Gunung Tips Traveling

Mendaki Gunung itu Seru, Tapi…

Mendaki gunung mulai menjadi tren di masyarakat, terutama untuk kalangan muda-mudi. Mendaki gunung menjadi pilihan utama khususnya bagi yang suka wisata petualang. Terlebih setelah populernya film yang bertemakan mendaki gunung meledak seperti film 5 CM. Gunung tidak lagi jadi tempat yang sakral, tidak lagi jadi tempat yang sepi, tidak lagi bersih, hehe. Gunung udah kayak Mall, begitulah selentingan yang biasa kita dengar.

Namun sebelum mencapai puncak gunung, ada harga yang harus dibayar, hehe.

1. Mendaki Gunung itu Capek

Perjalanan begitu panjang via oediku.wordpress.com 1

Perjalanan begitu panjang via oediku.wordpress.com

Jangan dikira mendaki gunung segampang meng-upload foto-foto indah yang bertemakan mendaki gunung di Instagram, No Way. Ada perjuangan yang harus dilakukan sebelum mencapai puncak. Nafas ngos-ngosan karena perjalanan yang panjang dan menanjak. Apalagi bagi pemula dan jarang olahraga fisik, pasti akan menguras tenaga. Bagi anak Mall dan anak Cafe, jangan deh naik gunung, hihi.

2. Bau Keringat

Lelahnya menuju puncak gunung via andynasary.tumblr.com 1

Lelahnya menuju puncak via andynasary.tumblr.com

Bagi yang biasa naik gunung, pasti akan sering papasan dengan pendaki-pendaki lain. Nah karena di gunung bukan tempat mejeng, kondangan dan kongkow pasti gak ada yang pakai deodoran, bau kecut dari para pendaki pasti akan kalian temui. Apalagi buat pendaki cowok yang biasanya suka cuek, hehe. 

3. Makan Seadanya

Mie jadi salah satu menu andalan via kaskus.co.id

Mie jadi salah satu menu andalan via kaskus.co.id

Nah bagi yang biasa makan dan nongkrong di tempat kece macam K*C, Mc*, dan sejenisnya. Kalian gak bakalan nemuin itu di gunung, haha. Makan paling tahu-tempe-telor ceplok, minum ya air putih. Jangan coba-coba belanja di gunung, karena kalau ada pedagang yang jualan disana harganya bisa berkali-kali lipat dari harga pada umumnya. Jaga perbekalan tetap cukup yah, karena di gunung itu gak ada *ndomaret atau *lfamart, haha. Sebaliknya, kalau perbekalan tidak cukup, bisa kelaparan dan pingsan di tengah jalan, hihi.

4. Bingung Buang Air

Toilet di gunung via wisatagunung.com 1

Toilet di gunung via wisatagunung.com

Buat pemula biasanya ini sangat merepotkan, tidak bisa kontrol makanan, salah-salah bisa bingung dimana dan cara buang air gunung. Apalagi yang namanya buang air di gunung itu tidak boleh sembarangan.

5. Ninggalin Pacar

Indahnya mendaki gunung bareng pacar via indahfjarwatii.blogspotcom

Indahnya mendaki gunung bareng pacar via indahfjarwatii.blogspotcom

Bagi yang jomblo sih tidak masalah, tapi bagi yang punya pasangan dan tidak ikut mendaki bersama itu ujian, hehe. Mendaki gunung itu waktunya lumayan, rata-rata mendaki gunung di Indonesia memakan waktu 2-3 hari. Belum lagi selama di gunung pasti tidak ada sinyal kan, pasti komunikasi dengan pasangan bisa terputus.

6. Naik Gunung itu Mahal

Mendaki gunung itu mahal via kompasiana.com 1

Mendaki gunung itu emang tidak murah via kompasiana.com

Janga dikira naik gunung itu murah loh. Udah tahu belum apa saja perlengkapan selama mendaki gunung. Harga yang harus dibayar tidak murah loh. Jumlahnya kalau ditotal bisa mencapai jutaan rupiah. Jadi jangan salah kalau naik gunung itu cuma modal tenaga saja. Selain itu karena naik gunung memakan waktu yang cukup lama, tidak jarang jauh-jauh hari sudah dijadwalkan waktunya hanya demi mencapai puncak gunung tujuan.

7. Nyawa jadi Taruhan

Mendaki gunung bahaya ardiyanto.web.id

Mendaki gunung bersama via ardiyanto.web.id

Akhir-akhir ini sering muncul pemberitaan tentang pendaki gunung yang meninggal dunia dalam pendakian. Kadang mendaki gunung dianggap remeh dan enteng, padahal kalau kita lihat, mendaki gunung adalah salah satu olahraga yang berbahaya apabila tidak dilakukan dengan hati-hati. Sering kali pendaki yang tewas dalam perjalanan menuju puncak ataupun turun dari puncak karena kecerobohan dan ketidak waspadaaan mereka sendiri.

Penting untuk mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelumnya, baik secara fisik dan juga logisitik. Sudah tahu kan, ada salah satu menteri aktif di negeri ini yang meninggal dunia selama naik gunung. Tanpa menyalahkan siapapun, alam tidak bisa dilawan, untuk itu kita harus tetap hati-hati dan waspada selama mendaki gunung.



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com