Kota

Mencicipi Es Krim Legendaris Favorit Turis Asing di Toko Oen Malang





Bangunan Toko Oen Malang dilihat dari seberang jalan. Foto : trevelsia.com

Bangunan Toko Oen Malang dilihat dari seberang jalan. Foto : trevelsia.com

Berkunjung ke kota Malang kurang lengkap rasanya jika belum mampor ke Toko Oen yang terkenal dengan menu es krim legendarisnya. Toko Oen Malang yang terletak di Jl. Basuki Rachmad 5 atau yang biasa disebut dengan kawasan Kayutangan ini didirikan sejak tahun 1930 an silam.

Pendirinya merupakan seorang perempuan keturunan Tionghoa bernama Oma Oen. Oma Oen memulai usahanya sejak tahun 1910 dengan mendirikan Toko Oen di Yogyakarta. Pada awalnya Toko Oen hanya menjual kue kering saja namun pada tahun 1922 Oma Oen menambah es krim sebagai salah satu menu dan hingga kini banyak menu masakan yang tersedia di Toko Oen.

kursi luar

Oma Oen berhasil mendirikan Toko Oen di empat kota yaitu Yogyakarta, Jakarta, Malang, dan Semarang. Namun sayangnya kini keturunan Oma Oen hanya mempertahankan cabang toko di Semarang sedangkan di Malang telah berpindah ke pemilik yang baru sejak tahun 1990. Meski begitu, pemilik yang baru tetap mempertahankan gaya toko Oen mulai dari bangunan, desain interior, hingga menu yang disajikan.

pintu masuk

Sangat mudah untuk menemukan lokasi Toko Oen Malang. Toko ini terletak tepat di seberang McD dan Sarinah daerah alun-alun kota Malang. Dengan arsitektur bangunan yang kuno serta tulisan Toko Oen di bagian atas bangunan membuat Toko Oen begitu eye-catching.

interior

Masuk ke dalam toko seakan membawa kita kembali ke masa lampau. Toko ini masih memakai kursi rotan pendek dengan meja bundar yang ditutup taplak di tengahnya. Sederhana namun begitu klasik. Jendela toko pun ditutup dengan tirai putih yang agak menerawang.

lukisan

Kamu akan menemukan foto-foto kota Malang tempo dulu yang dipajang di beberapa sudut dinding toko.

piano radio lama

Selain itu terdapat sebuah piano dan radio tua peninggalan zaman dulu.  Kesan jadul tak hanya menonjol karena arsitektur dan interior ruangan, para pelayan toko juga mengenakan seragam putih hitam dan beberapa memakai celemek tua.

welkom

Setelah memutuskan untuk duduk di salah satu meja yang terletak di sudut ruangan, pelayan toko langsung mendekati tim trevelsia.com dan memberikan menu. Kalau kamu bingung memilih menu yang akan kamu pesan, nggak usah ragu-ragu untuk tanya pada pelayan. Mereka akan langsung memberikan beberapa rekomendasi menu favorit pengunjung. Berikut beberapa menu es krim favorit di Toko Oen :

Chocolate Parfait

es krimcokelat

Terdiri atas tiga scoop es krim cokelat yang ditambahkan whipped cream serta ditaburi choco balls dan choco cookies di atasnya. Es krim yang satu ini recommended banget bagi para pecinta cokelat.

Corn Ice Cream

es krim jagung

Dua scoop es krim vanila dipadu dengan lembutnya krim jagung. Perpaduan keduanya terasa meleleh di lidah, yummy!

Oen’s Special

spesial oen

Tiga scoop es krim dengan rasa yang berbeda dan dipercantik dengan roll wafer disampingnya.

Tropicana Cream

es tropicana

Dua scoop es krim rasa vanilla yang dipadu dengan potongan buah di bawahnya. Es krim ini dipercantik dengan hiasan cone terbalik yang diberi hiasan dari whipped cream, cherry, dan choco chips sehingga menyerupai bentuk wajah. Lucu banget kan?

menu es krim

Rasa es krim di toko Oen memang khas, berbeda dari es krim pada umumnya. Teksturnya yang lembut dan rasa es krim yang tidak terlalu manis membuat siapa saja yang mencoba jadi ketagihan. Selain empat menu es krim di atas, masih banyak menu es krim lainnya yang nggak kalah endes! Selain menjual es krim, di toko Oen juga tersedia menu makanan berat seperti steak, burger, dan makanan khas Indonesia.

etalase samping

Di dekat pintu masuk berjejer etalase yang berisi cake seperti blackforest dan rainbow cake yang dibanderol Rp 25.000,- tiap slice serta kue kering seperti kastengels dan nastar. Dengan suasana yang nyaman dan berbagai makanan legendaris yang tersedia membuat pengunjung betah dan tak segan datang kembali kesini. Bahkan kamu bisa menjumpai beberapa turis asing menikmati makanan sambil bersenda gurau disini.

Gimana, penasaran dengan rasa es krim dan suasana yang ada di Toko Oen Malang? Jangan lupa mampir kemari jika kamu sedang berkunjung ke Malang. Happy traveling!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com