Kota Wisata Sejarah

Liburan di Bukittinggi, Jangan Lupa Wisata Sejarah ke Rumah Kelahiran Bung Hatta





Wisata sejarah bisa dilakukan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta yang dikenal sebagai salah satu Bapak Proklamator Indonesia. Bangunan bersejarah tersebut kini beroperasi sebagai museum yang bisa dikunjungi siapa saja. Saat liburan di Bukittinggi, Sumatera Barat, tak ada salahnya berkunjung ke lokasi tersebut.

Tempat Tinggal Bung Hatta Hingga Usia 11 Tahun

Liburan di Bukittinggi, Jangan Lupa Wisata Sejarah ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

Rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi. Foto: kemlu.go.id

Rumah kelahiran Bung Hatta ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 37 Bukittinggi. Bangunan ini menjadi saksi bisu kehidupan sang wakil presiden pertama Indonesia hingga menginjak usia 11 tahun. Rumahnya sendiri terdiri atas bangunan dua lantai yang terbuat dari kayu dan dicat putih keabuan. Rumah ini masih terjaga hingga sekarang, walaupun di beberapa bagian tampak cat yang mengelupas.

Di rumah kelahiran Bung Hatta ini, sang tokoh bangsa tersebut dibesarkan dalam keluarga yang taat pada agama dan adat. Bung Hatta sendiri dikenal sebagai sosok yang sering menghabiskan waktu di mushola. Cerita lengkap tentang tokoh ini biasanya disampaikan oleh pemandu yang bertugas menemani pengunjung yang datang.



Memasuki Bagian Dalam Rumah Kelahiran Bung Hatta

Liburan di Bukittinggi, Jangan Lupa Wisata Sejarah ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

Bagian dalam rumah. Foto: pegipegi.com

Penjelajahan di rumah kelahiran Bung Hatta akan diawali dari ruang membaca yang bersisian dengan beranda di lantai satu. Ada sebuah tempat tidur dan lemari buku di dalam ruangan. Jendelanya sendiri menampilkan panorama Gunung Marapi yang terlihat begitu gagah. Memasuki ruangan yang lain, pengunjung akan disambut dengan berbagai foto tua yang memperlihatkan keluarga besar tokoh bangsa ini.

Di bagian belakang rumah kelahiran Bung Hatta, ada sebuah halaman yang tak begitu luas. Ada juga paviliun yang bentuknya memanjang, yang dulunya menjadi kamar Bung Hatta lengkap dengan dapur dan kamar mandi. Isi kamarnya sendiri cukup sederhana, yaitu tempat tidur, meja kerja, lemari, dan sepeda kesayangannya.

Liburan di Bukittinggi, Jangan Lupa Wisata Sejarah ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

Kamar kelahiran Bung Hatta. Foto: lipsus.kompas.com

Saat naik ke lantai dua di rumah kelahiran Bung Hatta, pengunjung akan disambut oleh beranda terbuka. Ruangan ini luas dengan sebuah meja bundar dan dua kamar tidur. Salah satu kamarnya adalah tempat di mana sang proklamator dilahirkan. Pemandu yang menemani dikenal dengan keramahannya, sehingga saat penjelajahan berlangsung Anda bebas bertanya tentang Bung Hatta kepada petugas yang ada.

Wisata ke rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat berkunjung ke Sumatera Barat. Belajar sejarah sambil traveling pastinya akan terasa lebih menyenangkan.

 



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com