Pantai Pulau

Mengasingkan Diri Sambil Menikmati Keindahan Pulau Pombo

Bagi para travelers, Maluku mungkin salah satu pulau yang menyimpan keistimewaan tersendiri. Ada banyak pulau-pulau cantik yang bisa menjadi surga yang menyenangkan untuk para travelers. Pulau Pombo misalnya, salah satu pulau tak berpenghuni ini memiliki beragam pesona yang sering memikat hati para travelers sejati. Apa saja sih keindahannya?

Pulau Terpencil yang Menjadi Habitat Burung Pombo

Mengasingkan Diri Sambil Menikmati Keindahan Pulau Pombo

Pulau terpencil yang menjadi habitat burung Pombo. Foto: lihat.co.id

Pulau Pombo terletak di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku, yang memiliki luas sekitar 1.000 hektar saja. Wilayahnya 90% terdiri dari laut. Pulau ini menjadi habitat dari burung endemik Maluku, yaitu Pombo Moluccensis yang bisa dijumpai wisatawan saat mengunjungi pulau tersebut. Sebagai salah satu pulau tak berpenghuni, tak ada fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan di sekitar lokasi. Hal ini karena pemerintah yang belum melakukan pembangunan di kawasan pulau tersebut. Jadi, sangat disarankan membawa perbekalan lengkap saat berkunjung ke sana.

Aktivitas di Pulau Pombo

Mengasingkan Diri Sambil Menikmati Keindahan Pulau Pombo

Aktivitas seru di sekitar pulau. Foto: pegipegi.com

Pulau Pombo memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistem yang sangat tinggi. Jadi, tak heran jika pulau ini menjadi tempat konservasi yang ditunjuk sebagai cagar alam perairan yang mengelilinginya sebagai taman wisata alam laut. Biarpun letaknya tersembunyi, tapi ada banyak kegiatan asyik yang bisa dilakukan di sana. Mulai dari trekking keliling pulau, mengamati burung, memancing, berenang, hingga snorkeling. Nah, snorkeling menjadi salah satu yang paling favorit di sana karena memiliki panorama alam yang indah.

Di sekitar lokasi memang belum ada penginapan. Tapi, jika ada travelers yang ingin menginap, berkemah di sekitar pulau bisa menjadi pilihan, lho. Anda bisa mengasingkan diri sambil menikmati kekayaan alam yang terhampar di sekitar Pulau Pombo. Tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Menuju Pulau Pombo

Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Dari kota Ambon, Anda bisa menyewa kendaraan menuju Tulehu. Perjalanan darat ini memakan waktu sekitar 1 jam yang kemudian diteruskan dengan naik speedboat menuju Pulau Pombo sekitar 15-20 menit. Harga sewa speedboat ini sekitar Rp 300 ribu – Rp 500 ribu atau menggunakan kapal nelayan dengan harga sewa sekitar Rp 100 ribu. Disarankan untuk melakukan perjalanan dengan mengajak teman-teman karena dapat menghemat biaya.

 

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com