Gunung Tips Traveling

Mau Naik Gunung? Jangan Lupa Siapkan Ini


Persiapan mendaki gunung ini perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin mendaki gunung. Saat ini mendaki gunung makin populer khususnya bagi para muda-mudi yang berjiwa petualang. Indonesia sendiri memiliki banyak pegunungan yang menyajikan keindahan alam spektakuler. Maka tidak heran jika mendaki gunug digemari orang banyak. Buat kamu yang ingin mendaki gunung, kudu disiapin beberapa hal berikut supaya proses pendakian bisa berjalan lancar dan menyenangkan.

Yang pertama, Cari info mengenai gunung yang akan didaki.

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Mempelajari gunung yang akan didaki ini penting agar tidak kaget ketika berda di lapangan. Foto: triptrus.com

Ini merupakan persiapan mendaki gunung yang paling awal. Kadang hal ini dianggap sepele bagi beberapa orang namun cukup beresiko bila tidak diperhatikan. Sebelum merencanakan pendakian, carilah info mengenai gunung yang akan didaki meliputi jarak tempuh, tipe medan gunung yang berbatu atau berpasir, status pendakian gunung, cuaca, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencari info dengan bertanya ke pos pendakian gunung yang akan dituju via telepon atau internet dengan melihat catatan pendakian para pendaki sebelumnya.

Yang kedua, Persiapkan fisik yang bugar sebelum mendaki!

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Latihlah fisik sebelum mendaki. Foto: ictegalblog.wordpress.com

Nah, sebelum mendaki gunung ada baiknya perlu mempersiapkan fisik yang sehat dan kuat. Terutama bagi pemula ini sangat penting. Karena naik gunung tidak bisa asal-asalan. Kondisi udara yang menipis, temperatur yang rendah, jalur pendakian yang terjal, berbatu dan licin seringkali menjadi tantangan para pendaki. Makanya sebelum mendaki mesti olahraga yang rutin dibarengi dengan asupan gizi yang baik supaya kegiatan pendakian bisa berjalan lancar.

Yang ketiga, Cari teman yang punya pengalaman dalam pendakian.

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Ini mendaki gunung bukan pergi ke pasar, jadi bawalah teman. Foto: pendakijogja.wordpress.com

Mencari teman yang berpengalaman atau mengerti soal pendakian ini penting. Kamu bisa belajar dari mereka tentang banyak hal yang berkaitan dengan pendakian. Selain itu, kalian bisa saling berbagi tentang apa saja yang perlu dibawa, medan yang akan dilalui seperti apa, apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama pendakian.

Yang keempat, Rencanakan pendakian dengan teliti sampai detail yang kecil!

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Jangan lupa ambil foto yang unik. Foto: celotehrenyah.blogspot.com

Setelah mempersiapkan badan yang fit, mulai rencanakan barang yang akan dibawa untuk melakukan pendakian gunung. Seperti tas carrier dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, sepatu gunung, sleeping bag, matras, jaket, senter, headlamp, kompor portable, nesting, tenda untuk bawaan kelompok. Selain itu, rencanakan juga tentang perjalanan pendakian seperti jarak tempuh, lokasi pos pendakian, dan tempat untuk mendirikan tenda. Kemudian pakaian yang dikenakan diusahakan senyaman mungkin. Gak perlu yang eye catching, kamu mau naik gunung ya, bukan ke mall. Hal-hal tersebut mungkin terdengar ribet tapi demi kenyamanan pendakian, why not?

Yang kelima, Perhitungkan jumlah logistik yang dibawa, Jangan sampai Berlebihan.

Tips naik gunung 5 rayadventure com

Checklist logistik yang perlu dibawa. Foto: rayadventure.com

Bawa beras berkilo-kilo, gula, telor, mie instan, roti, cemilan, dan sebagainya. Mau naik gunung atau jualan sembako? Perhitungkan logistik yang akan dibawa untuk naik gunung. Jangan berlebihan karena akan memberatkan kamu sendiri untuk treking dan akhirnya banyak yang terbuang sia-sia. Jangan pula membawa logistik yang sedikit. Kamu gak mau kan kelaparan atau kehausan di jalan karena kehabisan logistik? Bawalah makanan dan minuman secukupnya untuk naik dan turun gunung.

Yang keenam, Catat dan selalu awasi barang bawaan.

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Bawa secukupnya, tidak perlu berlebihan. Foto: ariefrchmn11.blogspot.com

Ini cukup penting untuk diperhatikan, mengingat barang bawaan yang dibawa tentunya tidak sedikit. Ada perlunya kamu buat check-list barang bawaan untuk mempermudah mengawasinya. Seperti dompet, handphone, kamera, serta barang berharga lainnya. Ingat, jangan sampai lepas dari pengawasan! Meskipun di gunung namanya ada kesempatan tentunya orang-orang yang berniat buruk selalu ada. Jadi perhatikan selalu barang bawaan agar tidak tercecer.

Yang ketujuh, Lakukan registrasi di pos perizinan pendakian.

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Ini penting sebagi data manifest pendaki. Foto: wulanekadalu.wordpress.com

Seperti bertamu ke rumah seseorang ada baiknya kita minta izin terlebih dahulu sama yang jaga rumah. Lakukan pendaftaran di pos pendakian yang tersedia agar nantinya petugas disana bisa mengetahui bahwa kamu terdaftar sebagai pendaki resmi. Setelah terdaftar baru deh kamu bisa melanjutkan pendakian. Ini penting agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pendakian bisa mempermudah kerja petugas.

Yang kedelapan, Jaga Etika selama pendakian berlangsung.

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Ingat, kita berada di alam bebas. Foto: duapagiwae.blogspot.com

Seperti kata pepatah lama “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, etika para calon pendaki haruslah mengikuti nilai-nilai budaya setempat. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebelum melakukan pendakian. Walaupun terkadang ada mitos atau kepercayaan setempat yang tidak kamu percayai, ada baiknya kamu tetap menghormatinya. Ingatkan juga teman pendaki yang lain untuk bersikap sopan dan tidak nyeleneh. Karena bila terjadi sesuatu tentunya masyarakat sekitar lebih mengetahui akan hal tersebut untuk membantu kita. So, keep your attitude low!

Yang kesembilan, Jangan paksakan bila tidak kuat.

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

Bila capek, bisa rehat sejenak. Foto: kplintb.wordpress.com

Jangan malu untuk minta rehat sejenak kepada teman pendaki yang lain bila merasa kelelahan. Gak usah gengsi! Lebih baik istirahat sejenak untuk mengumpulkan tenaga daripada terus memaksakan dan akhirnya bisa berujung cidera yang tentunya malah menghambat pendakian teman-teman lainnya. Tapi jangan terlalu lama rehat juga, bisa menyebabkan otot menjadi kaku dan akhirnya malah sulit untuk melanjutkan pendakian. Rehat seperlunya baru lanjutkan pendakian.

Yang kesepuluh, Selalu ingat prinsip utama pendaki.

Tips mendaki gunung Tips naik gunung Persiapana naik gunung Persiapan mendaki gunung

SALAM LESTARI, Salam Indonesia. Foto: bernafasdijogja.wordpress.com

Selalu ingat prinsip utama seorang pendaki gunung. Jangan tinggalkan apapun selain jejakmu. Jangan ambil apapun selain foto. Dan jangan membunuh apapun selain waktumu. Ketiga hal tersebut yang harus dijunjung selama pendakian berlangsung agar kelestarian alam tetap terjaga.

Oke, itu tadi beberapa hal penting yang harus kamu lakukan sebelum mendaki gunung. Semoga dengan tips tersebut bisa membantu kamu mempersiapkan pendakian. Ingat, puncak gunung hanyalah bonus dari mengalahkan ego diri sendiri. Salam Lestari!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com