Inspirasi Kota

Melihat Panorama Alam Dari Ketinggian Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta





Kalau kebetulan sedang mengunjungi Yogyakarta akhir pekan ini, nggak ada salahnya mampir sejenak di Desa Wisata Kalibiru. Tempat ini bisa menjadi alternatif yang seru buat para travelers yang sudah mulai bosan dengan obyek wisata yang itu-itu saja di Kota Gudeg. Lokasi tersebut sempat populer di media sosial beberapa waktu lalu. Pesona apa saja sih yang bisa dinikmati pengunjung di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta ini?

Bekas Lokasi Perang Diponegoro

Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta ini letaknya di perbukitan Menoreh, Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Desanya sendiri berada di ketinggian 450 mdpl. Butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk menuju lokasi tersebut jika pengunjung berangkat dari pusat kota Yogyakarta.

Melihat Panorama Alam Dari Ketinggian Di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Memasuki kawasan Desa Wisata Kalibiru Foto: wisata-kulonprogo.blogspot.co.id

Lewat foto-foto yang beredar di media sosial, Anda akan dibuat terpukau oleh keindahannya. Sebenarnya, butuh waktu bertahun-tahun bagi masyarakat untuk membangun sebuah desa cantik nan asri yang bisa jadi lokasi wisata baru di Yogyakarta. Awalnya, bekas lokasi perang Diponegoro ini adalah perbukitan yang tandus. Kondisi alamnya yang kini menghijau adalah berkat kerja keras penduduk sekitar.

Daya Tarik Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Melihat Panorama Alam Dari Ketinggian Di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Jalur menuju Desa Wisata Kalibiru Foto: mrhomestay.com

Jika berbicara daya tarik yang utama dari lokasi ini tentu saja pemandangan alamnya yang indah. Nah, pemandangannya ini bisa dinikmati sambil melakukan trekking, salah satu aktivitas populer yang bisa dilakukan di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta. Bagi travelers yang merindukan penjelajahan, kegiatan ini pas banget untuk mengisi liburan di lokasi tersebut.

Tempat ini menawarkan beberapa opsi jalur trekking, mulai dari yang paling pendek 1,5 km hingga 7 km yang terpanjang. Penjelajahan dengan trekking di Desa Wisata Kalibiru akan memberikan bonus pengalaman yang unik. Mulai dari pemandangan indah, perjumpaan dengan hewan langka seperti landak, celeng dan elang Jawa, serta Waduk Sermo yang tak kalah fantastis.

Melihat Panorama Alam Dari Ketinggian Di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Waduk Sermo Foto: jogjapos.com

Nah, Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta ini memiliki sebuah ikon berupa pohon pinus yang di bagian puncaknya terdapat tempat duduk. Kalau berani naik ke sana, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam memanjakan mata dari ketinggian. Benar-benar sayang kalau dilewatkan.

Melihat Panorama Alam Dari Ketinggian Di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Puncak pohon pinus yang jadi ikon di Desa Wisata Kalibiru Foto: tipsjalan.com

Selain trekking, pengunjung juga bisa mencoba flying fox di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yaitu tidak sampai Rp 20.000 saja untuk anak-anak dan orang dewasa. Bagi travelers yang suka dengan kegiatan memicu adrenalin, flying fox pastinya tak boleh terlewat.

Fasilitas Yang Tersedia

Pengembangan Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta ini bisa dibilang sudah cukup maksimal. Bagi yang ingin menginap, ada cottage dan pendopo di sekitar lokasi yang disewakan dengan harga terjangkau. Selain itu, ada juga paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola, mulai dari wisata budaya, pendidikan, sampai terapi alam.

Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta bisa jadi rekomendasi yang tepat bagi travelers yang ingin menikmati alam Yogyakarta dengan cara berbeda. Selamat berlibur!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com