Inspirasi Kota

Lembah Harau Payakumbuh, Bentang Alam Memikat di Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki bentang alam memikat, tak kalah dengan pulau-pulau lainnya. Nggak heran kalau kini banyak wisatawan yang mulai berdatangan untuk menyingkap keindahan alam di sana. Salah satunya adalah Lembah Harau Payakumbuh yang kini keberadaannya mulai mencuri perhatian para travelers baik dari tanah air maupun mancanegara. Apa saja daya tarik dari lokasi yang satu ini?

Salah Satu Lembah Terindah di Indonesia

Lembah Harau Payakumbuh, Bentang Alam Memikat di Sumatera Barat

Salah satu lembah terindah di Indonesia. Foto: lihat.co.id

Lembah Harau Payakumbuh sepertinya layak mendapatkan predikat sebagai salah satu lembah terindah di Indonesia. Pasalnya, area yang menjadi bagian dari Cagar Alam Harau ini memiliki bentang alam yang begitu menakjubkan. Lokasinya sendiri berada di ketinggian sekitar 500 hingga 850 meter di atas permukaan laut. Dari titik ini, pengunjung dapat menyaksikan lima air terjun indah yang ada di sekitar daerah tersebut.

Keindahan Lembah Harau Payakumbuh ternyata sudah terkenal sejak lama, bahkan mendapatkan pengakuan dari Belanda. Hal ini dibuktikan dari prasasti Sarasah Bunta yang letaknya berada di area sekitar air terjun Lembah Harau. Lokasi ini diresmikan oleh Belanda tanggal 14 Agustus 1926 dengan nama Hemel Arau atau Harau.

Pesona Alam di Lembah Harau Payakumbuh

Nggak hanya menyajikan atraksi berupa lembah yang diapit dua tebing megah saja, Lembah Harau Payakumbuh juga memiliki beragam pesona lainnya. Air terjun yang ada di lokasi tersebut tak kalah memikat. Nggak hanya satu, tapi ada beberapa air terjun di sana, antara lain Air Terjun Sarasa Murai, Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, dan Air terjun Sarasa Luluih. Tiap air terjun punya keunikannya masing-masing,

Akses Menuju Lembah Harau Payakumbuh

Lembah Harau Payakumbuh, Bentang Alam Memikat di Sumatera Barat

Panorama memesona di sepanjang jalan menuju lembah. Foto: jalanblog.wordpress.com

Lembah Harau Payakumbuh menjadi salah satu spot wisata yang populer di kawasan tersebut. Akses menuju lembah tidak sulit kok dan dapat diakses melalui dua kota. Payakumbuh adalah kota terdekat yang memiliki jarak sekitar 18 km. Kamu juga bisa menempuh perjalanan dari kota lain, yaitu Padang dan Bukittinggi yang tentu saja lebih jauh dan membutuhkan waktu lebih lama.

Karena sudah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Barat, daerah sekitar Lembah Harau Payakumbuh pun ikut berbenah. Misalnya saja dengan menghadirkan hotel dan resort yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat. Liburan akan terasa makin menyenangkan, bukan?

Jadi, sudah menyiapkan barang-barangmu untuk perjalanan menjelajahi Lembah Harau Payakumbuh, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com