Air Terjun

Melihat Tempat Persemedian Terakhir Patih Gajah Mada di Air terjun Madakaripura

Mendengar nama Probolinggo kita langsung terpikir tentang kabuapten yang dijadikan sebagai salah satu pintu masuk menuju Taman nasional Bromo Tengger Semeru. Selain itu, Probolinggo memiliki pesona yang laian yakni air terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak di desa Sapeh, kecamatan Lumbang, Probolinggo dan merupakan air terjun yang sangat indah untuk dikunjungi bagi Anda yang tidak hanya ingin menikamti keindahan alam gunung Bromo. Air terjun ini masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan memiliki bentuk seperti ceruk yang dikelilingi bukit yang meneteskan air pada seluruh tebingnya seperti layaknya hujan yang turun. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter.

Patung-Gadjah-Mada-di-Madakaripura

Patung Gajah Mada

Untuk mencapai lokasi, jaraknya sekitar 8-10km (tapi menurut plang jalan hanya 5km) dari lintas jalan raya menuju Bromo atau sekitar 1jam waktu tempuh dari lokasi wisata Gunung Bromo ke arah Probolinggo (ke Utara).  Jika dari pusat kota kabupaten Probolinggo sekitar 30 km. Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau mobil sewaan dengan kondisi jalan berkelok kelok dan sudah beraspal muluis akan tetapi sedikit sempit. Jika perjalanan datang dari arah Probolinggo maka sesampai di Desa Sukapura akan ditemui pertigaan yang ditandai dengan plang besar.  Jika ke ke kiri ke arah Gunuing Bromo dan yang ke kanan ke arah lokasi Air Terjun Madakaripura.  Jarak dari pertigaan ini masih sekitar 4 km hingga tiba di pintu masuk lokasi air terjun.Sebelumnya masih ditemui pertigaan lagi sebelum tiba di pintu masuk dan ambil belokan ke kanan.

Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandanagn khas perbukitan lengkap dengan hijaunya pepohonan. Kita juga akan banyak menemui kotak terbuat darai kayu yang berisi lebah. Maklumlah daerah ini merupakan sentra penghasil madu ‘Klanceng’ yaitu sebutan untuk madu yang berasal dari bunga pohon Randu (Ceba petandra). Pohon Randu itu sendiri banyak dijumpai selama dalam perjalanan.

b4eb30b39d5bf57a0a8deb92e70590b1f01c55de

Air Terjun Madakaripura

Sesampainya di pintu gerbang kita akan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5000,-per orang dan biaya parker dikenakan sebnayak Rp 3000,- per motor. Tips bagi Anda yang membawa motor, sebaiknya mengatakan motornya tidak usah dicuci karena kalau tidak, para tukang parkir akan mencuci motor kitadan meminta uang secara suka rela ketikakita akan pulang (padahal cucinya katanya cuma disiramin air aja). Disini juga tersedia jasa pemandu. Bagi yang ingin menyewanya silahkan pastikan harganya terlebih dahulu. Terdapat fasilitas  yang akan ditemui dekat lokasi air terjun ini seperti beberapa warung penjual makanan dan  minuman serta penyewaan payung.  Bagi yang tidak ingin berbasah-basahan akibat terkena siraman guyuran air terjun dapat menyewa payung. Fasilitas lain juga tersedia seperti kamar mandi yang cukup bersih, masjid dan tempat parkir.

Wisatawan  mulai berjalan kaki dari area parkir i kurang lebih 1 km atau sekitar 20-30 menit. Perjalanan menuju air terjun tidaklah mudak karena kita harus menyusuri sungai yang penuh dengan bebatuan sehingga kita harus berhati-hati dan juga jangan lupa menggukan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung. Kalau lapar tenang saja karena sepanjang perjalanan banyak penjual makanan ringan seperti pisang goreng, tahu goreng, dan minuman hangat. Setelah melalui perjalan yang cukup sulit kita melihat bebrapa air terjun kecil yang bentuknya mirip dengan tirai atau kelambu. Samapi disini saja pemandangan sudah indah padahal bvelum sampai di air terju
n utama. Bagi wisatawan silahkan dinikmati dulu pemandangannya atau langsung menuju menu utama tergantung selera. Tapi tidak ada salahnya buat nambah-nambah koleksi foto.

Air Terjun Madakaripura tersebut seperti berada di sebuah palung di darat. Di bawah air terjun terdapat kolam air dapat digunakan untuk berenang. Menurut cerita di balik Air Terjun Madakaripura terdapat pula sebuah gua, dan untuk masuk ke sana harus terlebih dahulu melewati kolam air yang ada tepat di bawah Air Terjun Madakaripura tersebut. Dengan arus air setinggi 7 Meter dan arus air yang sangat deras membuat goa ini sulit untuk dijangkau. Dibalik keindahannya yang agung, Madakaripura dipercaya sebagai tempat bertapa mahapatih Gajahmada pada era kerajaan Majapahit. Pantas saja di area parkir terdapat patung GajahMada sedang bersemedi.

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com