Pantai

Liburan Singkat Menuju Pantai Sendiki di Malang Selatan





 

Indahnya Pantai Sendiki di Malang Selatan. Foto : trevelsia.com

Indahnya Pantai Sendiki di Malang Selatan. Foto : trevelsia.com

Daerah Malang Selatan memang terkenal dengan jajaran pantainya yang indah. Kali ini tim trevelsia.com bereksplorasi ke salah satu pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, yaitu Pantai Sendiki. Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Malang atau membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam dengan berkendara sepeda motor. Rute menuju Pantai Sendiki hampir sama dengan rute menuju Pantai Tamban dan via jalur Kecamatan Turen.

Gapura di depan jalan menuju ke Pantai Sendiki dan Pantai Tamban. Foto : trevelsia.com

Gapura di depan jalan menuju ke Pantai Sendiki dan Pantai Tamban. Foto : trevelsia.com

Nantinya kamu akan menemukan sebuah gapura besar di depan jalan masuk menuju pantai Tamban dan pantai Sendiki seperti ini.

Panah petunjuk menuju Pantai Sendiki dan Pntai Tamban. Foto : trevelsia.com

Panah petunjuk menuju Pantai Sendiki dan Pntai Tamban. Foto : trevelsia.com

Di beberapa tikungan kamu akan melihat papan petunjuk arah jadi tidak sulit untuk menemukan pantai yang satu ini.

Sekitar 2 km dari lokasi pantai kamu akan disambut oleh hijaunya persawahan milik penduduk yang terhampar luas. Disini kamu juga akan menjumpai beberapa penduduk yang sedang sibuk menanam padi di sawah. Pemandangan khas pedesaan yang sangat menentramkan hati.

Menemui jalan berlumpur karena hujan lebat kemarin sore. Foto : trevelsia.com

Menemui jalan berlumpur karena hujan lebat kemarin sore. Foto : trevelsia.com

Eits, tapi sayangnya hujan yang mengguyur daerah Malang Selatan sehari sebelumnya membuat jalan menuju Pantai Sendiki yang masih berupa tanah jadi berlumpur dan cukup sulit dilewati kendaraan. Terpaksa kami harus turun dari sepeda motor dan berjalan pelan-pelan agar tidak terpeleset. Jika tidak ingin berlumuran lumpur seperti ini maka pandai-pandailah memilih hari untuk datang kemari hehehe.

pintu masuk

Tak lama setelah menerjang tanah berlumpur atau sekitar 1 km setelah melewati jalan persawahan kamu akan  melihat pintu masuk menuju Pantai Sendiki. Cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000,- dan biaya parkir motor Rp 5.000,- kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai Sendiki tanpa khawatir dengan kendaraanmu. Dari lokasi parkir kamu masih harus berjalan kaki sekitar 1 km. Jalan dari lokasi parkir sampai ke pantai sudah cukup memadai hanya saja memang jalurnya menanjak dan menurun, tapi nggak berliku kok. Yang nggak terbiasa olahraga akan cukup ngos-ngosan.

Di kanan dan kiri jalan sudah berjejer beberapa pedagang yang menjajakan es kelapa muda, bakso, mie hingga makanan ringan. Jadi buat kamu yang lupa nggak bawa bekal tenang aja, hidupmu masih terselamatkan. Dari sini kamu sudah bisa mendengar deburan ombak yang perlahan semakin mendekat. Dan setelah menuruni tangga yang cukup panjang, ta-da! Welcome to Sendiki Beach!

Pasir putih dan birunya laut di Pantai Sendiki. Foto : trevelsia.com

Pasir putih dan birunya laut di Pantai Sendiki. Foto : trevelsia.com

Birunya air laut dan putihnya pasir pantai seakan menggodamu untuk segera bermain di tepi pantai bersama teman-teman. Di pantai ini kamu akan menemukan beberapa ayunan yang diikat di dahan-dahan pohon yang besar. Ayunan ini jadi mainan favorit cewe-cewe yang datang kemari. Bisa bayangin kan gimana asiknya berayun di tepi pantai sambil menikmati angin sepo-sepoi dan pemandangan pantai yang indah. Nggak ada duanya deh! Buat cowo-cowo jangan lupa bawa bola plastik dari rumah karena disini juga ada ring bola dan net voli pantai tradisional buatan petugas. Sarana disini juga sudah cukup memadai dengan adanya mushola kecil, kamar mandi untuk bilas, dan beberapa tempat duduk agar pengunjung bisa beristirahat. Di beberapa sudut pantai terdapat papan peringatan agar pengunjung tidak berenang karena di beberapa bagian pantai terdapat palung yang menyebabkan arus di Pantai Sendiki cukup kuat. Penjaga pantai pun dengan setia berkeliling dan memperhatikan pengunjung. Demi keamanan, petugas tak segan mengingatkan pengunjung yang dirasa sudah mendekati zona bahaya.

Pantai Sendiki termasuk masih bersih dan asri mengingat pengunjung yang datang masih belum terlalu banyak. Sebelum dibuka akses jalan sekitar 9 bulan yang lalu, pantai ini masih tertutup hutan. Gimana? Cocok banget kan buat refreshing? Jika kamu lihat di sebelah kiri pantai sekilas tampak sama dengan pemandangan di Teluk Hijau Banyuwangi. Hempasan ombak pada bebatuan di pinggir pantai dan gradawi warna air yang kehijauan membuatmu teringat dengan teluk yang berada di Kabupaten Banyuwangi tersebut.

Uniknya petugas di pantai ini menerapkan peraturan untuk mengumpulkan sampah yang kamu bawa ke dalam sebuah kantong plastik hitam besar dan di letakkan pada petugas di pos ujung tanjakan jika kamu hendak meninggalkan pantai. Jadi nggak heran kalo pantai ini terbilang bersih. Jika ingin menuju Pantai Sendiki kamu harus membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil karena belum ada transportasi umum menuju pantai ini. Yap, itu tadi sedikit ulasan tentang Pantai Sendiki dari tim trevelsia.com. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin berlibur ke Malang Selatan. Happy traveling!



//



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com