Kota Museum

Lorong Waktu di Museum Malang Tempo Doeloe


SAM_2026

Ini dia Museum Malang Tempo Doeloe. Foto: Dok. trevelsia.com

Bagi kalian yang sedang atau akan berkunjung ke Kota Malang. Kalian bisa menyisihkan waktu untuk berkunjung ke Museum Malang Tempo Doeloe. Sebuah museum yang menceritakan perjalanan kota Malang dari waktu ke waktu. Museum Malang Tempo Doeloe ini berlokasi di jalan Gajah Mada tepatnya di belakang gedung balai Kota Malang. Museum ini seperti lorong waktu yang menceritakan Kota Malang dari zaman ke zaman. Mulai dari zaman prasejarah hingga zaman dimana Kota Malang benar-benar tumbuh menjadi sebuah kota seutuhnya.

Pertama kali datang ke Museum Malang Tempo Doeloe ini kalian pasti mengira museum ini cukup kecil untuk sebuah ukuran museum. Namun setelah kalian membeli tiket masuk, kalian akan diajak memasuki lorong waktu yang lumayan panjang. Penataan museum ini cukup baik dan menarik, dengan luas yang tidak begitu besar tapi karena ditata menyerupai lorong yang mempunyai zona waktu berbeda-beda maka kesan luas cukup terasa.

Zona Prasejarah

SAM_1918

Di ruangan ini menceritakan Kota Malang di zaman prasejarah. Dok. trevelsia.com

Zona waktu pertama yang akan kalian temui ketika masuk ke Museum Malang Tempo Doeloe ini adalah masa prasejarah. Masa dimana menjadi cikal-bakal terbentuknya Kota Malang. Disini dipaparkan tentang posisi geografis Kota Malang yang diapit oleh berbagai gunung. Sehingga tidak heran kota ini berada di dataran tinggi dan beriklim sejuk. Selain itu kalian juga akan menemukan beberapa contoh bebatuan dan peninggalan prasejarah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kota Malang.

Zona Kerajaan

SAM_1927

Memasuki masa Ken Arok. Foto: Dok. trevelsia.com

Di masa ini banyak menceritakan masa-masa dimana Kota Malang masih merupakan bagian dari Kerajaan Kediri. Kemudian memisahkan diri dan menjadi bagian dari Kerajaan Singosari, dimana mempunyai pemimpin yang terkenal hingga saat ini yakni Ken Arok yang memerintah Kerajaan Singosari saat itu. Selain itu Museum Malang Tempo Doeloe menceritakan masa dimana Kota Malang juga menjadi bagian dari Kerajaan Mataram Kuno saat itu. Tidak banyak yang bisa diceritakan di masa Kerajaan Mataram Kuno ini. Hanya beberapa peninggalan benda yang biasa digunakan oleh penduduk Kerajaan Mataram kuno.

Zona Penjajahan

SAM_1940

Disinilah masa awal-awal Kota Malang dibangun. Foto: trevelsia.com

Banyak cerita yang diceritakan di masa penjajahan ini. Di Masa ini benar-benar menjadi waktu tumbuh kembangnya Kota Malang. Sebagai mana kita ketahui wilayah kolonialisasi Belanda selalu meninggalkan hal-hal besar yang karyanya bisa dinikmati sampai sekarang. Disini kalian bisa menemukan alur pengembangan Kota Malang yang dilakukan Belanda saat itu.

Bisa dibilang sudah sangat maju untuk sebuah ukuran kota di zaman itu. Mungki kita bisa berandai-andai, akan seperti apa wajah kota Malang kalau seandainya sampai sekarang masih dipegang belanda. Di Museum Malang Tempo Doeloe ini Ada berbagai foto bukti sejarah di masa penjajahan Belanda yang sampai sekarang bisa kita nikmati, seperti Balai Kota Malang, Jalan Ijen Boulevard, Pasar Besar, Jalan Basuki Rahmat yang penuh akan peninggalan gedung tua dan lain sebagainya.

Selain itu disini kita juga bisa menemui masa dimana pejuang-pejuang di kota Malang berusaha merebut kemerdekaan. Dan juga masa dimana Jepang menduduki Indonesia, lebih tepatnya kota Malang saat itu.

Zona Malang Selepas Penjajahan

SAM_2013

Berbagai macam keunikan dan ciri khas Kota Malang ada disini. Foto: Dok. trevelsia.com

Di masa setelah penjajahan, di Museum Malang Tempo Doeloe ini tidak banyak yang diceritakan. Hanya hal-hal unik dan menjadi ciri khas Kota Malang yang ditampilkan. Kota Malang yang kaya akan seni budaya dan juga kerajinan.

 

Catatan

Lokasi Museum : Jl. Gajahmada

Tiket Masuk : Rp. 15.000

Jam Buka : 00.08 – 17.00

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com