadir sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Surabaya untuk mengenal masa lalu Kota Surabaya di Museum Surabaya.

Mengenal Masa Lalu Surabaya di Museum Surabaya

Mengenal Masa Lalu Surabaya di Museum Surabaya

Museum Surabaya ini berada di sudut Jalan Tunjungan dan Genteng kali, tepatnya di Ex-Gedung Siola lantai 1. Di salah satu sudut gedung ini, Museum Surabaya terlihat sederhana. Hanya terlihat beberapa barang-barang peninggalan dari pemerintahan Kota Surabaya dari masa ke masa. Pengunjung yang mengunjungi Museum Surabaya ini tidak dipungut biaya. Pengunjung hanya diminta untuk mengisi buku kunjungan yang berada di pintu masuk.

Foto Walikota Sejak tahun 1916 sampai sekarang

Foto Walikota Sejak tahun 1916 sampai sekarang

Di awal perjalanan memasuki Museum Surabaya, pengunjung akan diperlihatkan pajangan foto-foto Walikota Surabaya dari tahun 1916 sampai sekarang. Melangkah ke kiri, terdapat barang-barang perabotan dari zaman ke zaman peninggalan pemerintah Kota Surabaya. Menariknya, di Museum Surabaya ini adalahnya adanya buku catatan kelahiran dan catatan perkawinan tahun 1800 an. Terdapat juga buku-buku administrasi Dinas Pendapatan sejak 1921-1970.

Angguna dan Bemo, sarana transportasi di Surabaya masa lalu.

Angguna dan Bemo, sarana transportasi di Surabaya masa lalu.

Di sudut lain, terdapat; angguna, bemo, becak, dan bajaj yang merupakan sarana transportasi masyarakat di Surabaya masa lalu. Berbagai macam penghargaan dari Kota Surabaya juga diperlihatkan di Museum Surabaya ini. Di bagian sudut lain, terlihat barang-barang kuno dari kegiatan administrasi pemerintahan Kota Surabaya di masa lalu, seperti mesin hitung, mesin ketik, dsb.

Museum Surabaya

Patung-patung yang menggambarkan sergama kedinasan di Surabaya

Di lain sisi, terdapat alat kesehatan yang merupakan pemberian dari rumah sakit yang di Surabaya, seperti; meja persalinan, alat rontgen, kursi roda, dll. Selain itu, Dinas Pemadam Kebakaran juga menampilkan peralatan-peralatan pemadam pembakaran dari masa ke masa. Terdapat juga patung-patung yang memakai seragam kedinasan yang ada di Surabaya, mulai dari Satpol PP, Pemadam Kebakaran, DLLAJ, dll.

Bagaimana? Tertarik berkunjung ke Museum Surabaya untuk menambah wawasan tentang Kota Surabaya dari tahun ke tahun? Wisatawan dapat berkunjung ke Museum Surabaya setiap harinya, buka mulai jam 09:00 s/d 21:00. Jangan lupa abadikan moment dan mencatat informasi di tempat ini untuk menambah wawasan tentang Kota Surabaya.




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com